Survey W3techs : 83% Web Dunia di bangun dengan PHP, 30%-nya Menggunakan Wordpress

Survey W3techs : 83% Web Dunia di bangun dengan PHP, 30%-nya Menggunakan Wordpress


W3techs, Sebuah website yang memposisikan sebagai Web Technology Survey, merilis survey terupdate di tahun 2018. Tercatat live 10 Mei 2018. Mengenai teknologi yang berjalan di bidang per-website-an. Baik dari sisi infrastruktur, maupun disisi content management, hingga ke bahasa pemrogamannya, dan banyak lagi yang lainnya.


Yang menarik dari surveynya adalah meskipun pengguna melek internet menanjak melesat, jelas membludak dibanding tahun-tahun sebelumnya, namun transisi teknologi tidak secepat perkembangan teknologinya. Dengan kata lain proses pergantian dari teknologi yang sebelumnya ada ke teknologi yang terbaru itu tidak secepat yang diperkirakan oleh para praktisi, maupun pengamat teknologi website. Terbukti dari bertahannya php hingga 2018 ini sebagai juara bahasa pemrogaman di sisi server, dan wordpress sebagai content management yang mendominasi melonjak di tahun 2017 dari 29% menjadi 30%.

Berikut detil survey "server side programming language" yang di gunakan dunia per-website-an

W3tech menjelaskan "PHP digunakan oleh 83.4% website yang menggunakan bahasa pemrogaman server side". Jelas PHP masih kuat mendominasi, terlebih lagi dikeluarkannya PHP7, dengan berbagai penambahan fitur dan perbaikan diberbagai sisi, tentunya menambah developernya untuk tidak pindah ke lain hati.

Disamping survey server side programming, w3techs pun mengeluarkan survey web server, yang digunakan oleh website di dunia, saat ini 2018. Berikut diagramnya.

survey teknologi

Ternyata apache masih mendominasi. Di susul oleh pesaing terbarunya, nginx. Luar biasa perkembangan nginx, sebanding dengan kehebatannya.

Yang menarik lainnya adalah ternyata wordpress menjadi content management system populer, yang dari tahun sebelumnya masih mendominasi teknologi di balik website dunia. Berikut diagramnya...

survey teknologi

Anda yang masih pemula di bidang web development paling tidak memiliki tolak ukur apa yang akan dipelajari kedepannya. Jika membutuhkan materi-materi tersebut ilmuwebsite.com menyediakan secara gratis, maupun versi berbayar yang lebih terstruktur di store.ilmuwebsite.com

Artikel Terkait :