6 Tips Memilih Hosting Agar Hidup Jadi Lebih Baik

6 Tips Memilih Hosting Agar Hidup Jadi Lebih Baik


Salam, pada tutorial yang baru saja diposting kemarin, telah dibahas sedikit saja mengenai tips memilih hosting, karena memang pembahasan utama tidak mengenai bagaimana memilih hosting. Namun lebih kepada bagaimana transfer file berukuran besar dari hosting anu ke hosting anu ... Anda bisa baca sendiri lah ya ... hehe... Silahkan cekidot disiniĀ http://www.ilmuwebsite.com/cara-cepat-transfer-file-berukuran-besar-antar-hosting-yang-nggak-pake-ribet


Artikel kali ini dibuat sebagai catatan, yang nantinya dijadikan sebagai himbauan, anjuran, patokan, tumpuan agar di kemudian hari sahabat sekalian atau pembaca atau siapapun yang telah diberita-i/diberi-tahu yang akan memilih jasa penyedia hosting tidak lagi mengalami keterpurukan sebagaimana yang telah dialami oleh penulis dan orang-orang sebelumnya, bukan berarti penulis menjadikannya sebagai cara untuk me-monopoli jasa hosting atau semacamnya karena, pertama penulis tidak memiliki jasa hosting, kedua, ilmuwebsite tidak berafiliasi pada hosting manapun, tapi ... bagi jasa hosting yang memang memiliki kriteria 6 poin di bawah dan terbukti kehandalannya, bolehlah merapat. :D

Sederhananya tips ini bisa dijadikan acuan agar ketika Anda mencari/memilih hosting untuk ditempati bisa spesifik dibandingkan hosting mana saja yang memiliki 6 poin kriteria yang nanti akan dibahas dan pada akhirnya layak untuk ditempati, dan Anda tidak menyesal dikemudian hari, dan kehidupan Anda jadi lebih baik, bisa memikirkan hal lainnya, dan tidak berkutat pada satu hal. Begitulah ...

Baiklah kita mulai membahas satu demi satu tips memilih hosting :

1. Support

Kami memposisikan support di nomor satu, mengapa tidak harga ? Sudah lumrahnya orang Indonesia jika memilih hosting itu harga selalu menjadi patokan dari awal. Sekedar info saja hosting yang memiliki harga sangat murah selalu berakhir dengan support dan kecepatan akses web yang menjadi payah. Maukah? KATAKAN TIDAAK!! Hehe... Maklum semangat pagi.

Nah bagaimana mengecek support yang tinggi responsibilitasnya dari hosting yang akan Anda tempati?

Mudah saja ada 3 tahap,

  1. Pertama cek sosial medianya apakah hidup?
  2. Kedua Apakah blog nya juga update ?
  3. Ketiga, cek di diskusiwebhosting.com ataupun kaskus cari komplainan di satu tahun terakhir mengenai hosting tersebut, apakah ditangani dengan baik?

Kalo semua sudah terpenuhi berarti dari sini saja Anda sudah bisa langsung memilih hosting tersebut untuk Anda tinggali. Kalo tidak terpenuhi kriteria tersebut ya wis cari saja yang lain. Gimana? Asikkan? Okeh ...

 

2. Keamanan

Keamanan juga sudah tentu jadi problem utama yang harus Anda pikirkan jika hendak memilih hosting.

Dahulu kala beberapa tahun yang lalu penulis pernah dikontak oleh seorang ibu-ibu pemilik hosting yang komplain lantaran ilmuwebsite.com kala itu rajin memposting artikel yang berbau sistem keamanan yang memang agak nyeleneh waktu itu, walhasil ada beberapa user yang mencobanya dan berdampak pada rusaknya hosting si ibu-ibu tersebut.

Setelah telusuri, usut punya usut, ternyata jasa hosting yang dimiliki oleh ibu-ibu yang komplain tadi lemah dari segi sistem keamanannya, atau dengan kata lain pegawainya sangat minim sekali pengetahuannya akan sistem keamanan sehingga berdampak kepada sistem keamanan dihosting tersebut, bisa jadi karena hostingnya itu memiliki settingan standar, walhasil jelas sang ibu-ibu tersebut hanya bisa membuka jasa hosting tanpa mempedulikan sisi keamanannya.

