Rekomendasi 5 CMS Flat File Tanpa Database Lebih Cepat Ringan Stabil Alternatif Wordpress

Rekomendasi 5 CMS Flat File Tanpa Database Lebih Cepat Ringan Stabil Alternatif Wordpress


Apabila Anda terus mengikuti dunia Internet tidak hanya dari segi konten tapi juga infrastruktur dibelakangnya baik software maupun hardwarenya, apa yang disajikan didepannya maupun teknologi yang bekerja dibaliknya sangat pesat perkembangannya, hal ini seiring sejalan mengikuti pertumbuhan pengguna Internet yang meningkat tajam dalam beberapa kurun terakhir. Dan seharusnya setiap website yang dipastikan tingkat kunjungannya tinggi memiliki teknologi yang handal untuk menampung visitor yang semakin banyak dan membludak.

Tutorial Premium Mahir Web Development Membangun 5 (jenis) Project Website + Mahir Membuat Aplikasi Android (4 Project + Upload Playstore)

Dibuat oleh praktisi yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang web development (Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)


Jadi teknologi yang kini terus berkembang tidak hanya membuat penyajian konten yang semakin canggih, tapi juga semakin efisien dalam memanfaatkan resource yang ada. Jika Anda seorang praktisi pasti tahu betul apa yang saya bicarakan.

Dalam pembuatan website Anda yang terbiasa menggunakan CMS sistem database semacam Wordpress, Joomla, dll pasti tahu betul kelebihan dan kekurangan CMS yang dimaksud. Banyak kelebihan, dan ada sedikit kekurangan salah satunya yakni ini perihal kecepatan akses. Bagi pengguna Wordpress tidak masalah jika pengunjungnya tidak seberapa, namun jika membludak, kekurangan dari wordpress ini berdampak sangat fatal sekali, yakni kemampuannya dalam menangani banyak visitor, ini terjadi karena wordpress masih menggunakan sistem database. Tidak masalah sih jika memiliki tim yang betulan mengerti didukung resource infrastruktur yang tidak terbatas dalam menangani visitor yang membludak. Namun apa jadi jika kedua hal tersebut serba terbatas.

Dari situlah artikel itu bermula ... Para pengembang menemukan solusi yakni flat file cms. Karena database memakan ruang, database memakan resource server, resource server yang terpakai membuat kinerja server menjadi lambat sehingga flat file cms adalah solusi yang tepat. File flat CMS adalah content management system layaknya wordpress dan kawan-kawannya namun tidak lagi menggunakan database yang memakan banyak ruang, tapi menggunakan file-file secara terpisah. Kalaupun menggunakan database biasanya hanya menggunakan satu file database, umumnya menggunakan SQL.

Apa saja CMS yang direkomendasikan untuk bisa Anda gunakan ? Dalam hal ini memiliki kriteria tidak hanya flat semata tapi unggul dikecepatan dan tentunya ringan, dalam artian ukuran cms nya relatif ramping. Berikut adalah 5 daftar cms yang bisa Anda manfaatkan.

1. GetSimple

Saya tidak menempatkan grav di posisi pertama, karena yang ditonjolkan dalam daftar ini adalah CMS Flat File yang ringan dan fokusnya pada kecepatan. Get simple memiliki kedudukan di posisi 1 karena layak. Memiliki kriteria CMS yang ringan, dan cepat. Meski secara tampilan backend belum menggunakan teknologi html 5 responsive yang mempermudah pengguna mobile tapi paling tidak getsimple memang flatcms yang bisa diandalkan dalam menangani pembuatan web dinamis tanpa menggunakan database.

GetSimple memiliki beberapa themes bawaan dan juga plugin bawaan yang semakin ramai. Jika Anda terbiasa menggunakan wordpress maka tidak terlalu ribet untuk migrasi ke getsimple, karena CMS yang satu ini juga menyediakan plugin yang mempermudah import data dari wordpress ke dalam getsimple. Mantap bukan? Kunjungi https://get-simple.info/ untuk lebih lengkapnya

 

2. BatFlat

Saya tidak mengerti mengapa pengembangnya mengambil tema batman untuk flat cms nya. Flat CMS maupun Flat dari interfacenya. Sama seperti cms flat lainnya, batflat mengklaim engine miliknya itu ringan cepat dan mudah. Batflat memiliki admin panel, sebagaimana bolt cms, namun lebih banyak fitur bawaan yang tertanam. Mengedepankan teknologi terbaru dari segi templatenya. Sederhana dari segi tampilan namun bisa diandalkan, karena memiliki fitur yang hampir menyerupai wordpress.

