Wordpress Custom Field Plugin, Merubah Wordpress Jadi Website Sesuai Kebutuhan

Wordpress Custom Field Plugin, Merubah Wordpress Jadi Website Sesuai Kebutuhan


Pada artikel kali ini kita akan membahas tutorial wordpress mengenai custom field plugin. Apa itu? Silahkan di simak.


Pernahkah Anda berkeinginan atau berkebutuhan membuat website reservasi online untuk Hotel, Restoran? Atau website apotik dengan daftar produk dan segala atributnya? Atau website berjenis lain yang mengharuskan memasukkan berbagai atribut. Berikut juga pencarian berdasarkan atribut? Yang mana biasanya CMS manapun tidak menyediakan customisasi seperti ini?

Maksudnya bagaimana Custom Field Itu?

Misalkan seperti ini, ketika Anda membuat sebuah website tertentu, kita ambil contoh, misalkan, website untuk property. Di sana terdapat beberapa fitur semisal, Rumahnya tipe berapa, kemudian berapa banyak kamar tidur, kamar mandi, apakah ada garasinya, apakah sudah ada SHM, berapa luas bangunan, berapa luas tanahnya, berapa harganya, apakah ada kolam renang ataupun lapangan golfnya, apakah ada kebun binatang di dalam rumah? Kalo yang terakhir kayaknya nggak. :D.
Kemudian selain memasukkan atribut-atribut tersebut, Anda pun memerlukan sebuah fasilitas pencarian berdasarkan atribut tersebut.

Ya, wordpress bisa Anda kostumisasi sesuai dengan keinginan tersebut, cukup gunakan saja Custom Field Plugin, Anda bisa mengunduhnya di sini https://wordpress.org/plugins/advanced-custom-fields/ dan menggunakan Search Custom Fieldnya silahkan download di sini https://wordpress.org/plugins/wp-custom-fields-search/screenshots/

tutorial wordpress menggunakan custom field

Selain property Anda pun bisa menggunakannya untuk keperluan lain seperti pembuatan website perhotelan, restoran, apotek, yang jelas website-website yang didalamnya membutuhkan banyak sekali atribut, dan membutuhkan pencarian berdasarkan atribut.
Untuk tutorial penggunaannya Anda bisa mengunjungi http://www.advancedcustomfields.com/resources/#tutorials

Kedepannya kita akan meraciknya bagaimana membuat website property yang memiliki banyak atribut, menggunakan kedua plugin yang sudah saya sebutkan di atas.

Selamat bereksperimen tutorial wordpress Merubah Wordpress Jadi Website Sesuai Kebutuhan menggunakan custom field

Artikel Terkait :