Nah jika Anda akan memilih jasa hosting, pastikan terlebih dahulu dalam 6 bulan terakhir tidak ada IP milik si server penyedia hosting yang nangkring pada database zone-h.org. Zone-h merupakan website yang berisi informasi website-website yang di hack oleh para cracker, informasi berupa ip dan nama. Anda bisa tanyakan ke hosting berapa IP range nya kemudian Anda cek di zone-h apakah ada ? Jika ada lebih cari lagi yang lain hosting yang layak Anda tempati.

 

3. Kecepatan

Nah biasanya kalo sudah dua point pertama yang tadi disebutkan itu sudah terpenuhi maka sudah bisa dipastikan poin yang ini, maksudnya kecepatan sudah tentu ada pada hosting yang berkualitas. Untuk melihat kecepatan akses Anda bisa mengujinya dengan beberapa web tools seperti https://check-host.net/ . Anda bisa mengetahui info kecepatan hosting,menggunakan ping. Ping digunakan untuk menguji konektivitas dari berbagai negara ke host server. Semakin kecil waktu (ms) ping ke host server berati hosting tersebut semakin cepat / baik.

 

4. Space dan Bandwith

Saya rasa untuk yang ini tidak perlu diberikan penjelasan lagi ya, karena saat ini sudah banyak hosting di Indonesia yang berkualitas memberikan layanan unlimited space untuk web hostingnya. Meski sebetulnya mereka sudah memperkirakan seberapa banyak sih yang diperlukan untuk satu website untuk tetap bisa eksis. Ilmuwebsite.com saja sampai saat ini total dengan image dan databasenya hanya kurang dari 1GB, dengan tingkat kunjungan dua ribuan visitor rata-rata perharinya. Padahal sudah berdiri dari tahun 2007.

Namun beda halnya jika Anda ingin membuat web portal berita yang mengharuskan upload gambar setiap harinya, mungkin hosting sudah tidak layak pakai, Anda bisa menggunakan cloud server, tapi tetap memperhatikan 6 hal yang dijelaskan dalam artikel ini.

 

5. Fitur dan Fasilitas

Saya rasa untuk fitur dan fasilitas yang sudah disediakan hosting kebanyakan tentunya juga ada pada hosting berkualitas, bisa dibilang standarisasi sudah ada bagi para pemilik hosting menyediakan fasilitas yang memadai. Saking banyaknya fitur saya sendiri yang telah lama berkecimpung di dunia web development kadang harus mengernyitkan dahi sambil googling bertanya tanya sembari mencari jawaban, sebetulnya fasilitas yang ditawarkan oleh hosting itu opo seh fungsine?

Yang jelas memang hosting itu harus betul-betul mendukung environtment yang Anda gunakan, sebagai contohnya jika Anda menggunakan wordpress sebagai enginenya maka hosting tersebut harus pula mendukung hal-hal yang dibutuhkan wordpress sehingga bisa tereksekusi script-script phpnya dan tentunya databasenya mysql. Jika Anda sudah menggunakan nodejs ya si hostingnya juga harus support. Itu saja menurut penulis. Paling tidak hal yang perlu diperhatikan lainnya adalah service untuk daily backupnya, sehingga jika suatu saat nanti terjadi hal yang tidak diinginkan maka Anda bisa dengan mudah meminta kepada penyedia jasa hostingnya untuk merestore saja kembali ke satu hari sebelumnya.

 

6. Harga

Yang terakhir adalah harga, saya rasa tidak jadi persoalan jika semua poin sebelumnya terpenuhi dan terbukti kehandalannya, karena service yang memuaskan tentunya tidak menjadikan masalah untuk merogoh kocek lebih dalam lagi. Dan jika Anda yang memiliki kocek yang tidak dalam saran penulis, keledai saja tidak terperosok ke lubang yang sama dua kali. Sedikit kejam, tapi untuk kebaikan Anda sendiri ... hehehe

Ya cukup segitu saja pembahasan bagaimana memilih hosting yang membuat masa depan Anda jadi lebih baik.

Semoga Bermanfaat

 

Loka Dwiartara
Ilmuwebsite.com

Artikel Terkait :