Home > Pemula > Belajar PHP > PHP dan Class Part1

.

Tidak ada komentar BYAdmin Ilmuwebsite

Belajar PHP Class part 1Pada awal PHP diciptakan oleh Rasmus Lerdorf, PHP hanya mendukung konsep pemrograman prosedural. Hingga PHP versi 4 pun masih berkonsep prosedural. Akhirnya diciptakanlah PHP versi 5 yang telah mendukung konsep orientasi objek (OOP).
Lantas apa kelebihan konsep orientasi objek dibandingkan prosedural ? Banyak sekali keuntungannya. :) Konsep orientasi objek mendukung pewarisan,selain itu konsep OOP berkemampuan untuk menggunakan nama variabel yang sama secara berulang-ulang. Itu sebabnya konsep OOP sangat bagus digunakan untuk proyek pembangunan web yang besar.

Baiklah saya akan memperlihatkan contoh sederhana OOP pada PHP.

class cetak {
???function hallo () {
???print “Hallo.. !!!”;
???}
}
$cetak = new cetak();
$cetak->hallo ();
?>

Hasilnya : Hallo.. !!!

Berbeda dengan konsep prosedural, pada awal pembuatan program memang akan terasa sulit. Tetapi bila anda membangun proyek yang besar, sebaiknya menggunakan konsep OOP karena jika listing program yang anda tuliskan sudah banyak, anda akan kebingungan dengan penamaan variabel.Dalam lingkungan PHP, kalangan orientasi objek lebih cenderung membuat modul PEAR dan memiliki kontribusi besar terhadap kemudahan pengelolaan kode program.

Sekian dulu penjelasan dari saya. Nantikan artikel berlanjut Konsep OOP pada PHP ini. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan hubungi saya di :

Email 1 : ivan@ilmuwebsite.com
Email 2 : ivan_wen_piao@yahoo.co.id

DVD Video Tutorial : Kursus Web Development Komplit Bangun 5 Project Aplikasi Website - Membuat CMS Sendiri Dari Nol, Blog, Portal Berita, Ecommerce, Web Komunitas dengan CodeIgniter 3 JQuery AJAX Bootstrap

Video Tutorial Kursus Web Development Komplit Bangun 5 Project Website ini merupakan ‘penunjuk arah’ agar Anda yang sedang maupun baru akan terjun ke dalam dunia web development yang lebih mendalam memiliki peta perjalanan pembelajaran yang lebih terarah menuju web developer professional. (Disertai pembelajaran dasar HTML CSS, JQuery, PHP & MySQL, CodeIgniter) Dibuat oleh praktisi yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang web development (Pemesanan bisa SMS/WA ke 0813 1167 5785, atau bisa pesan secara online di sini)



No Responses

eXTReMe Tracker