3 Plugin WordPress Terbaik untuk Membuat Website Berbasis Membership

3 Plugin WordPress Terbaik untuk Membuat Website Berbasis Membership


Kepemilikan website bagi owner bisnis saat ini sudah seperti kartu nama, atau company profile atau bahkan lebih dari itu, dan fakta yang ada saat ini sudah banyak pemilik bisnis yang memasarkan bisnis lewat websitenya juga kembali memoneytize websitenya. Sehingga bisa disimpulkan memiliki website untuk bisnis sudah sangat perlu dan tentunya jadi lebih menguntungkan. 

Promo Tutorial Premium Video Tutorial Mahir Web Development (Bangun 5 Project Website) + Video Tutorial Membuat Aplikasi Mobile (Bangun 4 Aplikasi Android + Upload Playstore) + Bonus Tutorial Membuat Theme Wordpress Premium - 3 Tutorial (5DVD) Hanya Rp 137.500 - Terbatas hanya sampai 22 Mei 2019!

Dibuat oleh praktisi yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang web development (Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)


Dengan website seorang pemilik bisnis bisa mengumpulkan data member, dibagi berdasarkan klasifikasi masing-masing, tentunya dengan fitur membership yang tertanam di website. Dan bagi customer jelas suatu keuntungan apabila website tempat berlangganan memiliki fitur membership. Informasi dan Pelayanan menjadi lebih optimal.

Bagi Anda yang memiliki bisnis dan ingin membuat website semacam toko online WordPress bisa diambil sebagai pilihan yang tepat, tentunya itu semua bisa dilakukan setelah menentukan nama domain dan membeli hosting murah

Anda bisa langsung mengaktifkan pilihan menu registrasi user untuk para pelanggan. Dalam proses registrasi user, pengunjung website diarahkan untuk membuat akun terlebih dulu untuk mendaftarkan diri menjadi member resmi di website toko online Anda. Dengan menjadi member resmi pada website Anda, mereka secara otomatis menyetujui untuk berlangganan newsletter untuk mendapatkan update terbaru mengenai produk dari toko Anda. Terlebih lagi saat ini selain newsletter ada push notification, user akan mendapatkan informasi secara realtime dari Android miliknya. Informasi update jadi lebih cepat diterima oleh member/customer.

Anda yang menginginkan materi pembelajaran wordpress pemula kami pun membahasnya di https://www.ilmuwebsite.com/belajar-wordpress-untuk-pemula

Lain halnya apabila Anda ingin membuat website berbasis forum yang mengandalkan fitur membership/keanggotaan. Fitur registrasi user tidak akan cukup untuk membuat sebuah website menjadi website berbasis membership. WordPress tidak menyediakan tool yang bisa digunakan sebagai pembatas akses bagi member tertentu saja. 

Untuk membatasi akses ke konten yang di-set sebagai konten premium, Anda harus mengaktifkan fitur tersebut dengan menginstall plugin. Plugin inilah yang nantinya akan memaksimalkan fungsi fitur keanggotaan/membership pada toko online Anda. Lalu, plugin WordPress apa saja yang bisa diinstall untuk mengaktifkan fitur membership?

1. Membership & Content Restriction

Plugin “serba bisa” adalah julukan dari Membership & Content Restriction. Mengapa plugin ini sampai mendapatkan julukan tersebut? Simply karena plugin ini bisa membuat paket berlangganan dan membatasi akses pengunjung website ke suatu konten. Ada pula layanan membership lain yang menyediakan akses ke menu-menu tertentu pada suatu website.

Dengan terintergrasinya plugin membership pada WordPress ini dengan WooCommerce, Anda bisa menyembunyikan produk-produk tertentu agar tidak bisa dilihat oleh pengunjung yang belum menjadi member resmi. Selain itu, pilihan area mana saja yang ingin dibatasi aksesnya pun semakin dimudahkan oleh plugin ini. Caranya sederhana, yaitu cukup dengan menambahkan widget baru ke WordPress Editor.

