Raup Omset Lebih Banyak dengan Membuat Program Afiliasi di Website Bisnis Online Anda

Raup Omset Lebih Banyak dengan Membuat Program Afiliasi di Website Bisnis Online Anda


Menjalankan bisnis bisa jadi tantangan tersendiri. Bisa jadi Anda memiliki produk yang menarik. Namun, dengan cara berjualan yang konvensional, Anda akan merasa “stuck” dan berjalan di tempat. Saat ini terjadi, mungkin sudah waktunya bagi Anda untuk memanfaatkan promo hosting murah untuk mengembangkan bisnis secara online melalui website.


Sebelum memutuskan untuk memiliki website, ada beberapa aspek yang perlu Anda perhatikan. Salah satunya adalah cara memilih nama domain. Dengan pemilihan nama domain yang tepat, Anda akan lebih mudah dalam meningkatkan brand awareness dan menarik lebih banyak pengunjung untuk membeli produk dan menjadi pelanggan Anda.

Baca juga: 5 Referensi Website Belajar Coding Secara Online

Jika Anda telah memiliki website, Anda akan mampu menjangkau lebih banyak pelanggan. Tidak hanya dalam satu area saja, tapi bisa dari berbagai daerah lain di dalam maupun luar negeri. Namun, adanya website ini tidak lantas membuat Anda langsung mendapatkan pelanggan lebih banyak. 

Setelah memiliki website, Anda masih harus merancang berbagai strategi pemasaran secara online untuk mencapai target penjualan yang lebih tinggi. Salah satunya adalah dengan membuat program afiliasi melalui website bisnis Anda. Bagaimana cara kerjanya?

Pemasaran melalui program afiliasi

Sebelum beranjak ke cara pembuatan program afiliasi, Anda harus mengetahui terlebih dulu apa maksud dari afiliasi. Afiliasi atau yang sudah lebih dulu dikenal sebagai Affiliate Marketing adalah program dengan tujuan untuk membagi pendapatan yang diperoleh kepada seseorang yang mereferensikan bisnis Anda kepada orang lain.

Jika ditilik kembali dari segi historisnya, program afiliasi sudah ada sejak tahun 90an. Perusahaan besar seperti Amazon sudah sukses memanfaatkannya pada tahun 1996. Saat ini, perkembangan program afiliasi pun semakin dinamis. Saat ini, affiliate marketing bisa dijalankan secara online melalui referral link blog maupun kode voucher yang disebar di media sosial.

Baca juga: Mengelola Toko Online Lebih Mudah dan Efektif Menggunakan 3 Plugin WordPress Ini

Semakin menjanjikannya program afiliasi dalam sebuah pemasaran perlu dimanfaatkan, terutama bagi Anda yang memiliki bisnis dengan website yang sudah online. Salah satu cara yang dinilai cukup efektif adalah dengan menggunakan plugin afiliasi yang bisa diinstall pada hosting yang menggunakan WordPress.

Plugin afiliasi dari WordPress

Jika Anda termasuk salah satu pebisnis yang menggunakan WordPress untuk meng-online-kan website, berikut beberapa contoh plugin yang bisa dimaksimalkan untuk membuat program afiliasi di website bisnis online Anda.

ReferralCandy for WooCommerce

Bagi Anda yang berbisnis dan mengelola website dengan menggunakan plugin WooCommerce pada hosting WordPress, Anda bisa memanfaatkan plugin ReferralCandy for WooCommerce untuk membuat program afiliasi di dalamnya. Plugin ini ditujukan bagi para konsumen yang senang memberikan review setelah berbelanja di toko Anda.

Terlihat dari namanya, plugin ini memang terfokus dan dirancang spesial untuk website bisnis online yang menggunakan WooCommerce. Melalui plugin ini, Anda bisa mengajak pelanggan untuk memberikan review dan informasi terkait produk yang direferensikan langsung dengan menggunakan kode maupun link referral yang didapatkan.

Baca juga: 3 Cara Meningkatkan Traffic Website Toko Online Tanpa Membayar Iklan

Dengan membuat program afiliasi menggunakan ReferralCandy for WooCommerce, Anda bisa memantau langsung berapa jumlah pendapatan dan engagement referral yang didapatkan dalam periode tertentu. Selain itu, Anda juga bisa memberikan beragam jenis bonus berupa kupon diskon maupun uang tunai kepada para affiliate yang sudah bergabung di dalamnya.

Untuk mengaktifkan versi premium dari plugin ini, Anda perlu mengeluarkan biaya sebesar 49 USD. Apabila Anda masih belum yakin dan ingin mencobanya terlebih dulu, manfaatkan fitur 30 days trial yang bisa diberhentikan sewaktu-waktu Anda ingin beralih ke layanan lain.

Affiliates

Untuk para website developer, plugin pengelola program afiliasi yang satu ini dinilai sebagai salah satu tool yang paling cocok untuk digunakan. Salah satu fitur utama yang bisa diandalkan melalui plugin ini adalah kebebasan dalam mengatur program dengan berbagai macam model data yang berbeda.

Baca juga: 5 Hal Penting Untuk Diketahui Para Blogger Pemula Sebelum Monetisasi Website

Jika sudah mengaktifkan plugin Affiliates pada website, Anda bisa memaksimalkan program afiliasi yang telah dibuat dengan fitur analytic yang dapat menunjukkan performance dari setiap member afiliasi yang telah berpartisipasi di dalamnya. Lebih dari itu, Anda juga bisa mendapatkan hasil analisis dari jumlah peningkatan omset dan penjualan yang telah dilakukan.

Bagi Anda yang masih on budget dalam melakukan pemasaran, Anda dapat memanfaatkan versi gratis dari plugin ini. Melalui versi ini, website Anda sudah mampu terintegrasi dengan berbagai jenis ekstensi WordPress lain, di antaranya WooCommerce Light, Buddy Press, Captha dan reCAPTHA, Contact Form 7, hingga Ninja Forms.

Baca juga: 3 Plugin WordPress Terbaik untuk Membuat Website Berbasis Membership

Walau begitu, tidak ada salahnya untuk langsung mencoba versi premium dari Affiliates. Anda bisa langsung menggunakan versi premium dari plugin ini dengan membayar sejumlah 59 USD. Versi premium ini memungkinkan Anda untuk memanfaatkan fitur-fitur untuk mengelola komisi, aturan pemasangan banner, hingga pemindahan afiliasi yang telah dijalankan member website Anda.

Kesimpulan

Meningkatkan omset penjualan bisnis bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan, terlebih apabila Anda sudah menjalankannya secara online. Dengan adanya website, Anda bisa menarik lebih banyak pengunjung untuk membeli produk yang dijual dengan lebih mudah. Namun, strategi pemasaran yang tepat tetap jadi penentu keberhasilannya.

Ada berbagai cara untuk memasarkan produk Anda dengan lebih efektif melalui website yang sudah dimiliki. Salah satunya adalah dengan membuat program afiliasi. Program ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan baru melalui para pelanggan lama yang telah menjadi loyal customer brand Anda.

Baca juga: 3 Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan dari Internet dengan Membuat Website

Maka dari itu, buatlah program afiliasi di website Anda dengan menggunakan berbagai pilihan plugin afiliasi yang tersedia melalui WordPress. Dengan begitu, Anda bisa memaksimalkan program afiliasi dengan lebih mudah dan mengelolanya dengan lebih efektif. Selamat mencoba!

 

Artikel Terkait :