3 Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan dari Internet dengan Membuat Website

3 Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan dari Internet dengan Membuat Website


Sudah bukan rahasia lagi apabila internet telah menjadi salah satu sumber penghasilan yang cukup menjanjikan. Terdapat berbagai alasan mengapa seseorang memanfaatkan internet sebagai lahan untuk mencari uang. Baik sebagai penghasilan tambahan maupun utama, cara mendapatkan uang dari internet bisa ditemukan oleh siapa saja yang jeli mencari peluang.


Dari sudut pandang tersebut, tidak heran jika semakin banyak orang yang tergiur dengan kesan “instan” yang ditawarkan oleh mereka yang sudah merasakan nikmatnya mendapatkan penghasilan dari internet. Walau begitu, lebih baik Anda waspada agar tidak mudah tergiur dengan iming-iming penghasilan fantastis secara cepat.Faktanya, mendapatkan penghasilan dari internet tidak semudah yang dibayangkan kebanyakan orang.

Atas dasar itulah, kali ini kami akan membahas 3 cara mendapatkan penghasilan tambahan dari internet dengan membuat website. Dari sini, bisa ditentukan cara mana yang sekiranya paling cocok dengan Anda.

1. Mengoptimasi Konten Blog

Sebagai sebuah platform online, blog sudah lama menjadi bagian dari eksistensi seseorang di internet. Sejalan dengan perkembangan media sosial, sebuah blog kini juga sudah diperhitungkan sebagai sarana berbagi informasi. Bahkan bisa dibilang keberadaannya hampir setara dengan media online mainstream pada umumnya.

Maka dari itu, tidak heran jika banyak orang yang saat ini mulai mencari cara membuat blog yang menarik dan memanfaatkannya sebagai sumber penghasilan. Profesi sebagai blogger profesional pun mulai banyak disandang orang-orang yang sudah berjaya di bidangnya masing-masing terlebih dahulu.

Penghasilan yang dihasilkan pun tidak hanya melalui AdSense, tapi juga mulai merambah ke content placement hingga review. Sehingga makin lazim rasanya apabila banyak yang mengamini bahwa menjadi blogger adalah salah satu cara cepat untuk mendapatkan uang dari internet. Namun, tidak semua orang mengerti proses yang harus dijalani saat mereka ingin menghasilkan uang dari internet, khususnya melalui blog. Sebelum membuat blog untuk tujuan agar bisa mendapatkan penghasilan, Anda perlu mempunyai target jangka pendek dan panjang. Blog tidak bisa langsung menghasilkan apabila Anda baru membuatnya dalam seminggu. Perlu ketekunan ekstra dalam mengelola konten di dalamnya hingga menghasilkan traffic yang cukup tinggi.

Ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan dalam pengelolaan blog agar bisa menghasilkan traffic tinggi dan mendatangkan uang dengan lebih cepat:

a. Fokus pada niche yang Anda kuasai dan hadirkan topik tulisan yang evergreenatau yang tidak akan “basi” untuk terus dibahas, seperti hubungan, keuangan, keluarga, kesehatan, self-development, dan lain-lain

b. Usahakan untuk selalu memberikan update konten yang berkualitas dengan sumber tulisan yang kredibel. Lakukan juga pencarian kata kunci atau keywords sebelum mulai menulis agar konten bisa dioptimasi dengan SEO

c. Bergabung ke komunitas-komunitas blogger untuk menjalin relasi lebih dalam dengan para blogger lain, baik dalam lingkup regional maupun nasional.

Dengan ketiga tips tersebut, Anda akan terbantu untuk makin meningkatkan performa blog. Sehingga dalam waktu kurang dari setahun, Anda sudah bisa merasakan manisnya mendapatkan penghasilan dari sana. Tentunya jika disertai dengan konsistensi dan dedikasi tinggi dalam pengelolaannya.

2. Menawarkan Layanan Kursus Online

Anda sudah lama berkecimpung di dunia fotografi sebagai seorang fotografer profesional? Atau mungkin Anda sudah bertahun-tahun terjun ke dunia kuliner sebagai seorang chef? Coba buka online course atau kursus online melalui website Anda sendiri. Layaknya sebuah blog, Anda bisa mengoptimasi konten di dalamnya sesuai dengan bidang yang Anda kuasai. Namun tak hanya dari segi tulisan, personal branding Anda pun harus kuat. Mantapkan hati mereka yang ingin belajar kepada Anda dengan portofolio yang meyakinkan dengan mencantumkan pengalaman profesional Anda.

