.

Tidak ada komentar BYAdmin Ilmuwebsite

Print

Sudah lama sekali di ilmuwebsite.com tidak dibahas seputar belajar php maupun tutorial belajar php. Oleh karenanya kita akan coba kembali menyuguhi perihal tutorial php ? Bagaimana? Setuju tidak? Kenapa nggak setuju? :P

Dalam tutorial php kali ini kita akan membahas fitur yang biasanya memang lumrah terdapat pada sebuah website. Yakni thumbnail post, atau thumbnail image. Seperti apa sih contohnya thumbnail post itu? Kurang lebih bentuknya adalah seperti ini.

Terbatas hanya sampai 25 Juli 2018 Paket Lengkap Mahir Web Development Bangun 5 (jenis) Project Website + Mahir Membuat Aplikasi Android (4 Project + Upload Playstore)

Hanya Rp 127.000 (Total 4 DVD). Dibuat oleh praktisi yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang web development (Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)


thumbnail post

Thumbnail itu kurang lebih merupakan gambar-gambar yang mewakili setiap postnya. Dari mana kok bisa begitu? Biasanya thumbnail post ini diambil dari bagian tubuh artikel itu sendiri, misalkan mengambil gambar pertama yang bercokol dalam sebuah artikel. Sebagai contohnya artikel milik saya yang “Belajar Desain Grafis : Membuat Logo Apple” apabila di lihat di bagian depan ilmuwebsite, maka thumbnail yang muncul itu merupakan gambar pertama dari artikel tersebut, silahkan klik link di bawah ini untuk membuktikannya.

http://www.ilmuwebsite.com/belajar-desain-grafis-membuat-logo-apple

Baiklah, beberapa langkah dalam membuat thumbnail post dengan PHP tanpa menggunakan plugin tim-thumb adalah sebagai berikut.

1. Mendapatkan URL gambar pertama dari sebuah artikel (Anda nantinya bisa mengimplementasikannya pada wordpress, joomla, maupun cms buatan Anda sendiri)

2. Meresize gambar yang didapatkan menggunakan perantara URL dari gambar yang ditangkap pada poin 1.

Nah bagaimana melakukannya?

Berikut adalah source code lengkapnya :

 

Dan selanjutnya adalah library untuk resizenya yakni resize.php

Untuk melihat demo nya silahkan klik link di bawah ini :

Lihat Demo

Sekian tutorial belajar php kali ini, Anda bisa mengkostumisasi kode tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat bereksperimen.

No Responses

eXTReMe Tracker