Open-School : Alternatif School Management System Yang Free dan Kaya Fitur

Open-School : Alternatif School Management System Yang Free dan Kaya Fitur


Sebuah sekolah pastinya membutuhkan suatu sistem tersendiri, sistem yang dapat memudahkan antara interaksi siswa, orang tua, guru, dan sekolah itu sendiri. Kebutuhan-kebutuhan dari sekolah mulai dari penyediaan kalender pendidikan hingga jadwal pelajaran, aplikasi pembuatan soal yang terintegrasi secara online sehingga siswa bisa mengerjakan secara online, pemberian PR secara online, forum belajar online, penyediaan artikel-artikel yang menarik siswa untuk terus belajar, penyediaan buku yang bisa di unduh secara bebas, hingga hal-hal yang berhubungan dengan administrasi siswa. Sebetulnya ada beberapa aplikasi buatan lokal yang sudah memenuhi itu semua, bahkan hingga merambah ke bagian managemen, sampai-sampai saya sendiri berdecak kagum karena aplikasi seperti ini benar-benar memanjakan sistem managemen sekolah, orang tua, guru dan siswanya, sebagai contohnya : untuk orang tua yang ingin melihat laporan hasil belajar anaknya pun tidak perlu repot-repot untuk datang ke sekolah, cukup akses via secara online saja. Benar-benar sistem yang memudahkan dan benar-benar lengkap, yang hebatnya lagi ada aplikasi seperti ini dimana pihak dinas pendidikan bisa mengetahui seberapa baik peringkat sekolah di satu kota, ck ck ck ... namun kekurangannya adalah aplikasi ini terbilang cukup mahal, wajar karena fiturnya pun benar-benar seperti menggantikan sistem managemen yang ada hingga menjadi memudahkan sekali.


Sesuatu yang komersil pasti selalu akan ada versi open sourcenya dimana anda bisa mengunduhnya secara bebas, free, dan pemakaian tanpa batas. Open School : Open Source School Management System merupakan suatu CMS open source berbasis web yang mengkhususkan dirinya sebagai School Management System yang dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan seperti saya sebutkan tadi, aplikasi ini gratis namun fiturnya tidak kalah dengan aplikasi managemen sekolah yang berbayar. Untuk mengetahui fiturnya anda bisa langsung kunjungi web officialnya, http://www.open-school.org/.

Meskipun masih alpha, tapi anda sudah bisa langsung mencicipinya. Silahkan masuk ke dalam halaman : http://www.open-school.org/download.html untuk mencobanya.

Artikel Terkait :