Ada fasilitas untuk membuat pages dan post layaknya wordpress, ada fasilitas navigation seperti membuat menu yang ada dalam admin wordpress. Fitur bawaannya ada gallery, user management, dan banyak lagi. Intinya so far so good, lumayanlah. Tapi dari sisi kecepatan, agak sedikit dibawah getsimple. Anda bisa mencobanya langsung disini http://batflat.blutu.pl/. Atau bisa mendownloadnya di https://batflat.org/

 

3. Pico

Sejalan dengan getsimple, cms yang satu ini pun fokus ke dalam kecepatan, tapi berbanding terbalik perihal fitur yang disediakan. Pengembangnya sengaja tidak menyediakan fasilitas admin panelnya. Sehingga baik pembuatan maupun perubahan konten website langsung kepada filenya. Lantas apa bedanya dengan HTML statik biasa, jelas beda karena fokusnya disini selain kecepatan adalah templating. Interface, tampilan.

Pico memiliki komunitas yang cukup aktif, menghasilkan berbagai template yang bisa Anda gunakan secara gratisan, dan juga memiliki plugin yang Anda butuhkan sesuai keperluan. Meski tidak memiliki admin panel atau sisi administrationnya pico menyediakan beberapa plugin yang sangat berguna seperti User Management, fasilitas tags post, pagination, analytics dan banyak lagi. Jika Anda ingin mencoba bisa langsung ke http://picocms.org

 

4. Bolt

Bolt termasuk pemain lama di dunia CMS Flat, sejak 2 OKtober 2012, memiliki komunitas yang cukup ramai di Github tracker, dan terus update secara berkala dari enginenya itu sendiri. Bolt memiliki teknologi dari segi interfacenya, sudah menggunakan sistem responsive dan fokus kepada user friendly, sesuai tagnya, Bolt memudahkan editors dan juga developer. Secara default bolt memiliki fitur user management, memiliki fasilitas upload image dan media lainnya. Ketika Anda ingin membuat custom template bolt menyediakan default engine untuk templatenya yakni menggunakan Twig, sendiri sudah bermain lama sekali di engine templating, mudah digunakan dan menghasilkan kode yang clean. Bolt memiliki extension yang bisa Anda andalkan seperti kemudahan membuat custom form, oh ya ada fitur multi language juga secara default.

Bolt mengklaim sebagai cms yang fast dan hanya menggunakan sedikit sekali resource server. Saya sudah mencobanya bolt jauh lebih berat dari getsimple, tapi jika Anda menyukai layak untuk diandalkan karena seperti yang pengembangnya klaim, hanya menggunakan sedikit resource server, meski agak sedikit tambah sedikit lambat dari getsimple, maksudnya tidak bisa dibilang cepat, tapi jika dibandingkan dengan cms bersistem database ya tentu lebih cepat bolt. Untuk lebih jelasnya dan mencoba langsung silahkan kunjungi http://bolt.cm

 

5. Grav

Dibanyak website yang mereview flat CMS, Grav berada di urutan nomor satu, tapi disini saya letakkan di paling bawah. Kita tidak membicarakan tampilan ya, karena Grav dibuat oleh rocketthemes. Rocketthemes sendiri fokus di pembuatan tampilan jadi sudah sewajarnya Grav dibuat seindah mungkin dari segi tampilan. Secara fitur mirip dengan batflat, cuma yang disayangkan adalah lambatnya jadi seperti CMS sistem database.

Silahkan berpikir ulang berkali-kali jika ingin menggunakan Grav. Tapi diyakini banyak developer bahwa kedepannya grav akan jadi CMS flat file favorit banyak orang karena selalu terdepan dalam menggunakan teknologi terbaru seperti templating dengan twig dan kemudahan lainnya yang diperuntukan oleh user maupun developer. Tapi saya liat di berbagai forum Grav cukup membuat orang kecewa juga. Hehe... Coba langsung ? disini aja https://getgrav.org/

Cukup sekian pembahasan mengenaiĀ Rekomendasi 5 CMS Flat File Tanpa Database Lebih Cepat Ringan Alternatif Wordpress. Semoga bermanfaat

Artikel Terkait :