5 Referensi Website Belajar Coding Secara Online

5 Referensi Website Belajar Coding Secara Online


Apa yang Anda bayangkan saat seseorang mengaku bahwa dia bisa mengelola suatu website dengan vps murah memiliki kemampuan untuk coding? Hal yang mungkin langsung Anda pikirkan adalah, “Oh, dia seorang programmer” atau “Wah, kuliah jurusan IT, nih”. Well, bisa jadi.


Namun, di era yang serba digital ini, seseorang tidak perlu menempuh pendidikan khusus secara formal untuk bisa menguasai keahlian tertentu. Salah satunya adalah kemampuan untuk menguasai bahasa pemrograman atau yang lebih dikenal dengan coding.

Seiring berkembangnya teknologi, permintaan industri kerja akan developer semakin meningkat. Hal ini dipengaruhi oleh kesadaran akan pertumbuhan market secara digital, di mana website maupun aplikasi berbasis digital menjadi andalan perusahaan untuk menjual produknya.

Selain itu, kemampuan coding mampu memberikan nilai tambah bagi profesi lain. Untuk seorang penulis, misalnya. Skill penguasaan bahasa pemrograman bisa membuat seorang penulis dengan bebas mengelola blog sebagai platform portofolionya dengan lebih leluasa.

Lalu, bagaimana caranya agar seseorang, termasuk Anda, bisa mempelajari keahlian ini tanpa harus repot menempuh kuliah di bidang IT hingga bertahun-tahun? Berikut beberapa referensi website untuk belajar coding secara online.

 

Code Avengers

Bukan sesuatu yang mengejutkan apabila masyarakat masih menganggap bahwa menguasai pemrograman adalah sesuatu yang sulit untuk diwujudkan. Asumsi tersebut tidak sepenuhnya salah. Tapi, Anda bisa menepis anggapan tersebut setelah Anda mencoba mempelajarinya lewat Code Avengers.

Sebagai sebuah platform belajar coding secara online, Code Avengers banyak diandalkan oleh para pemula karena metode pendekatan yang menyenangkan dalam pembelajarannya. Materi-materi di dalamnya disuguhkan dengan pendekatan yang interaktif, sehingga mampu memeberikan semangat tersendiri bagi mereka yang ingin menguasai coding secara mandiri.

Dengan Code Avengers, Anda bisa mempelajari bahasa pemrograman untuk web development, seperti jQuery, Javascript, Pyhton, HTML dan CSS. Tidak hanya belajar seputar pemanfaatan coding untuk mengelola website, Anda pun bisa memanfaatkannya untuk membuat aplikasi maupun game.

Anda akan diberikan waktu untuk menyelesaikan setiap kursusnya hingga 12 jam jika sudah masuk menjadi member di dalamnya. User dari berbagai negara di seluruh dunia pun bisa dengan mudah mengaksesnya dengan adanya fitur pilihan bahasa yang cukup beragam.

Selain itu, Code Avengers juga mengakomodir komunitas yang bisa membantu Anda untuk mempelajari coding dengan lebih mudah. Jadi, jika Anda masih ingin memastikan fitur-fitur di dalamnya, manfaatkan free trial selama seminggu agar Anda bisa lebih yakin dengan layanannya.

 

Code.org

Siapa bilang kalau kemampuan menguasai bahasa pemrograman hanya layak dimiliki oleh mereka yang akan atau sudah masuk di dunia kerja? Sebuah skill pada dasarnya bisa dikuasai oleh siapa saja yang benar-benar berminat mendalaminya.

Tidak ada batasan umur, gender, bahkan etnisitas tertentu untuk mampu menguasai skill tertentu, termasuk urusan coding. Anak-anak usia dini yang masih menempuh jenjang pendidikan dasar pun bisa mempelajarinya dengan mudah dengan mengakses situs code.org.

Sebagai suatu situs belajar online, diciptakannya code.org sedari awal memang bertujuan untuk membuat programming menjadi salah satu mata pelajaran di ranah pendidikan formal. Guru-guru TIK di jenjang sekolah usia dini, mulai dari umur 4 tahun, bisa memanfaatkan materi-materi di dalamnya langsung dipraktekan bersama para siswa di kelas.

Selain guru, para siswa pun bisa mengakses situs ini secara mandiri. Berbagai pilihan bahasa di dalamnya makin memudahkan pembelajaran para visitor code.org dari berbagai belahan dunia. Agar lebih efektif, Anda bisa memilih materi yang ingin dikuasai serta metode belajar yang ingin digunakan. Lebih nyaman membaca tutorial selama satu jam? Coba saja!

