Home > Pemula > Belajar PHP > Mencegah Direct Access Pada File PHP

.

9 Komentar Untuk Artikel Ini BYAdmin Ilmuwebsite

Salam, ini adalah tulisan pertama saya setelah liburan panjang akhir puasa, dan lebaran Iedul Fitri. Lama juga ilmuwebsite vakum ternyata, tapi tidak dengan berbagai free services yang kami tawarkan, numpang promosi.. :D. Yang penting budaya sharing kembali lagi dilakukan. Sebelum ke inti dari artikel ini, izinkan saya ? Mengucapkan Mohon Maaf jika sebelum-sebelumnya saya melakukan kesalahan kepada anda sekalian, baik yang disengaja maupun tidak disengaja, Mohon Maaf Lahir dan Batin.

Dulu sekali, saya pernah membuat 2 tutorial yang menyinggung masalah PHP Redirect, dimana redirect ini sebetulnya bisa dimanfaatkan ketika user telah melakukan pengisian form, maka diredirect ke satu halaman yang berisi informasi formnya itu telah diisi dengan benar, dan informasi lain-lain. Namun untuk tutorial kali ini berbeda dengan 2 tutorial yang tadi saya sebutkan. Tutorial kali ini lebih membahas kepada file phpnya itu sendiri. Yang saya maksud di sini adalah pengaksesaan secara langsung kepada suatu file php.

Misalkan seperti ini, anda membuat sebuah file php, di mana anda tidak menginginkan file phpnya ini di akses secara langsung melalui urlnya, tetapi menginginkan file php hanya dapat dijalankan ketika di include oleh file lain. Dan anda menampilkan peringatan Forbidden seperti ini ketika file tersebut diakses secara langsung.

Bagaimana melakukan ini semua? Silahkan baca tutorial ini sampai habis.

Kita membutuhkan setidaknya 2 buah file php. Yang pertama adalah index.php isinya adalah seperti ini :

[code]<br />
<?<br />
define(active, “yes”);<br />
require_once “page.php”;<br />
?><br />
[/code]

Kemudian yang kedua adalah page.php. Dan isinya adalah seperti ini :

[code]<?<br />
if (active == “yes”){<br />
echo “i am inside”;<br />
}<br />
<br />
else{<br />
echo “You Can’t Access this page … “;<br />
}<br />
?>[/code]


Ketika kita mengakses url file index.php melalui browser, maka yang terjadi adalah, variable dan fungsi yang ada pada file page.php itu di jalankan di file index.php, ini terjadi karena bantuan constant yang ada pada index.php. Sedangkan tampilan “You Can’t Access this page …”? didapatkan ketika kita mengakses secara langsung url file page.php, ini terjadi karena constantnya itu tidak ada atau tidak didefinisikan, sehingga yang terjadi adalah “You Can’t Access this page …”. Bagaimana? Sangat mudah sekali bukan?

Selamat mencoba.

DVD Video Tutorial : Kursus Web Development Komplit Bangun 5 Project Aplikasi Website - Membuat CMS Sendiri Dari Nol, Blog, Portal Berita, Ecommerce, Web Komunitas dengan CodeIgniter 3 JQuery AJAX Bootstrap

Video Tutorial Kursus Web Development Komplit Bangun 5 Project Website ini merupakan ‘penunjuk arah’ agar Anda yang sedang maupun baru akan terjun ke dalam dunia web development yang lebih mendalam memiliki peta perjalanan pembelajaran yang lebih terarah menuju web developer professional. (Disertai pembelajaran dasar HTML CSS, JQuery, PHP & MySQL, CodeIgniter) Dibuat oleh praktisi yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang web development (Pemesanan bisa SMS/WA ke 0813 1167 5785, atau bisa pesan secara online di sini)



9 Response untuk Artikel Ini

  1. denis

    Wah bagus sekali artikelnya mas, walaupun singkat tapi jarang dibahas yg seperti ini dan juga bermanfaat untuk pengetahuan saya ..
    Keep posting …


  2. ika

    Makasih mas untuk ilmunya..


  3. Rina As

    Jadi script php ini bisa kita gunakan saat website lagi trouble/ terjadi masalah ya…
    nice post


  4. bisa

    Maaf mas ttg LOG Php itu Sama tidak utk difungsikan sbagai halaman web Reseller/refferal yang difungsikan ketika seorang member yg telah meniliki id di web nenber kita,bisa menampikan web ini siapa nama reseller/refferalnya? jika tidak Noleh di share Cara buat web/page reseller baik system mydql tanpa mysql tapi dgn sistem serupa membuat LOG website,BISA?
    trims


  5. bisa

    Maaf mas ttg LOG Php itu Sama tidak utk difungsikan sbagai halaman web Reseller/refferal yang difungsikan ketika seorang member yg telah meniliki id di web nenber kita,bisa menampikan web ini siapa nama reseller/refferalnya? jika tidak Boleh di share Cara buat web/page reseller baik system mysql tanpa mysql tapi dgn sistem serupa membuat LOG website,BISA?
    trims


  6. Adi Saputra

    Bagus sekali Artikel nya,…
    sangat membnatu sekali,.,.
    terima kasih,..


  7. jagoan php

    mantap…


  8. Hanan

    Mksh Artikelnya. Ini sangat membantu saya


  9. ivanz

    web ini saya bagus,, cocok jadi bahan referensi saya.


You must be logged in to post a comment.

eXTReMe Tracker