Home > Web Development > Mau Backup Database Tapi Tak Punya Akses CPanel / PHPMyadmin? Ini Solusinya!

.

Tidak ada komentar BYAdmin Ilmuwebsite

Pernahkah Anda mengalami kejadian yang cukup membikin pusing lantaran di satu sisi harus backup database, di sisi lain Anda tidak memiliki akses ke CPanel atau PHPMyAdmin, hal ini lumrah terjadi jika Anda berada dalam naungan server lembaga, badan usaha, korporasi atau apapun lah namanya. Yang umumnya hanya memberikan akses FTP saja.

Atau anggap sajalah suatu saat nanti Anda akan menemui hal seperti itu nanti. Lalu pertanyaannya adalah bagaimana solusinya? Tidak masalah jika Anda seorang koder. Tapi bilamana Anda bukan seorang koder? Inilah yang akan dibahas pada tutorial kali ini.

Tutorial kali ini lagi-lagi kita akan menggunakan script php, script php ini berfungsi untuk menjembatani untuk mengambil database yang tertanam dalam server. Sehingga tak perlu lagi akses ke CPanel ataupun PHPMyAdmin, karena cukup menggunakan user dan password dari databasenya saja. Jika Anda menggunakan wordpress umumnya informasi perihal nama database, username, dan password itu terletak di wp-config.php, jika ANda menggunakan joomla maka sudah barang tentu informasinya terletak di file configuration.php, yang lainnya menyesuiakan. Pastinya selalu ada informasi mengenai konfigurasi database yang ditanam pada script phpnya.

Baiklah kurang lebih scriptnya adalah seperti ini …

Yang perlu dirubah hanya di bagian username, password, dan databasenya saja. Menyesuaikan dengan configuration pada engine/script website atau aplikasi website Anda yang diletakkan pada hosting/server.

backup database

Tinggal ada letakkan saja di hostingnya menggunakan ftp, seperti pada umumnya Anda melakukan upload-upload. Berikan nama file tersebut misalnya get-db-backup.php. Lalu tinggal diekseskusi saja lewat browser misalnya http://sub.domain.com/get-db-backup.php,

backup database

kemudian scriptnya akan meload agak lama, dan jika sudah selesai dieksekusi (tidak muncul apa-apa hanya white blank) tapi muncul sql filenya di ftp nya, anda bisa refresh, nanti nama filenya akan seperti ini …

backup database

 

db-backup-1481947170-10c150dd49ff9c7d5419253c02ca2edd.sql

Anda bisa langsung mengcopynya ke local Anda.

Sederhana bukan ? Lalu bagaimana merestorenya? Nanti lagi kita bahas. Kita cukupkan dulu pembahasannya.

Ya, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Loka Dwiartara
Ilmuwebsite.com

DVD Video Tutorial : Kursus Web Development Komplit Bangun 5 Project Aplikasi Website - Membuat CMS Sendiri Dari Nol, Blog, Portal Berita, Ecommerce, Web Komunitas dengan CodeIgniter 3 JQuery AJAX Bootstrap

Video Tutorial Kursus Web Development Komplit Bangun 5 Project Website ini merupakan ‘penunjuk arah’ agar Anda yang sedang maupun baru akan terjun ke dalam dunia web development yang lebih mendalam memiliki peta perjalanan pembelajaran yang lebih terarah menuju web developer professional. (Disertai pembelajaran dasar HTML CSS, JQuery, PHP & MySQL, CodeIgniter) Dibuat oleh praktisi yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang web development (Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)



Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
wpDiscuz
eXTReMe Tracker