 

Khan Academy

“For every student, every classroom. Real results”

Begitulah tagline yang terpampang pada Khan Academy saat Anda berhasil mengakses halaman utamanya. Sebagai salah satu platform belajar online, situs ini menyediakan berbagai materi pembelajaran yang cukup beragam, mulai dari matematika, sains, sejarah, seni, ekonomi, bahkan pemrograman komputer.

Jika Anda ingin mengakses materi-materi di dalamnya, Anda perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Ada 3 opsi akses yang bisa Anda pilih: sebagai guru, sebagai siswa, dan sebagai orang tua. Pilihlah sesuai kebutuhan agar mendapatkan akses ke materi-materi yang tepat untuk Anda.

Bagi Anda yang ingin mempelajari coding lebih dalam, telah tersedia kursus dan tutorial mulai dari dasar-dasar computer programming seperti HTML, CSS, Javascript, Database, hingga aplikasi tingkat lanjut. Seluruh kursus di dalamnya diolah oleh para ahli di bidangnya, sehingga kredibiltas materinya tak perlu diragukan lagi.  

 

edX

Belajar materi-materi berkualitas secara gratis dari berbagai universitas ternama tingkat internasional bukanlah hal yang mustahil untuk didapatkan. Nyatanya, edX mampu mengakomodir dan menghadirkannya untuk Anda yang ingin belajar secara fleksibel, di mana saja dan kapan saja.

Secara fungsional, edX adalah platform pembelajaran open source yang telah memiliki lebih dari 5 juta pembelajar di dalamnya. Situs ini menyediakan beberapa kategori subjek pembelajaran yang berbeda, seperti ilmu komputer, bahasa, analisis data, bisnis dan manajemen, teknik, hingga ilmu humaniora.

Untuk Anda yang berminat mempelajari coding, kategori ‘Computer Science’ atau ilmu komputer menampung beragam materi terkait yang Anda butuhkan. Melalui edX, Anda akan mendapatkan akses untuk mempelajari tutorial yang memuat tentang bahasa pemrograman, seperti HTML dan CSS, Java, jQuery, C++, C#, Python, SQL, hingga mobile app development.

Bagi Anda yang ingin mengakses materi premium, edX juga menawarkan kursus berbayar. Walau begitu, para pemula tetap dapat menikmati akses menuju materi kursus gratis untuk mempelajari dasar-dasar coding terlebih dulu.

 

Web Fundamentals by Google

Platform yang sebelumnya lebih dikenal dengan sebutan HTML5 Rocks ini adalah “produk” yang dibuat oleh Google. Tujuan dari pembuatannya pun didasari pada kebutuhan akan tutorial yang berguna dan up-to-date mengenai kursus terbaru dan terbaik sebuah website.

Fast, Integrated, Reliable, and Engaging merupakan product value yang dijunjung dari situs ini untuk mereka yang ingin memanfaatkan konten di dalamnya sebagai media belajar. Dari keempat nilai tersebut, Web Fundamentals memberikan klaim bahwa materi-materi di dalamnya mampu merespon interaksi user dengan cepat.

Selain itu, platform ini bisa diakses dari berbagai piranti yang mampu terintegrasi dengan mudah. Tanpa harus lelah menunggu waktu load, para user bisa mengaksesnya dengan lebih maksimal. Selain itu, desain yang menarik pun menjadi andalan dari platform ini untuk memberikan kenyamanan pada segi UX (User Experience).

Melalui Web Fundamentals, ada berbagai tutorial yang dapat membantu Anda menjadi ahli dalam pemrograman web modern. Meski situs ini didedikasikan untuk developer level intermediate dan advanced, para pemula pun bisa mengakses materi-materi yang relate dengan pembelajaran dasar coding.

 

Kesimpulan

Untuk mempelajari bahasa pemrograman dan menjadi expert bisa jadi Anda harus membayar untuk bisa mengakses materi-materi terkait yang mampu mengembangkan potensi Anda dalam urusan coding. Seiring dengan berjalannya waktu, Anda bisa belajar tentang coding dari berbagai sumber online terbaik tanpa harus mengeluarkan biaya fantastis untuk mendapatkannya.

Walau begitu, kursus online yang berbayar tetap ada dan masih menjadi pilihan banyak pemula. Namun, resource gratis untuk belajar coding yang sudah dijelaskan di atas diharapkan mampu membantu Anda untuk mengetahui dasar-dasar pengembangan website maupun aplikasi mobile, sehingga Anda bisa menjadi seorang programmer yang handal.

Tidak perlu menjadi anggota dari semua website belajar coding di atas untuk mampu menguasai coding. Pilihlah salah satu atau beberapa dan mulailah mempelajari setiap materi maupun tutorial yang diberikan di dalamnya. Selamat belajar and happy coding!

Artikel Terkait :