SMSGatewayME : Cara Instan nan Gratisan Ubah HP Android Jadi Perangkat SMS Gateway

SMSGatewayME : Cara Instan nan Gratisan Ubah HP Android Jadi Perangkat SMS Gateway


Maaf sudah beberapa minggu ini belum bisa mengupdate ilmuwebsite.com dengan ilmu yang fresh, dikarenakan satu dan lain hal, mudah-mudahan dahaga terbalaskan dengan adanya tutorial terbaru yang akan dijelaskan pada kesempatan kali ini.

Tutorial Premium Mahir Web Development Membangun 5 (jenis) Project Website + Mahir Membuat Aplikasi Android (4 Project + Upload Playstore)

Dibuat oleh praktisi yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang web development (Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)


Mungkin sebagian dari Anda ada yang pernah berusaha keras mempelajari SMS Gateway, ada yang berhasil dan ada yang belum berhasil. Ada yang hampir berhasil namun kandas ditengah jalan karena beberapa alasan, yang mana tidak bisa saya jelaskan.

Yang belum berhasil biasanya berhubungan dengan konfigurasi awal perangkatnya, memang untuk pemula agak sedikit susah, terlebih lagi jika Anda yang tidak terbiasa dengan command line dan konfigurasi-konfigurasi yang dirasa agak njelimet bagi sebagian besar pemula pengguna gammu. Tapi jika sudah terbiasa sangat mengasyikan nantinya.

SMS Gateway perangkatnya terbilang murah untuk, saya sendiri pernah menyoba menggunakan Nokia 3315, dan siemens M300, dan Modem SMS merk Wavecom yang versinya kurang begitu hafal yang laris manis hingga saat ini.

SMS Gateway menggunakan gammu sendiri saya jadikan Tugas Akhir semasa kuliah dahulu kala, waktu itu saya membuat Bot Pencari Lowongan Pekerjaan (menggunakan PHP + CURL) via beberapa website lowongan pekerjaan, yang mana kita akan dicarikan oleh BOT tersebut mencari pekerjaan yang kita inginkan, jika ada info lowongan langsung di smskan, dan akan diemailkan, dan dalam sms terdapat pertanyaan apakah akan mengirimkan lamaran, jika di jawab dengan membalas sms IYA maka secara otomatis email akan dikirimkan oleh BOT tersebut kepada perusahaan yang sedang menyediakan lowongan pekerjaan.

SMS Gateway kala itu sempat booming-boomingnya, namun belakangan saya mengira akan punah, namun ternyata perkiraan saya salah, SMS Gateway semakin efektif untuk dijadikan authentikasi dan verifikasi akun pada layanan sebuah website. Sebut saja seperti bukalapak dan tokopedia yang selalu memberikan SMS untuk double verification. SMS Penting, terlebih lagi untuk membangun jaringan marketing.

Panjang juga intronya ya. Baiklah kita langsung saja masuk ke topik utama pembahasan kali ini.

Tutorial kali ini ditujukan untuk pemula yang mungkin ingin membangun perangkat SMS Gatewaynya sendiri yang cepat instan dan mudah, serta murah bahkan FREE, namun biaya smsnya tetap Anda yang menanggung, karena sms di kirim oleh HP milik Anda sendiri.

Adalah SMSGatewayME yang menyediakan layanan API yang free yang memudahkan mengkonversi HP Anda secara instan menjadi SMS Gateway. Mengapa instan ? Karena cukup menginstall satu aplikasi Android dan menjalankannya, sim salabim Anda sudah menjadikannya sebagai perangkat SMS Gateway. Untuk API nya, misalnya ketika ada user registrasi akun dan ingin verifikasi akun lewat SMS Anda cukup gunakan API SMSGatewayME yang mana request tersebut nanti akan dicek oleh applikasi yang terinstall di HP Android Anda jika ada request untuk kirim sms maka HP Android Anda akan mengirimkannya.

Dari pada mumet lebih baik kita langsung praktik saja ya.

Pertama-tama silahkan Anda install SMSGateway API di android Anda.

Lalu Silahkan Anda buat akun

Setelah Anda buat Akunnya silahkan jalankan SMS Gateway Me, informasi yang paling penting adalah Email, Password, yang Anda sudah buat Akunnya dan Device ID seperti yang ada pada gambar dibawah ini ...

sms gateway

Biarkan aplikasinya tetap nyala seperti itu, untuk setting tambahan di bagian Sync Frequency bisa Anda lakukan lebih cepat misal setiap 1 menit sekali, Seperti pada gambar di bawah ini,

sms gateway

sms gateway

saya rasa cukup untuk disisi Androidnya Kemudian kita masuk ke bagian si pengirim nya, maksud si pengirimnya ini adalah script PHP yang nantinya bisa mengirimkan request untuk mengirim SMS lewat API yang disediakan oleh SMSGateWayMe

Namun sebelumnya Anda download terlebih dahulu API nya di sini https://smsgateway.me/sms-api-libraries/sms-gateway-me-php.zip Setelah itu ekstrak dan kita akan coba lakukan testing menggunakan script php sederhana seperti ini

<?php

	sending_sms(083811575876, "Testing testing ...");

    function sending_sms($number,$message){
    	require_once 'smsGateway.php';	

    	$smsGateway = new SmsGateway('email@email.email', 'password');
		$deviceID = 41828;
		
		$options = [
				'send_at' => strtotime('+1 minutes'), 
				'expires_at' => strtotime('+1 hour') 
			];

		//Please note options is no required and can be left out
		$result = $smsGateway->sendMessageToNumber($number, $message, $deviceID, $options);    	

    }	
	
?>

Anda bisa pasang saja di website Anda, untuk email password dan device id silahkan disesuaikan ...

Anda bisa mencobanya langsung, sehingga nantinya jika Anda masuk ke dalam smsgatewayme.php https://smsgateway.me/admin/messages/index akan muncul daftar sms yang akan dikirimkan, dan juga langsung muncul smsnya sesuai dengan time schedulenya

sms gateway

Untuk testing Anda bisa mencoba membuat akun baru pada elearning dari ilmuwebsite yang akan dilaunching dalam waktu dekat ini https://www.ilmuwebsite.com/perpus

Selamat bereksperimen, semoga bermanfaat
Loka Dwiartara
Ilmuwebsite.com

Artikel Terkait :