Home > Pemula > Belajar Desain Grafis > Tutorial CorelDraw > Belajar Desain Grafis : Membuat Logo Apple

.

Tidak ada komentar BYAdmin Ilmuwebsite

coreldraw-tutorialBaiklah kali ini kita akan membahas belajar desain grafis dasar, atau belajar desain grafis untuk pemula. Banyak sekali tutorial coreldrawtutorial coreldraw yang tersebar di dunia maya, yang mana Anda bisa menerawangnya lewat mbah google. Perihal tutorial corel draw didunia maya banyak sekali namun sayangnya penyajiannya masih kurang terstruktur, oleh karena itu kami akan mencoba melakukan pembahasan belajar desain grafis dasar menggunakan corel draw secara lebih terstruktur. Di awali dengan bagian yang pertama ini. Yakni Belajar Desain Grafis Dasar, Membuat Logo Apple.

Mengapa membuat logo Apple? Karena sederhana dalam membuatnya, saya hanya ingin menjelaskan penggunaan toolnya, agar Anda memahaminya dan mengerti konsep dari tool tersebut, sehingga tidak bingung ketika akan mengembangkan lebih jauh perihal pembuatan logo atau pun gambar bentuk yang lain. Oh iya, dalam teori desain grafis di tutorial coreldraw kali ini kita akan membahas nirmana terlebih dahulu, lebih kepada aspek gambar bentuk.

Panjang sekali intronya. Tak apalah, karena memang harus diberitahu sejak awal.

Baiklah kita mulai saja tutorialnya. CorelDraw yang digunakan pada tutorial kali ini adalah versi X6, meskipun Anda juga bisa menggunakan versi sebelumnya yakni versi X4 atau X5. Tidak masalah, nanti tinggal mencocokkan dimana letak toolsnya. Karena Corel Draw tidak pernah menghilangkan fitur. Namun malah menambahkan fitur yang baru yang tentunya sangat berguna sekali.
Fitur corel draw yang akan kita pelajari pada tutorial kali ini adalah : Rectangle Tool, Pick Tool, Shape Tool

Oke, pertama-tama siapkan bentuk kotak dulu, menggunakan rectangle tool, jika Anda belum tahu fitur rectangle tool, silahkan lihat pada gambar.

tutorial coreldraw

Kemudian silahkan buat kotaknya secukup, kurang lebih misalkan bentuknya seperti ini, dan ukurannya di sesuaikan saja. Terserah Anda.

tutorial coreldraw

Setelah di buat kotaknya langkah selanjutnya adalah memilih pick tool, ini digunakan agar Anda bisa leluasa untuk meresize si kotak, dan merubah atribut baik outline maupun warna. Itu nanti saja. Tapi bagi Anda yang tidak tahu pick tool, beginilah penampakannya

belajar desain grafis

Setelah di pilih pick tool, langkah selanjutnya adalah, Anda memilih kotak yang baru saja dibuat. terus klik kanan kotak tersebut, lalu pilih convert to curve. Convert to curve dilakukan agar, kotak tersebut bisa dirubah bentuknya sesuai dengan keinginan.

tutorial corel draw

Setelah dilakukan convert to curve langkah selanjutnya adalah memilih shape tool, fungsi shape tool digunakan untuk merubah-rubah bentuk si kotak, memanfaatkan garis, dan dot vector. sehingga sesuai dengan keinginan kita, dalam tutorial kali ini kita akan membuat bentuk apel menggunakan kotak tadi.

tutorial corel draw

lalu setelah memilih shape tool langkah selanjutnya adalah membuat titik vector yang nantinya bisa dibengkok bengkokkan, caranya adalah letakkan mouse di garis bagian atas kotak, sampai menghasilkan bundaran hitam seperti ini

tutorial coreldraw

lalu klik kanan dan pilih add seperti di bawah ini

belajar desain grafis

lakukan juga step sebelumnya yakni membuat dot dan menambahkan titik vector, untuk bagian bawah dari si kotak. seperti ini

belajar desain grafis

belajar desain grafis

dan jangan lupa juga lakukan untuk kiri dan kanan si kotak. lalu kita akan masuk ke bagian perubahan bentuk si kotak menjadi apel, caranya adalah pilih salah satu titik, misalkan kita pilih titik di bagian kiri kotak, lalu kita rubah caranya cukup klik lalu drag, begitu saja seperti ini

belajar desain grafis

belajar desain grafis

tutorial corel draw

tutorial corel draw

Kemudian kita akan membuat bagian kanan apel itu seperti termakan sebagian, layaknya logo apel. Bagaimana caranya. Cukup buat 2 titik vector tambahan, lalu convert to curve agar dia bisa di bengkokkan, seperti ini :

tutorial corel draw

begitu juga dengan bagian lainnya, jika Anda ingin membengkokkan garisnya adalah caranya letakkan mouse di atas garis, lalu klik kanan dan pilih convert to curve.

tutorial corel draw

Setelah dimainkan nanti hasilnya akan menjadi seperti ini

tutorial corel draw

Kemudian kita akan membuat daun di atas bagian apelnya, dengan menggunakan rectangle tool, namun di buat persegi agak panjang.

tutorial corel draw

lalu klik kanan dan convert to curve agar bentuknya bisa di rubah rubah.

tutorial corel draw

setelah itu kita rubah bentuknya jadi jajar genjang dengan menggunakan shape tool

tutorial corel draw

lalu rubah bentuknya dibengkok-bengkokkan dengan cara lakukan to curve

tutorial corel draw

agar menyerupai daun, seperti ini

tutorial corel draw

jadinya nanti hasilnya kurang lebih seperti ini,

tutorial corel draw 23.result

Baiklah kita cukupi dulu tutorial ini sampai di sini, di bagian dua kita akan masuk ke pewarnaannya, menggunakan berbagai tools, banyak tools dalam corel draw yang akan digunakan dalam pewarnaan nanti hingga hasilnya akan menjadi seperti ini

tutorial corel draw

Untuk mendownload file latihan silahkan klik di bawah ini

Download File Latihan

Cukup sekian tutorial corel draw kali ini, semoga bermanfaat, terima kasih.

 

 

 

DVD Video Tutorial : Kursus Web Development Komplit Bangun 5 Project Aplikasi Website - Membuat CMS Sendiri Dari Nol, Blog, Portal Berita, Ecommerce, Web Komunitas dengan CodeIgniter 3 JQuery AJAX Bootstrap

Video Tutorial Kursus Web Development Komplit Bangun 5 Project Website ini merupakan ‘penunjuk arah’ agar Anda yang sedang maupun baru akan terjun ke dalam dunia web development yang lebih mendalam memiliki peta perjalanan pembelajaran yang lebih terarah menuju web developer professional. (Disertai pembelajaran dasar HTML CSS, JQuery, PHP & MySQL, CodeIgniter) Dibuat oleh praktisi yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang web development (Pemesanan bisa SMS/WA ke 0813 1167 5785, atau bisa pesan secara online di sini)



No Responses

You must be logged in to post a comment.

eXTReMe Tracker