Inilah Pentingnya HTTPS Sertifikat SSL untuk SEO

Inilah Pentingnya HTTPS Sertifikat SSL untuk SEO


Search Engine Optimization (SEO) dipengaruhi oleh beberapa faktor pendukung. Salah satunya adalah sertifikat keamanan SSL (HTTPS). Lantas, apa pentingnya HTTPS untuk SEO? 

 

Otomatisasi Pembuatan dan Upload Konten Blog, Sudah digunakan lebih dari 110 Blogger Expert!

Cocok untuk Anda yang tidak ingin direpotkan oleh pekerjaan harian seperti membuat konten dan posting harian, biarkan autoblog yang bekerja untuk Anda, semua serba otomatis. Cocok untuk SEO. Tak ada yang se-MUDAH, se-FLEKSIBEL & se-POWERFULL IW-AutoBlog dalam mengotomatisasi pembuatan konten Blog. Lebih lengkap silahkan kunjungi di sini)


Hal inilah yang akan dibahas pada kesempatan kali ini. Website bisa dikatakan baik bukan hanya karena kecepatan aksesnya yang tinggi. Keamanan juga menjadi perhatian Google, terlebih belakangan ini banyak terjadi kebocoran data yang membuat khawatir para netizen.

 

Apa Itu HTTPS?

Sebelum masuk ke pembahasan tentang pentingnya HTTPS untuk SEO, sebaiknya kamu perlu memahami dulu pengertian dan cara kerja SSL Indonesia.

HTTPS merupakan kependekan atau singkatan untuk istilah HyperText Transfer Protocol Secure. Ini merupakan generasi penerus dari HTTP yang sebelumnya sudah ada. Kata “secure” pada HTTPS menggambarkan bahwa memang lebih aman kalau dibandingkan dengan HTTP.

Cara kerja HTTPS adalah mengenkripsi seluruh data yang dikirimkan dari client (browser) ke server dan sebaliknya. Hal ini dilakukan untuk menghindari pencurian data yang biasa dilakukan pada saat data dalam “perjalanan”.

Karena sangat penting, Google sendiri merekomendasikan seluruh situs di internet untuk menggunakan HTTPS. Situs yang tidak menerapkannya akan diberi label “Tidak Aman” dan pengguna disarankan untuk tidak mengunjungi website tersebut.

 

Cara Kerja SSL certificate

Cara kerja HTTPS sudah sempat disinggung sebelumnya, tapi itu hanya gambaran singkat. Sebenarnya, mekanisme kerja HTTPS terbagi ke dalam 3 tahap.

 

1. Enkripsi

Pada tahap ini, data-data yang dikirimkan oleh pengguna ke server atau dari server ke pengguna dienkripsi. Jadi, data akan berbentuk kode-kode tertentu selama masih dalam perjalanan. Ini mencegah pencurian data oleh para hacker.

 

2. Menjaga Integritas Data

Tidak hanya mengenkripsi, data yang berada di dalam “perjalanan” juga dijaga dengan sangat ketat. Ini bertujuan untuk mempertahankan keasliannya. Pasalnya, upaya perusakan dan perubahan data bisa saja dilakukan hacker atau pihak lain yang tidak bertanggung jawab.

 

3. Autentikasi

Sebelum mengirimkan informasi atau data yang diminta pengguna, server melakukan autentikasi terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mencegah data diterima oleh pihak yang tidak berhak.

 

Pentingnya HTTPS untuk SEO

Selain pemilihan provider hosting murah, ternyata penggunaan HTTPS sangat berpengaruh terhadap SEO. Namun bukan berarti situs kamu akan langsung nangkring di halaman pertama hasil pencarian Google (SERP) karenanya. Pasalnya, sudah 80,6% website di seluruh dunia yang mengimplementasikan HTTPS.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa menerapkan HTTPS sangat penting untuk SEO.

 

1. Loading Time Lebih Cepat

Semakin singkat atau semakin cepat loading time sebuah website akan membawa pengaruh yang baik. Pasalnya, tidak semua pengguna internet rela website loading dalam waktu lama.

Bahkan riset yang dilakukan Incapsula membuktikan bahwa hanya ada 55% orang yang mau menunggu loading website selama 5 detik.

Penerapan HTTPS pada sebuah website ternyata dapat mempercepat waktu loadingnya. Hal ini akan lebih efektif jika dilakukan berbarengan dengan usaha lainnya seperti:

Memperkecil ukuran file Mengoptimalkan ukuran gambar Mengurangi pengalihan atau redirecting Dan masih banyak lagi

 

2. Meningkatkan Dwell Time

Dwell time merupakan waktu yang dipakai oleh pengguna mulai dari halaman hasil pencarian, masuk ke website, dan kembali lagi ke halaman hasil pencarian.

 

Ini merupakan tolok ukur untuk mengetahui relevansi dan tingkat keakuratan isi/konten sebuah website terhadap kueri yang dimasukkan oleh pengguna. Semakin tinggi dwell time, akan semakin bagus untuk SEO.

 

Konten yang relevan saja belum cukup untuk mendapatkan dwell time yang tinggi. Biasanya, notifikasi atau peringatan “Situs Tidak Aman” membuat pengguna langsung kembali ke halaman hasil pencarian. Itulah salah satu pentingnya HTTPS untuk SEO.

 

3. Memberikan Kepercayaan kepada Pengguna

Apakah selama ini kamu menyadari bahwa website yang sudah menerapkan HTTPS diberi tanda khusus oleh browser? Salah satunya adalah browser Google Chrome yang memberi tanda gembok terkunci di sisi kiri address bar.

 

Kalau ikon gembok tersebut di klik akan muncul keterangan “connection is secure”. Dengan begitu, kepercayaan pengguna atau pengunjung website pun terbangun.

 

Sebaliknya, situs yang masih menggunakan HTTP lama akan dilabeli tidak aman oleh browser. Biasanya akan muncul peringatan seperti “your connection is not private” atau ada tanda “not secure” di bagian address bar.

 

Karena ada peringatan ini, tingkat kepercayaan pengguna terhadap sebuah situs akan menurun drastis. Hal ini tentu berdampak buruk untuk SEO.

 

4. Menghasilkan Pelaporan SEO yang Lebih Akurat

Menganalisis laporan atau data kunjungan website pada setiap kurun waktu tertentu sangat penting untuk dilakukan. Tujuannya adalah mengevaluasi langkah dan strategi SEO yang sudah diterapkan selama ini.

 

Ini akan membantu kamu menentukan langkah apa yang harus dilakukan berikutnya untuk meningkatkan peringkat di SERP.

 

Dengan menerapkan HTTPS, kamu tidak akan melihat laporan traffic yang berasal dari sumber “langsung”. Dengan begitu, data yang ditampilkan hanyalah traffic terbaik yang datang ke website. Hasilnya, laporan analytics SEO jauh lebih akurat.

 

Google lebih menyukai website yang aman dan relevan dengan pencarian pengguna. HTTPS membantu website untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi di laman hasil pencarian. Itulah pentingnya HTTPS untuk SEO.

 

Artikel Terkait :