Update status Twitter menggunakan DABR dan Twitter API

Update status Twitter menggunakan DABR dan Twitter API


Pernahkan temen-temen liat status follower di Twitter yang memakai keterangan bahwa mereka update status menggunakan sarana yang berbeda-beda, misalnya : 6 minutes ago from UberTwitter, 1 minutes ago from dabr, dan lain sebagainya. Nah bisakah kita membuatnya seperti itu? BISA..!!!


Kemarin saya sudah pernah buat tutorial mengenai bagaimana update status twitter menggunakan curl sederhana. Nah kali ini saya mau share lagi tentang salah satu cara bermain-main dengan Twitter API (oAuth). Saya menggunakan aplikasi DABR sebagai salah satu media untuk berinterkasi dengan Twitter, karena DABR didalamnya sudah terdapat oAuth yang merupakan sarana yang menjembatani kita dengan Twitter. DABR sendiri merupakan sebuah aplikasi yang siap pakai yang bisa kita pergunakan untuk update status maupun melihat aktifitas twitter kita. Sebenernya konsepnya hampir sama dengan tutorial yang kemarin saya buat. Hanya saja ketika update status menggunakan aplikasi yang kemarin, kita bisa lihat ada keterangan bahwa kita update status "via API". Nah kali ini saya mau coba mengubah keterangan update statusnya menjadi nama kita atau website kita.

  1. Yang paling penting adalah temen-temen harus punya akun Twitter, kalo belum punya silahkan register dolo :D
  2. Daftarkan aplikasi yang ingin temen-temen buat ke Twitter disini. Gunakan username dan password Twitter temen-temen untuk login. Klik link Sign In di sbelah kanan atas halaman web.
  3. Setelah login mungkin ada sedikit masalah yakni "url not found" cek url web yang "http://dev.dev.twitter.com/" ganti menjadi http://dev.twitter.com/
  4. Setelah berhasi login temen-temen akan diarahkan ke halaman ini.
  5. Pilih Your Apps untuk mendaftarkan aplikasi temen-temen.
  6. Kalo udah ntar muncul halaman jumlah aplikasi yang pernah kita buat, kalo sebelumnya belum pernah buat. Kalo belum pernah buat ya pasti kosong :D.
  7. Kalo udah, klik "Register New App" trus isi dech formnya.
  8. Keterangan ngisi formnya.
    • Application name adalah nama aplikasi yang ingin kita buat.
    • Description adalah deskripsi dari aplikasi yang ingin kita buat (kalo bisa isi dengan bahas inggris :D ).
    • Organization adalah organisasi dimana kita bergabung.
    • Aplication website adalah website kita. Contoh : kalo ada follower yang pasang status ada keterangan via UberTwitter pas link Uber Twitter kita klik maka akan diarahkan ke website ubertwitter.
    • Application type adalah tipe dari palikasi yang ingin kita buat, pilih tipe Browser.
    • Callback Url merupakan url tempat kita menginstal DABR. Kita harus punya domain dan hosting sendiri untuk menempatkan file-file DABR. Nah tempat temen-temen upload file-file DABR itulah url callback temen-temen. Misal temen-temen punya domain www.domainsaya.com trus temen-temen buat folder dengan nama twitter, n temen-temennaruh filenya disitu maka url callbacknya adalah : http://domainsaya.com/twitter
    • Default Access type adalah hak akses yang ingin kita dapatkan, kalo pilih Read-only temen-temen cuma bisa melihat status-status kita aja, kalo Read & Write maka temen-temen bisa update status dan melihat daftar status temen-temen. Disarankan untuk milihyang Read & write.
    • Application Icon adalah icon aplikaso kita, dikosongkan dulu gak papa temen-temen bisa menambahkannya nanti.
  9. Kalau udah selesai ngisi formnya klik Register application. Kalo muncul modal box, klik Accept. Kalau berhasil maka temen-temen akan diarahkan ke halaman dimana disitu ada keterangan tentan consumer_key, consumer_secret, API key dll.
    Note : consumer key dan consumer secret itu yang nanti kita gunakan untuk autorisasi ke Twitter.
  10. Kalo udah, berarti temen-temen udah selelsai mendaftarkan aplikasi ke Twiter. Sekarang pindah ke aplikasi DABR, bagi yang belum punya bisa download disini. Untuk panduan instalasinya bisa dilihat disini.
  11. Kalo udah download DABR, silahkan temen-temen upload semua file DABR ke folder dimana temen-temen telah mempersiapkannya. Dalam kasus ini saya pake http://cahsleman.com/tuat-tuit/
  12. Setelah diupload rename file config.sample.php menjadi config.php lalu edit sedikit scriptnya dibagian ini :
    define('ENCRYPTION_KEY', ''); //=>> silahkan diisi bebas yang penting acak
    //antara nomor dan huruf dan tidak boleh lebih dari 52 karakter
    
    // OAuth consumer and secret keys. Available from http://twitter.com/oauth_clients
    define('OAUTH_CONSUMER_KEY', ''); //===> consumer key aplikasi temen-temen
    define('OAUTH_CONSUMER_SECRET', ''); // consumer secret aplikasi temen-temen
    
    // bit.ly login and API key for URL shortening
    define('BITLY_LOGIN', '');
    define('BITLY_API_KEY', '');
    
    // Optional API keys for retrieving thumbnails
    define('FLICKR_API_KEY', '');
  13. Simpan file. Setelah itu akses file aplikasi DABRnya (file tempat instalan DABR) dalam kasus ini saya pake : http://cahsleman.com/tuat-tuit/. Kalau berhasil instalasinya maka akan tampil halaman seperti dibawah ini :
  14. Jika temen-teman login menggunakan halaman itu maka ntar kalo pas update status keterangannya akan via dabr. Nha biar untuk ngecek aplikasi kita jalan ato nggak klik link "Sign in with Twitter/OAuth".
  15. Kalau berhasil maka akan muncul halama seperti ini :
  16. Klik Allow untuk lanjut. Klao berhasil maka akan diredirect ke halam tempat instalasi DABRnya.
    [hiks... ketahuan ane follower Tantri kotak. Ah yo ben...!! :D ]
  17. Sekarang coba Pasang status lewta form yang disediakan. Trus liat di Twitter teman-teman.
  18. Selesai... Hee..mudah kan.... Yang mau. Untuk pengembanga lebih lanjut, teman-teman bisa cari sendiri tuorial lainya :D.

Makasih. Mohon maaf jika ada salah.

Artikel Terkait :