Lebih Mudah Implementasi CURL, Konvert Syntaxnya Ke Bahasa Pemrogaman Favorit Anda

Lebih Mudah Implementasi CURL, Konvert Syntaxnya Ke Bahasa Pemrogaman Favorit Anda


Anda yang terbiasa menggunakan CURL command line tentunya paham betul alur penggunaan dan cara kerjanya. Bagi Anda yang belum paham mengenai CURL penulis akan coba jelaskan sedikit saja. 

CURL biasanya digunakan untuk melakukan HTTP Request, sama seperti ketika seorang user mengakses website menggunakan browser, kurang lebih begitulah CURL bekerja. CURL mampu melakukan request sebagaimana request user mengakses website. Dimulai dari sekedar mengakses halaman website biasa, melakukan login, authentication tentunya, hingga mengisi form dan mensubmitnya. Layaknya user berhadapan dengan browser saja. 

Jurus Terlarang : Web Bot Development, Semua Pekerjaan Online Jadi Serba Otomatis. Cocok untuk pemula!

Cocok untuk Anda yang ingin mempelajari dahsyatnya web bot development yang bisa membuat semua jenis pekerjaan online jadi serba otomatis. Studi kasus membuat 5 jenis Bot. Bot kirim pesan masal dan autoposting di Instagram, bot pencari pasukan reseller di Tokopedia, pencari buyer di Bukalapak, Handphone number grabber di OLX, Whatsapp Auto Message Sender (Tanpa Kontak di Buku Telpon). Gunakan kupon BOT50 untuk mendapatkan potongan 50%. Lebih lengkap silahkan kunjungi di sini)


Apa bedanya dengan file_get_contents di PHP? CURL Jelas sangat berbeda, lebih kaya fitur. 

Nah CURL ini biasanya dimanfaat kan untuk kebutuhan otomatisasi. Baik untuk pembuatan bot otomatisasi, maupun untuk grab/parsing konten untuk mengumpulkan data-data. 

Konversi CURL Syntax Jadi Bahasa Pemrogaman Pilihan

CURL tersedia dalam library PHP, sehingga programer yang biasa menggunakan php bisa dengan mudah memanfaatkan CURL untuk diterapkan dalam PHP. Namun ada library yang disediakan yang menjadikan implementasi CURL jadi lebih mudah. Tidak hanya tersedia untuk PHP namun juga untuk berbagai bahasa pemrogaman lainnya seperti Python, NodeJS, R dan Go Language. 

Sebagai contohnya curl yang digunakan untuk mengambil isi kode html dari suatu website misalnya

curl https://www.ilmuwebsite.com

apabila menggunakan CURL library bawaan PHP kodenya seperti

<?php
$ch = curl_init();
curl_setopt($ch, CURLOPT_URL, "https://www.ilmuwebsite.com");
curl_setopt($ch, CURLOPT_RETURNTRANSFER, 1);
$result = curl_exec($ch);
if (curl_errno($ch)) {
    echo 'Error:' . curl_error($ch);
}
curl_close ($ch);

namun apabila menggunakan library request curl buatan rmccue menjadi lebih sederhana 

<?php
include('vendor/rmccue/requests/library/Requests.php');
Requests::register_autoloader();
$headers = array();
$response = Requests::get('https://www.ilmuwebsite.com', $headers);

Konversi Syntax CURL ke Bahasa Pemrogaman Lain

Library Request CURL ini pun hadir untuk python dan lain sebagainya, untuk bisa mengkonversi syntax CURL kedalam bahasa pemrogaman yang biasa Anda gunakan silahkan kunjungi https://curl.trillworks.com

Masukkan syntax curl command nya dan pilih bahasa pemrogamannya, Anda bisa langsung mendapatkan hasilnya yang bisa diimplementasikan langsung dalam bahasa pemrogaman yang biasa Anda gunakan.

Selamat bereksperimen.

Selamat mencoba.

 

Artikel Terkait :