Home > Lain-lain > Bisnis > Teknik Marketing Jitu Jualan Produk dan Jasa Di Zaman Serba IT

.

Tidak ada komentar BYAdmin Ilmuwebsite

teknik marketing jituBaiklah kali ini kita akan membahas teknik marketing jitu dalam menjual produk ataupun jasa di zaman serba IT.

Dunia entrepreneurship Indonesia saat ini merebak sedemikian luasnya, lagi-lagi ini terjadi karena banyaknya penduduk Indonesia yang merupakan suatu peluang dan sayang sekali jika di sia-siakan. Apa sebab? Ya sayang sekali jika Anda tidak bisa memanfaatkannya dengan maksimal. Sudah tentu penduduk indonesia memiliki berbagai macam kebutuhan, dan bila Anda mampu menyediakan solusi akan kebutuhan masyarakat Indonesia maka akan luar biasa sekali dampaknya, pastinya dompet Anda semakin tebal, bahkan mungkin Anda membutuhkan lebih banyak dompet tambahan agar bisa menampung semua keuntungan yang bisa Anda peroleh dari Entrepeneur. :D

Dan begitu berpengaruhnya bagi kaum muslimin, ketika Nabi Muhammad SAW bersabda: “9 dari 10 Pintu Rezeki itu berasal dari perniagaan (perdagangan)” (HR. Tirmidzi).

Hanya entrepreneur lah perkataan Rasulullah SAW terjawab. Berdagang, atau berwiraswasta. Dan orang terkaya di Indonesia pun 1-100 versi forbes, itu semuanya dari berniaga. Begitu pula barisan orang-orang terkaya di dunia, semuanya adalah entrepreneur. Tapi jangan lupa, bagi kaum muslimin di wajibkan menguasai Fiqh Muamalah sebelum masuk ke dunia entrepreneur, menghindari praktik ribawi di dalamnya.

Sayangnya tidak banyak yang bisa melihat peluang ini, oleh karena itu lah kami mendirikan sebuah institusi yakni Ilmuwebsite Training Center yang bisa membuka mata calon-calon teknopreneur di dalamnya agar bisa melihat banyaknya penduduk Indonesia yang memiliki berbagai macam kebutuhan dan dijadikan sebagai sebuah peluang serta dijelaskan pula secara gamblang bagaimana memanfaatkannya. Tentunya memanfaatkan teknologi untuk membuka pasar, membangun pasar, dan memanfaatkan secara maksimal pasar tersebut.

Baiklah itu yang menjadi intro pada artikel bisnis di ilmuwebsite.com kali ini.

Lalu bagaimana teknik marketing yang jitu dalam menjual Produk atau Jasa di Zaman serba IT seperti sekarang ini? Ini adalah pertanyaan sederhana, namun sangat panjang sekali dalam menjawabnya. Kita akan urai satu demi satu.
Mulai dari, komponen-komponen dibalik dari marketing, tentunya yang menunjang marketing itu sendiri, seperti :

  1. Penjelasan pasar mengenai kebutuhan masyarakat akan produk atau Jasanya, berjenis apa sih? Saya akan membaginya ke dalam dua jenis, yakni produk / jasa IT, dan Produk / Jasa Non IT.
  2. Menetapkan harga yang cocok dengan harga pasar.
  3. Bagaimana memarketingkan kedua jenis Produk maupun Jasa menggunakan Teknologi, dan sedikit dibahas menggunakan teknik marketing konvensional yang tepat guna. Tentunya harus disediakan tim yang tepat dan anggaran yang juga cukup tapi hemat.

 

teknik marketing jitu

 

1. Mengetahui Seberapa Besar Peluang Pasar : Kebutuhan Masyarakat Akan Produk Jasa IT dan Non IT

Mengapa saya membaginya menjadi dua jenis, yakni produk jasa IT dan produk jasa yang Non IT ? Pertama karena memang sudah bergelut lama di dunia IT. :D. Namun jelasnya, begitu banyak produk dan jasa yang ditawarkan di dunia IT, baik itu yang berhubungan dengan produksi, distribusi, maupun yang dikonsumsi langsung, meskipun banyaknya tidak sama dengan jenis produk atau jasa yang ditawarkan pada produk dan jasa yang non IT. Dan lagi tadinya memang artikel ini saya persembahkan kepada orang-orang yang bekerja di dunia IT saja, tapi ternyata sangat bisa sekali di aplikasikan kepada produk ataupun jasa yang non IT.

Dalam dunia serba teknologi seperti ini, orang-orang dari berbagai tempat berlomba-lomba mencari informasi. Nah pencarian informasi inilah yang kemudian dijadikan sebagai indikator akan kebutuhan pasar. Indikator tersebut terdiri dari lokasi pencarian informasi, dan ketertarikan akan informasi yang seperti apa.

