Mau Bikin Aplikasi Desktop Multi Platform 'Hanya' Dengan HTML CSS Javascript? Pakai Framework JS Ini aja!

Mau Bikin Aplikasi Desktop Multi Platform 'Hanya' Dengan HTML CSS Javascript? Pakai Framework JS Ini aja!


Halo, ada beberapa alasan kenapa akhirnya seorang developer hingga lembaga IT Corporate lebih memilih membuat aplikasi desktop ketimbang mengikuti lumrahnya perkembangan dunia perwebdevelop-an, yang betul-betul memanfaatkan secara maksimal web application, maupun di mobile application, dalam menunjang kegiatan bisnisnya.


Beberapa pertimbangannya diantaranya seperti bandwith yang belum terlalu cepat, terkadang sudah cepat namun tidak merata ke seluruh wilayah. Apalagi daerah pelosok di Indonesia saat ini masih saja ada yang belum bisa merasakan internet cepat dengan nyaman, lain halnya di perkotaan. Selain hal itu, pertimbangan lainnya seperti dalam aplikasi desktop bisa dibuat tempat penyimpanan sementara, yang tentunya penyimpanan local lebih bisa diandalkan. Pertimbangan lainnya adalah buyer lebih lega membeli software yang jadi hak milik, tidak sekedar sewa.

Mungkin tidak bisa dibayangkan ke-lega-pembelian software yang jadi milik sendiri. Sama seperti ketika Anda menyewa mobil dan harus di kembalikan, sedangkan jika membeli, mobil jadi milik sendiri. Inilah rasanya punya mobil yang dibeli seharga sewa mobil, hehehe...

Sebetulnya untuk penyimpanan data, pada aplikasi desktop pun bisa dibuat secara cloud, namun bisa diberikan opsi lainnya, seperti fitur untuk backup ke penyimpanan sementara di local storage. Sehingga nantinya jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti gagal jaringan dan lain sebagainya, database lokal inilah yang berperat. Yang mana hal tersebut jelas tidak terdapat pada aplikasi web native, semuanya di cloud server.

Lalu ada pertanyaan mengapa tidak menggunakan aplikasi mobile, mengapa aplikasi desktop? Tentunya keluwesan, kenyamanan, efisiensi juga kecepatan, tidak bisa didapatkan di mobile apps. Sebagai contohnya Anda yang terbiasa menggunakan microsoft word di desktop tentunya lebih nyaman dan lebih cepat bekerja di desktop, ketimbang mobile apps.

Namun bagi seorang pemula, tentunya membuat aplikasi desktop memakan waktu lagi dalam mempelajarinya. Tapi tidak dengan cara yang satu ini. Dengan framework electronJS cukup menggunakan  kemampuan HTML CSS Javascript Anda sudah bisa membuat aplikasi Desktop super canggih, dengan berbagai fitur modern. 

Selain dari beberrapa yang sudah jelaskan di awal, tentunya terdapat pertanyaan, mengapa menggunakan ElectronJS? Mari simak detilnya.

Mengapa Menggunakan ElectronJS?

Dalam sebuah artikel yang dibahas oleh dzone, ditulis oleh Sai S Chandra, seorang praktisi Alibaba Cloud Tech. Paling tidak ada beberapa poin yang menonjol dari electronjs, diantaranya :

1. ElectronJS merupakan cross platform programming, aplikasi yang dihasilkan bisa berjalan dengan lancar di Windows, MacOS, Linux.

2. Aplikasi ElectronJS dibangun menggunakan teknologi Website, tidak membutuhkan skill yang spesifik dalam membuat aplikasi desktop. Anda cukup menggunakan skill web development untuk membangun aplikasi desktop.

3. Fitur yang ditawarkan ElectronJS menjadikannya bisa di andalkan dalam membuat aplikasi desktop. Diantaranya seperti : Security, ketika Anda membuat aplikasi desktop menggunakan electronjs bukan berarti memindahkan data online ke dalam bentuk offline, yang disimpan di dalam tempat penyimpanan data lokal. Dengan electronjs Anda bisa menyimpan data secara cloud.

Low-Level Accessibility, electronjs memiliki kemampuan untuk dapat mengakses hardware dan komponen operations system.

Hardware Accessibility, electronjs memiliki plugin javascript yang bisa mengakses komponen hardware.

Performance, bila dibandingkan dengan aplikasi desktop yang native, electronjs bisa diadu, bisa disimpulkan Lebih efektif.

Banyak lagi kehebatan electronjs seperti Reusability (bisa digunakan kembali projectnya), dan tentunya Hemat waktu dan biaya. Untuk UI/UX Anda bisa menggunakan framework apapun yang Anda suka, sebagai contohnya ada product digital vendor di Indonesia yang menggunakan electronjs, di padu dengan bootstrap untuk frontend UI/UXnya.

Mulainya Dari Mana?

Setelah tergiur dengan segala kecanggihan ElectronJS, kembali ada pertanyaan. Mulainya dari mana? Paling tidak untuk memulai Anda bisa langsung masuk ke website official milik electronJS https://electronjs.org/. Anda bisa mencicipinya, sambil melihat video tutorial panduannya yang sudah tersebar secara gratis di youtube, dan yang mantapnya lagi meski gratis tapi penyajiannya sudah terstruktur dan implementatif.

Silahkan kunjungi playlist https://www.youtube.com/playlist?list=PLC3y8-rFHvwiCJD3WrAFUrIMkGVDE0uqW membahas dari awal bagaimana berkoding ria dengan electronjs, sudah cukup lengkap dan yang penting sudah sangat jelas panduannya.

Bagaimana? Selamat bereksplorasi. Selamat mencoba.

Loka Dwiartara
Co-founder Ilmuwebsite.com

 

Artikel Terkait :