Mengelola Toko Online Lebih Mudah dan Efektif Menggunakan 3 Plugin WordPress Ini

Mengelola Toko Online Lebih Mudah dan Efektif Menggunakan 3 Plugin WordPress Ini


Di beberapa tahun belakangan, tren bisnis online semakin beragam. Siapa pun bisa membuat toko online dengan adanya teknologi berupa internet. Walau begitu, proses pembuatannya bisa jadi cukup sulit dipahami, terutama untuk para pemula. 


Ada berbagai prosedur yang harus dilalui untuk membangunnya dari awal hingga akhirnya Anda mampu menghasilkan uang dari internet melalui toko online. Salah satu elemen yang perlu dipahami adalah plugin. Sebuah toko online akan bisa difungsikan secara maksimal dengan plugin yang tepat. 

Baca juga: 5 Hal Penting Untuk Diketahui Para Blogger Pemula Sebelum Monetisasi Website

Katakanlah toko online Anda tidak dilengkapi dengan metode pembayaran atau riwayat pembelian. Maka, toko online tersebut hanya berfungsi seperti website biasa. Jika diibaratkan sebuah toko biasa, toko online tanpa plugin tersebut hanyalah toko berupa etalase tanpa adanya mesin kasir. 

Oleh karena itu, penting bagi para pengusaha yang memiliki toko online untuk menginstall plugin-plugin yang mampu memaksimalkan fungsi websitenya. Berikut beberapa plugin yang dapat digunakan untuk mengelola toko online lebih mudah.

1. Easy Digital Downloads

Jika Anda menjual produk berupa file maupun data digital, Easy Digital Downloads adalah salah satu plugin WordPress yang bisa diandalkan untuk toko online Anda. Pada dasarnya ada banyak pilihan plugin apabila Anda menjual produk di segmen ini. Namun, Easy Digital Downloads dinilai lebih unggul karena banyaknya fitur yang ditawarkan.

Tidak hanya mampu melakukan penjualan file maupun item melalui WordPress, Anda pun bisa menyimpan produk-produk yang dijual pada situs lain, seperti di Amazon S3 dan Dropbox. Proses pembayaran, mailing list, dan sistem afiliasi juga dapat difungsikan melalui plugin WordPress ini.

Baca juga: 3 Plugin WordPress Terbaik untuk Membuat Website Berbasis Membership

Dengan plugin Easy Digital Downloads, toko online yang Anda kelola akan terlihat lebih profesional dan menarik. Adanya pilihan untuk membuat fitur seperti halaman profil pelanggan yang lengkap dengan history pembayaran membuatnya kinerja website toko Anda lebih optimal. Berbagai ekstensi lain pun dapat dikembangkan untuk meningkatkan performanya.

Dengan versi premium yang bisa didapatkan dengan biaya $8.25 atau Rp. 117 ribu per bulan, Anda bisa memanfaatkan plugin ini untuk menjual item digital di website Anda. Dengan fitur-fitur unggulan seperti kemampuan menyimpan data di situs pihak ketiga, kemudahan proses pembayaran, hingga integrasi dengan mailing list, plugin ini layak untuk Anda coba.

 

2. WooCommerce

Apabila Anda memiliki hosting khusus eCommerce, WooCommerce bisa jadi alternatif pilihan plugin yang layak dimanfaatkan. Popularitasnya akhir-akhir ini memang semakin meningkat. Tak heran jika makin banyak provider web hosting yang menawarkan service hosting khusus yang terhubung langsung dengan plugin ini.

Dengan menggunakan WooCommerce, user dapat mengubah website yang berbasis WordPress menjadi sebuah toko online. Plugin ini memungkinkan penggunanya untuk menjual berbagai jenis produk fisik maupun digital melalui toko onlinenya. Penggunaannya pun bisa digunakan untuk menambah fitur dasar lain, seperti metode pengiriman, proses pembayaran hingga pajak.

Fitur-fitur dasar eCommerce bukanlah satu-satunya kelebihan dari WooCommerce. Anda juga bisa menggunakan berbagai ekstensi lain dari plugin ini untuk mengembangkan fitur-fitur tingkat lanjut pada toko online Anda. 

Baca juga: 3 Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan dari Internet dengan Membuat Website

Salah satu contohnya adalah dengan menginstall “Sensei” untuk mengubah website Anda menjadi Learning Management System (LMS). Dengan ekstensi ini, Anda bisa membuat website kursus online dan menambahkan berbagai macam metode pembayaran di dalamnya.

Tidak dapat dipungkiri jika fleksibilitas merupakan keunggulan utama dari WordPress. Hal inilah yang juga tercermin dari sistem kerangka yang ditampilkan WooCommerce. Jangan heran jika plugin ini masih terus menjadi andalan para pemilik toko online yang menggunakan WordPress. WooCommerce pun dinilai sebagai plugin eCommerce terbaik karenanya.

Untuk menggunakannya, Anda tidak perlu membayar sejumlah biaya tambahan. Namun, untuk beberapa ekstensi khusus, ada biaya lebih yang dikenakan. Jika Anda ingin memiliki toko online yang halaman produknya bisa diatur dan dikostumisasi dan memaksimalkan fungsi plugin dengan ekstensi pilihan, WooCommerce bisa jadi pilihan yang tepat.

 

3. Ecwid Ecommerce Shopping Cart

Sudah mencoba menggunakan WooCommerce, namun Anda masih merasa interface-nya perlu ditingkatkan lagi? Ada pilihan plugin eCommerce WordPress lain yang bisa Anda coba. Salah satunya adalah Ecwid Ecommerce Shopping Cart. 

Saat dilihat dari fungsinya, baik WooCommerce maupun Ecwid Ecommerce Shopping Cart sama-sama menawarkan fitur-fitur yang dibutuhkan sebuah eCommerce berbasis WordPress. Fitur-fitur tersebut biasanya terdapat dalam layanan sebuah plugin untuk toko online, seperti fitur untuk memproses pembayaran, melakukan shipping, hingga pengadaan diskon.

Baca juga: 5 Referensi Website Belajar Coding Secara Online

Tidak hanya fitur dasar saja, tersedia pula berbagai pilihan tools lain yang difasilitasi oleh Ecwid Ecommerce Shopping Cart. Tools ini dapat digunakan untuk meningkatkan performa website, seperti Facebook dan Instagram store untuk toko online Anda. Anda pun bisa membuat aplikasi mobile sederhana melalui tools tersebut.

Untuk bisa memaksimalkan beragam jenis fitur, mulai dari tingkat dasar hingga lanjut, Anda perlu melakukan purchase paket premium dari plugin ini. Biaya yang dibutuhkan berkisar mulai dari $15 atau kira-kira Rp. 213.127 per bulan. 

Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkannya untuk membuat berbagai jenis fitur, seperti mengelola proses pembayaran hingga menyediakan add-ons untuk mengaktifkan mobile apps melalui Ecwid Ecommerce Shopping Cart.

 

Kesimpulan

Pada dasarnya, tidak diperlukan kemampuan khusus yang terlalu rumit untuk bisa membuat toko online sendiri. Namun dalam pengelolaannya, Anda perlu memahami pengetahuan lebih berbagai jenis plugin yang tepat. 

Maka dari itu, Anda bisa mencoba untuk melakukan installasi beberapa plugin tersebut. Sehingga, Anda bisa memaksimalkan website dan menghasilkan pendapatan secara optimal dari toko online Anda . Selamat mencoba!

 

Artikel Terkait :