Misalnya seperti ini, suatu hari saya membuka gmail saya, lalu di sana muncul ads text (iklan) yang menampilkan produk-produk yang sedang saya butuhkan dan lagi harganya murah meriah, kebetulan sekali bukan? Tapi memang ternyata bukan kebetulan. Google menyediakan space iklan yang marketnya itu sudah di segmentasi kan. Dari mana informasi market tersebut? Dari hasil banyak orang mencari sesuatu, tentunya mencari itu kan karena membutuhkan informasinya. Betul begitu?

Begitu juga dalam teknik marketing konvensional, seorang marketer bisa tahu kebutuhan orang akan sesuatu ketika memang dia sudah mengetahui medannya.

Seorang pakar marketing Jaya Setia dalam bukunya Budi Buka langsung laris, betul-betul sesuai dengan kondisi nyata dilapangan. Mengatakan, untuk mengetahui peluang pasar, maka caranya adalah tinggallah di suatu tempat yang antah berantah, amati tempat tersebut, amati hilir mudiknya orang-orang, lalu lakukan interaksi dengan orang-orang di daerah tersebut. Yang pada akhirnya nanti Anda akan mendapatkan peluang pasar. Tidak sampai situ saja, ketika Anda mampu membangun komunitas milik Anda sendiri, maka Anda dengan mudah bisa mengetahui kebutuhan akan komunitas Anda sendiri. Dari sinilah Anda bisa menyediakan solusinya. Memanfaatkan peluang.

Lalu bagaimana secara IT bisa mengetahui kebutuhan Pasar?

Jika Anda seorang facebook marketer maka sudah barang tentu dengan mudah mengetahui cara yang jitu dan tepat memarketingkan produk dengan facebook advertise. Terlebih lagi saat ini facebook betul-betul menyediakan fasilitas iklan yang berbayarnya betul-betul murah meriah namun menjangkau secara tepat sasaran, target segmented sekali bangetlah. Ada sebagian Anda yang menampikkan seperti, “iklan di facebook itu nggak kita lihat kok! bahkan di blokir dengan ads block” :D. Loh apa facebook kehabisan akal untuk nyari duit? Tidak, bahkan status di beranda yang Anda lihat itu kemungkinan besar juga sudah di iklankan oleh pemilik fans pagenya menggunakan facebook advertise.

Tapi paling tidak dengan menggunakan facebook advertise Anda bisa mengetahui segmentasi pasar yang jitu nan tepat, hingga usia berapa dan daerah mana saja. Perihal bagaimana teknisnya nanti kita akan bahas.

Selain menggunakan facebook advertising, Anda pun bisa menggunakan Google Keyword Planner maupun menggunakan Google Trends untuk bisa mengetahui peluang pasar. Teknisnya bisa Anda lihat di ebook gratis yang saya buat, Anda bisa mendownloadnya di sini. Ebook Menaklukan Rimba SEO & Internet Marketing.

Selain google dan facebook, Anda pun bisa mengikuti banyak forum besar dan ramai di Indonesia untuk membuat brand diri Anda sendiri, plus untuk mengetahui kebutuhan pasar Indonesia secara online. Forum seperti bersosial.com, kaskus.co.id, forum detik, forum viva news, dan forum kompas.

Anda pun bisa mengetahui kebutuhan Pasar sesuai dengan hobi dan passion Anda sendiri, misalkan ketika Anda memang fokus di dunia kesehatan, bangunlah sebuah website komunitas, bukan website biasa, tapi memang website ini untuk menjaring komunitas. Dari sini lah nanti Anda akan mengetahui orang-orang yang tertarik di bidang kesehatan itu memerlukan produk atau jasa seperti apa saja, yang tentunya Anda bisa sediakan solusinya. Bagaimana membuat website komunitas Anda sendiri? :). Sementara ini baru kami tularkan ilmunya hanya di Ilmuwebsite Courses Center saja. Tapi kedepannya kita akan tularkan dalam media online yang bisa di akses oleh banyak orang.

Wah, ternyata lumayan panjang juga artikel Teknik Marketing Jitu ini. Oleh karena itu saya akan menjelaskan “Bagaimana menetapkan harga yang sesuai dengan keinginan pasar” di bagian kedua. Selamat menunggu. :D

DVD Video Tutorial : Kursus Web Development Komplit Bangun 5 Project Aplikasi Website - Membuat CMS Sendiri Dari Nol, Blog, Portal Berita, Ecommerce, Web Komunitas dengan CodeIgniter 3 JQuery AJAX Bootstrap

Video Tutorial Kursus Web Development Komplit Bangun 5 Project Website ini merupakan ‘penunjuk arah’ agar Anda yang sedang maupun baru akan terjun ke dalam dunia web development yang lebih mendalam memiliki peta perjalanan pembelajaran yang lebih terarah menuju web developer professional. (Disertai pembelajaran dasar HTML CSS, JQuery, PHP & MySQL, CodeIgniter) Dibuat oleh praktisi yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang web development (Pemesanan bisa SMS/WA ke 0813 1167 5785, atau bisa pesan secara online di sini)



No Responses

You must be logged in to post a comment.

eXTReMe Tracker