Menggunakan Echo atau Print

Menggunakan Echo atau Print


Halo, selamat datang kembali di artikel belajar php ilmuwebsite.com yang kesekian kalinya. Dengan Al-k di sini, saya akan coba bahas dua buah fungsi yang sering kita gunakan, yakni echo dan print, kadang kita dibuat pusing antara dua pilihan tersebut, menggunakan echo atau print ketika ingin menampilkan isi dari suatu variable, atau hanya sekedar menampilkan text biasa sebagai alert dari suatu proses yang telah dikerjakan. Echo atau Print? Echo atau Print? Echo atau Print? begitu seterusnya... Sedikit bingung memang. Selain echo dan print php juga menyediakan banyak alternatif untuk syntax yang lain, beda fungsi namun tugasnya masih sama, tambah pusing, tambah bingung.

Penulis sendiri cukup bingung memilih salah satu dari keduanya, echo atau print? echo atau print? namun setelah mempelajari berbagai CMS yang ada seperti joomla, drupal, wordpress, ternyata mereka para web developer cenderung menggunakan echo ketimbang print, lantas apa alasannya???

Tutorial : "Jurus Terlarang Website Bot Development, Cara Otomatisasi Semua Pekerjaan Online Tanpa Operator"
Studi kasus membuat 5 jenis Web Bot. 1. Bot kirim pesan masal dan autoposting di Instagram, 2. bot pencari pasukan reseller di Tokopedia, 3. pencari buyer di Bukalapak, 4. Mengumpulkan No HP di OLX, 5. Bot Kirim Pesan Masal Whatsapp . Penjualan terbatas, ditutup jika sudah mencapai kuota. Lengkapnya kunjungi store.ilmuwebsite.com)


Mari kita dalami. Seorang developer bahasa php pernah melakukan pengetesan, dan hasilnya adalah echo itu 15% lebih cepat prosesnya ketimbang fungsi print (dalam milisecond). Dan sudah menjadi rahasia umum jika print itu merupakan fungsi yang mengembalikan nilai didalamnya (returning value). Dan ada alasan lain mengapa para developer kebanyakan lebih menyukai menggunakan echo ketimbang print, alasan lain adalah, efisiensi waktu, karena echo itu cuma membutuhkan 4 huruf yang harus diketik, sedangkan print itu memiliki 5 huruf untuk diketik. Tapi memang ini kenyataannya. Seorang programmer malas menulis huruf 't'. Dan ini sudah menjadi naluri alami seorang manusia, memilih yang lebih singkat. Toh hasilnya sama saja.

Oke, untuk efisiensi selanjutnya adalah penggunaan :
echo "$variable1 dan" . "$variable2? yang akan ditampilkan" . "diletakkan disini";

ternyata memakan banyak resource, karena tanda titik? memiliki fungsi untuk mengadd/menambahkan isi suatu variable, bukan menyambung atau meneruskan. Beda antara menambahkan dengan meneruskan adalah seperti ini :

Menambahkan itu memiliki arti, membuka variable baru kemudian menambahkan isi kedalam variable tersebut, lalu menutup variable tersebut.
Sedangkan menyambung atau meneruskan memiliki arti, variable-nya itu sudah dibuka? tinggal meneruskan isi variablenya.
Menambahkan terdiri dari tiga proses, sedangkan menyambung atau meneruskaan cuma melakukan satu proses.

penggunaan echo yang baik adalah sebagai berikut :
echo $variable , "dan" , $variable2, "yang akan ditampilkan" , "diletakkan disini" ;

saya memisahkan setiap kata disini hanya sebagai simulasi dari kasus sesungguhnya. Echo yang baik itu bukan menggunakan tanda titik untuk menyambung setiap variable, atau menampilkan text, tapi menggunakan tanda koma. Sehingga proses lebih cepat, dan resource yang dibutuhkan semakin sedikit.

Selamat menggunakan echo. :)

Artikel Terkait :