Ada beberapa keunggulan yang didapatkan jika website Anda menggunakan plugin Membership & Content Restriction. Anda bisa bebas menentukan area mana yang ingin dibatasi aksesnya. Anda pun bebas membuat lebih dari satu layanan berlangganan dan menentukan kebijakan dari masing-masing layanan tersebut. Ini bisa memberikan ragam layanan lebih banyak kepada pada pelanggan untuk memilih layanan mana yang paling cocok untuk mereka.

Dengan membatasi akses area tertentu, Anda bisa mengaktifkan pembayaran membership atau keanggotaan untuk mereka yang ingin mengaksesnya. Terintegrasinya plugin ini dengan WooCommerce, membuat produk-produk tertentu hanya ditampilkan ke mereka yang sudah member resmi di website Anda.

2. WP-Members 

Hampir sama dengan plugin Membership & Content Restriction, WP-Members juga berfungsi untuk membatasi akses area website tertentu untuk para pengunjung yang belum menjadi membernya. Selain membatasi akses, tersedia pula tools pada plugin ini yang berfungsi untuk membuat serta menempatkan formulir pendaftaran di area tertentu pada suatu website.

Ada 3 tipe konten yang aksesnya bisa dibatasi oleh plugin WP-Members, yaitu post, page, dan custom post type. WP-Members memiliki banyak fitur unggulan di dalamnya. Namun dari seluruh fitur unggulan tersebut, fitur teaser content tidak boleh terlewat untuk Anda gunakan. Dengan fitur ini, Anda bisa memberikan teaser konten dari area yang Anda batasi untuk member resmi saja. 

Pemanfaatan fitur ini bisa memberikan rasa penasaran kepada para pengunjung yang belum menjadi member dan meningkatkan keinginan mereka untuk mendaftar. Walau begitu, Anda tidak dapat memasang atau mengaktifkan layanan berlangganan user (user subscription). Dengan versi gratisnya. Namun fungsi ini bisa diaktifkan dengan menggunakan add-ons.

Selain beberapa keunggulan di atas, WP-Members juga memiliki fitur untuk menyaring siapa yang berhak menjadi member resmi website Anda. Sehingga sebelum menerima seseorang sebagai anggota, Anda dapat menganalisis profilnya terlebih dulu. Hati pun bisa merasa lebih aman dan tenang dengan memanfaatkan fitur tersebut pada website Anda.

3. Ultimate Member

Kebanyakan fitur yang dimaksimalkan oleh plugin membership milik WordPress berfokus pada proses pendaftaran dan layanan berlangganan user. Tapi, ada aspek yang tidak kalah penting selain dua fokus utama sebuah website berbasis membership, yaitu fungsi profil user. Aspek inilah yang juga menjadi fokus dari plugin Ultimate Member di WordPress.

Kesempatan untuk melakukan custom pada profilnya adalah salah satu cara yang cukup efektif untuk menaikkan engangement user di dalam website Anda. User pun akan kembali lagi dan lagi dengan cara tersebut untuk mengubah profilnya. Sederhananya, plugin ini membuat user semakin tertarik dan ingin menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengedit profilnya. Mereka pun memiliki alasan untuk kembali lagi dan mengakses website Anda secara berkala.

Selain memberikan akses ke konten hanya kepada mereka yang telah menjadi member resmi, Anda bisa juga menetapkan kebijakan-kebijakan tertentu untuk para member baru. Kebijakan ini berguna untuk “mendisiplinkan” para member di website Anda dan meminimalisir adanya penyalahgunaan akses yang sudah diberikan. Pada dasarnya plugin ini bisa dimanfaatkan tanpa adanya patokan biaya tertentu. Namun, untuk memiliki seluruh ekstensinya, ada sejumlah biaya yang harus Anda bayarkan.

Kesimpulan

Membuat suatu website berbasis membership mengharuskan Anda untuk melakukan proteksi dan pembatasan hak akses konten dari pengunjung baru yang belum menjadi anggota di dalamnya. Anda pun dapat mematok biaya tertentu kepada mereka agar bisa mengakses konten yang sekiranya dianggap layak/worth untuk diakses dengan menjadi member premium. Install plugin yang tepat dan jadikan website forum Anda sebagai sumber platform yang menghasilkan.

 

Artikel Terkait :