Home > Menengah > Belajar SEO > Belajar SEO : Link Keluar Ibarat Ember Bocor

.

Tidak ada komentar BYAdmin Ilmuwebsite

belajar seo

Halo, bertemu kembali dengan saya Loka Dwiartara, kali ini kita akan Belajar SEO untuk episode kesekian kalinya. Kita akan berbicara mengenai external link. Hal ini digunakan untuk menjawab pertanyaan mengapa sih harus ada atribut rel=”nofollow” , mengapa seorang praktisi SEO diharapkan untuk melakukan blog walking mengutamakan blog yang dofollow, mengapa backlink yang berkualitas perlu dilakukan, mengapa backlink berkualitas dan mencegah adanya link bocor membuat blog / website memiliki kedudukan istimewa di google, pagerank yang bagus, dan seputar pertanyaan-pertanyaan yang tidak jauh dari situ, tentunya saya tidak akan melebar ke topik-topik lain, kita akan berbicara fokus di “Belajar SEO : Link Keluar Ibarat Ember Bocor”

Lalu apa maksudnya? Secara teknik susah untuk digambarkan, tapi biasanya seorang praktisi yang baik itu mampu menganalogikan hal teknis, atau menggambarkan hal teknis dengan pengandaian suatu yang ada dalam lingkungan sehari-hari. Karena saya termasuk praktisi yang baik =P~, :D, sudah-sudah saya tidak akan mengambil pusing untuk masalah pro atau kontra jikalau pada kenyataannya saya memang praktisi yang baik :D, mari kita sudahi saja perhelatan ini, menuju topik utama.

Mari kita samakan persepsi analogi, anggap saja jika blog / website Anda adalah ember besar / wadah air ukuran besar, atau apalah sebutannya. Dan halaman-halaman di website / blog Anda adalah ember-ember kecil, atau gelas, atau apapun sebutannya, yang jelas tiap halaman di website / blog Anda merupakan wadah yang lebih kecil dari halaman index. Dan website-website lain merupakan ember-ember ukuran besar yang lain.

belajar seo

Ember sebagaimana fungsinya, yakni menampung air. Jika ember adalah website, maka air adalah link point-nya. Link point dari luar pada kenyataannya hanya link Anda yang diletakkan di website lain oleh pemiliknya secara sadar atau tidak sadar, sukarela ataupun dibayar :D, dan link point luar dalam bahasa manusianya ‘merupakan sebuah text atau gambar di website lain yang apabila text tersebut diklik maka akan menuju ke halaman website Anda’, text ini bukan sembarangan text, bukan sulap dan juga bukan sihir, tetapi satu tag html yang berfungsi untuk menghubungkan antara halaman satu dengan halaman yang lain tag anchor atau ‘<a href=””></a>’,

Jadi semakin banyak air mengalir dari ember-ember besar lain menuju ember Anda, maka semakin banyak pula air yang ada di dalam ember Anda, logikanya kan begitu? Jadi semakin banyak link Anda di website-website orang lain maka semakin tinggi pula kedudukan Anda di google pagerank, terlebih lagi jika website Anda memiliki konten berkualitas yang luar biasa banyak.

Belajar SEO : Link Keluar Ibarat Ember Bocor web desain grafis

Begitu juga jika dalam halaman website Anda terutama dihalaman index, jika dalam halaman website Anda terdapat atau banyak link keluar, link menuju keluar website Anda, seperti link ke blog-blog rekan-rekan Anda, maka ini sama saja membolongi ember Anda, dan membiarkan ember yang berisi air itu bocor kemana-mana. Terlebih lagi link keluarnya itu berisi blog yang sama-sekali baru dibuat, dan tidak ada link balik menuju website Anda, sudah tamat, mati kutu. Jadi pintar-pintar lah memberi link keluar. Karena air mengalir sampai jauh :D

 

Bagaimana Menyiasati SEO Untuk Link External

Biasanya jika Anda tidak mau mengambil pusing, setiap link yang keluar maka berikanlah atribut nofollow. Seperti ini <a href=”” rel=”external nofollow”>Link</a>. Ini sama dengan mencegah ember Anda dari kebocoran, diberi pembalut eh pelapis. :D. Atau jika Anda lebih cerdas, maka pilih-pilihlah dalam melakukan link keluar, jangan memberikan link ke website / blog luar yang sama sekali tidak ada link balik menuju website Anda, dan pilihlah blog yang sudah ada pageranknya, jangan yang baru berumur jagung dan tidak ada sama sekali pageranknya. Bagaimana mengecek pagerank suatu website? Bisa di searching di google keywordnya ‘pagerank checker’. Dan perlu di catat pagerank 0 itu lebih baik dari NULL. Karena 0 ada nilainya, tapi NULL sama sekali tidak ada nilainya. Bisa jadi 0, itu adalah 0,2 tapi kemudian dibulatkan menjadi 0, dan seterusnya, dan begitu seterusnya.

Bagaimana, jelas bukan mengapa link external tanpa nofollow itu ibarat membocori ember Anda?

Selamat menambali kebocoran ember Anda. Kalo bagi saya ember bocor juga nggak masalah, karena saya pake PAM, mandi lewat pipa langsung. :D

Jika ada pertanyaan seputar belajar seo silahkan tanyakan via email, admin@ilmuwebsite.com. Trima kasih.

DVD Video Tutorial : Kursus Web Development Komplit Bangun 5 Project Aplikasi Website - Membuat CMS Sendiri Dari Nol, Blog, Portal Berita, Ecommerce, Web Komunitas dengan CodeIgniter 3 JQuery AJAX Bootstrap

Video Tutorial Kursus Web Development Komplit Bangun 5 Project Website ini merupakan ‘penunjuk arah’ agar Anda yang sedang maupun baru akan terjun ke dalam dunia web development yang lebih mendalam memiliki peta perjalanan pembelajaran yang lebih terarah menuju web developer professional. (Disertai pembelajaran dasar HTML CSS, JQuery, PHP & MySQL, CodeIgniter) Dibuat oleh praktisi yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang web development (Pemesanan bisa SMS/WA ke 0813 1167 5785, atau bisa pesan secara online di sini)



No Responses

You must be logged in to post a comment.

eXTReMe Tracker