Maka, sebelum memulai suatu sesi kursus online melalui website personal, tidak ada salahnya untuk menjadi instruktur di platform belajar online seperti BitDegree, Udemy, Skillshare, dan berbagai platform belajar online lainnya. Platform-platform tersebut yang nantinya bisa meningkatkan “jam terbang” Anda sebagai seorang pengajar online. Dengan begitu, performa Anda pun akan semakin terasah dan akan ada lebih banyak orang yang percaya dengan jasa kursus yang Anda tawarkan.

Ada banyak metode yang bisa dilakukan jika berniat “menjual” jasa dan mendapatkan penghasilan sebagai seorang pengajar online melalui website Anda. Selain dengan memperbanyak portofolio melalui platform belajar online, Anda perlu menginstall plugin seperti Easy Digital Downloads, jika menggunakan WordPress sebagai platform website Anda. Plugin ini yang nantinya mengarahkan visitor website untuk mengakses file-file yang perlu dipelajari lebih lanjut dalam kelas Anda. Dengan penggunaan plugin yang tepat, Anda bisa memaksimalkan website personal untuk berbagi ilmu dengan mereka yang ingin belajar dengan lebih mudah secara online. Berbagai panduan layaknya sebuah eLearning bisa diakomodir dalam berbagai format, seperti PDF, video dengan durasi tertentu, hingga audio yang bisa didengarkan sambil melakukan aktifitas lainnya.

Melalui plugin seperti Easy Digital Downloads, Anda bisa membatasi akses bagi para visitor yang ingin mengunduh data tertentu. Pembatasan akses ini bisa dimanfaatkan untuk memberikan fee charge atau biaya tertentu kepada member website Anda agar mampu mengakses data “premium” yang diinginkan. Dari situlah penghasilan yang lebih banyak bisa Anda dapatkan.

3. Memanfaatkan Program Afiliasi

Salah satu program yang makin sering dimanfaatkan sebagai sumber penghasilan dari internet adalah program afiliasi. Program ini bertujuan untuk mempromosikan suatu produk dari sebuah brand. Sehingga jika Anda tergabung di dalamnya, Anda bisa mulai mencari new users untuk brand tersebut untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Bergabung sebagai member atau anggota dari suatu program afiliasi tergolong cukup mudah. Anda hanya perlu masuk ke situs brand yang memiliki program tersebut dan memasang link khusus ke dalam website Anda. Hal yang menjadi tantangan dari program ini adalah meyakinkan dan mengarahkan para visitor untuk memencet link dan melakukan pembelian di website brand yang berafiliasi dengan Anda.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mulai mengarahkan para visitor ke link afiliasi Anda adalah dengan membuat konten yang relevan dengan brand tersebut. Sebagai contoh, Anda telah berafiliasi dengan sebuah brand penyedia layanan web hosting. Maka, buatlah konten-konten yang relevan dengan pemanfaatan hosting. Anda bisa membuat konten seperti keuntungan menggunakan hosting, cara memaksimalkan hosting sebagai website jual-beli online, dan lain sebagainya.

Tidak hanya konten blog/website yang bisa digunakan sebagai platform untuk menggenjot pemasukan dari program afiliasi. Anda juga bisa memaksimalkan pemasaran link maupun kupon voucher afiliasi Anda melalui media sosial, seperti Instagram, Twitter, maupun Facebook. Konten ulasan yang telah terintgrasi dengan program afiliasi pun bisa terekspos ke lebih banyak audience.

Kesimpulan

Ada proses yang perlu Anda lalui hingga pada akhirnya bisa sukses meraup penghasilan yang layak, seperti halnya pekerjaan lain pada umumnya. Salah satunya adalah dengan mengandalkan website sebagai tools untuk mendapatkan penghasilan dari internet. Apabila Anda menekuninya dengan sungguh-sungguh, pundi-pundi dengan kisaran mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah pun bisa dengan mudah didapatkan. Selamat mencoba!

Artikel Terkait :