PHP dan Class Part2

PHP dan Class Part2


Yah, ketemu lagi dengan saya.. :) kalau dulu saya telah membahas tentang class, maka kali ini saya akan membahas tentang pewarisan. Pewarisan atau dalam OOP biasa disebut dengan Inheritance berfungsi untuk menggunakan kembali method dari suatu kelas yang sebelumnya telah dibuat. Contohnya begini, pada class A, anda

gunakan method hallo. Lalu pada class B, bila anda ingin memanggil method hallo tersebut, anda cukup memanggilnya dari class A, tanpa harus membuat ulang kembali method hallo tersebut. Pada OOP, Inheritance ada 2 jenis. Yakni Single inheritance dan multiple Inheritance.

Ayo Cegah Penularan Virus Corona dan Jaga Imunitas Tubuh, Dengan Mengkonsumsi Madu dan Herbal dari Raudhoh (100% Keuntungan Akan Didonasikan!)

100% Keuntungan akan didonasikan ke masyarakat yang terkena dampak Covid19, anak yatim dan dhuafa di daerah Bogor dan sekitarnya. Silahkan transaksi langsung lewat lapak kami di raudhoh.com atau melalui marketplace , tokopedia.com/raudhohofficial dan bukalapak.com/u/raudhohofficial


Maksud dari single inheritance adalah class anak mendapat turunan langsung dari class induknya. Sedangkan multiple inheritance, class anak mendapat turunan dari class ibu dan ayahnya. hehe...:) (bingung gimana bahasanya....pokoknya lebih dari satu class deh..).

Contoh pewarisan dalam PHP:

? class induk {
? var $induk = "induk";
? function induk () { // ini merupakan konstruktor
? $this->induk;
? }
? }
? class anak extends induk{
? function anak () {
? print $this->induk;
? }
? }
? $anak = new anak ();
?>

Hasilnya : induk.

Penjelasan :
Pada class induk, divariabelkan kata "induk". Lalu kata induk tersebut diwariskan pada class anak. Sehingga pada saat kita mencetak class anak, dapat dipanggil variabel induk tadi dari class induk.Sekian dulu penjelasan dari saya. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan menghubungi saya di :

Email 1 : ivan@ilmuwebsite.com
Email 2 : ivan_wen_piao@yahoo.co.id
Web : http://ivan.ilmuwebsite.com

Artikel Terkait :