Keren! Bludit CMS Ringan dan Cepat Tanpa Database, Menyimpan Data dalam JSON File

Keren! Bludit CMS Ringan dan Cepat Tanpa Database, Menyimpan Data dalam JSON File


Wordpress, Joomla dan Drupal merupakan CMS 3 besar yang populer di dunia per-website-an. Ketiganya dikenal dekat, ketiganya difavoritkan banyak orang. Dan kini wordpress mendominasi backend juga frontend website dunia yang menggunakan. Sebagaimana dalam pembahasan di news sebelumnya Survey W3techs : 83% Web Dunia di bangun dengan PHP, 30%-nya Menggunakan Wordpress https://www.ilmuwebsite.com/survey-w3techs-83-web-dunia-di-bangun-dengan-php-30-nya-menggunakan-wordpress.

Tutorial Premium Mahir Web Development Membangun 5 (jenis) Project Website + Mahir Membuat Aplikasi Android (4 Project + Upload Playstore)

Dibuat oleh praktisi yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang web development (Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)


Kalo kita lihat berdasarkan fiturnya, hampir tidak ada yang tidak bisa ketiga CMS ini lakukan, semua fitur sudah tersedia, dan setiap fitur banyak pilihan sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa memilih plugin, themes sesuai dengan yang Anda inginkan. Disamping dari bug yang bertebaran. Setiap teknologi pasti ada resikonya bukan. Adanya bug tentunya bagian dari pengembangan dan penyempurnaan, namun yang pasti kesempurnaan hanyalah milik Allah SWT semata. Luar biasa developer yang mengembangkan ketiga CMS ini.

Namun bagi sebagian orang yang sudah melanglang buana di dunia per-website-an, sedikit banyak mengeluh per-CMS-an ini terutama pada gemuknya resource yang digunakan, baik kapasitas harddisk akibat database dari postingannya, dan resource memory (RAM) yang dihabiskan untuk mengeksekusi query dan menyajikannya ke frontend. Sering penulis melihat developer mengakali front endnya dengan javascript framework seperti reactjs, angularjs dan lain sebagainya, dengan backend tetap menggunakan CMS semacam wordpress.

Beberapa internet marketer yang penulis kenal, menggunakan Wordpress untuk menjadi Adsense publisher, website yang based on wordpress ambruk ketika visitor berada di angka 20rb an. Tapi sekali lagi bergantung servernya, Anda perlu merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkan cloud server dengan spesifikasi yang lebih joss. Meski sebetulnya internet marketing utamanya itu hanya sekedar konten biasa, bukan sistem informasi kompleks. Wah panjang sekali curcolnya haha...

Kali ini penulis hanya sedikit mereview CMS Bludit, tidak terlalu terkenal, tidak besar, namun sangat hebat, dan bisa diandalkan. Kode-kode yang kompleks namun efisien menghasilkan ukuran yang kecil, menjadikan website yang berjalan menggunakan CMS ini ringan diakses, tidak banyak memakan resource server karena tidak menggunakan database. Data-data postingan disimpan ke dalam file JSON. Itu artinya proses di belakang layar luar biasa cepat dibandingkan ketika CMS yang di integrasikan dengan SQL.

Bludit sangat cocok berjalan diatas hosting yang serba terbatas. Bludit mengklaim, pemula dibidang website bisa membuat website dalam hitungan detik, ringan, cepat, aman, dan flat file CMS.

Untuk melihat demonya Anda bisa tengok langsung di sini https://www.bludit.com/

 

Artikel Terkait :