Yuk Pindah Ke FOSS : Photopea AppImage Editor Photo Kloningan Photoshop Yang Fitur dan Tampilannya Mirip Parah!

Yuk Pindah Ke FOSS : Photopea AppImage Editor Photo Kloningan Photoshop Yang Fitur dan Tampilannya Mirip Parah!


Jelas sekali alasan mengapa sebagai user kita harus segera pindah menggunakan Free Software alias software gratisan ketimbang memaksakan diri untuk menggunakan software populer yang bajakan. Jika tetap ingin menggunakan software populer lebih baik silahkan langsung membeli versi original nya. 

Saat ini dunia free software semakin lebih baik secara fitur dan fungsinya, dan sudah banyak alternatif dari software populer yang bisa digunakan secara gratis tanpa harus membayar sepeser pun.

Mulai dari sistem operasi, aplikasi administrasi, hingga aplikasi untuk editor image sudah tersedia banyak alternatif yang bisa Anda unduh dan gunakan. Hanya butuh sedikit pembiasan saja untuk tetap nyaman menyesuaikan sebagai peralihan dari penggunaan software bajakan. Wahahaha... 

Sebagai contohnya Photoshop, dengan segala fitur, kemudahan dan kenyamanannya membuat si penggunanya sulit beranjak, meski sebetulnya software yang digunakan adalah versi yang tidak original alias bajakan.

Saya sendiri sebagai pengguna linux sedikit kerepotan ketika menggunakan GIMP. Akan ketemu dengan case yang sebetulnya mudah dilakukan di photoshop tapi jadi sedikit lebih lama dilakukan di GIMP. Seperti yang saya katakan, hanya butuh sedikit pembiasaan. Namun berbeda halnya dengan user yang sudah terbiasa bahkan expert menggunakan photoshop, dengan segala fiturnya jelas akan kerepotan jika harus pindah ke GIMP. Dan hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa photopea di buat. 

Photopea mengklaim dirinya sebagai advanced image editor. Editor yang luar biasa mantap karena support file berformat PSD, XCF, Sketch, XD, dan CDR. Luar biasa sekali bukan ? 

Bisa dibilang photopea adalah kloningan dari photoshop, karena secara tampilan dan fitur betul-betul sangat mirip dengan photoshop. Namun meski begitu tetap saja ada kekurangannya, yang sebetulnya tidak terlalu masalah seharusnya. 

Diantaranya : 

1. Iklan di samping antar muka, agak menghabiskan tempat, sehingga area bekerja jadi lebih sempit

2. Karena berbasis online, ada sedikit jeda ketika digunakan, sehingga koneksi internet harus bagus dan betul-betul stabil

3. Tidak semua tools photoshop terdapat di photopea

 

Namun dari kesemuanya yang paling penting adalah Photopea ini gratis digunakan, meski saat ini sudah tidak lagi open source. Namun Anda tetap bebas menggunakan untuk keperluan apapun.

Jika tertarik mencobanya bisa langsung secara online di https://www.photopea.com/ atau bisa mengunduhnya di https://www.filehorse.com/download-photopea/ atau langsung di github officialnya https://github.com/spooknik/Photopea-Windows

 

Selamat mencoba

Loka Dwiartara

 

 

Artikel Terkait :