Ingin Membuat Web Kursus atau Pembelajaran Online Yang Tersistem? Ini 5 LMS Terbaik Yang Bisa Anda Pilih

Ingin Membuat Web Kursus atau Pembelajaran Online Yang Tersistem? Ini 5 LMS Terbaik Yang Bisa Anda Pilih


Tak bisa dipungkiri hadirnya pandemi menjadikan kegiatan belajar online semakin ramai dijalankan dan disadari atau tidak hal ini menjadi suatu kebutuhan yang harus dilakukan. Ramai-ramai vendor bermunculan membuka beraneka macam kelas online. Belajar memasak, marketing online, pemrogaman, kelas musik, sejarah dan lain seabagainya dalam bentuk kelas online kini semakin menjamur. Mulai dari pelajar, mahasiswa hingga masyarakat umum kini jadi terbiasa menggunakan aplikasi video meeting atau video conference seperti google meet, zoom, dan lain sebagainya demi mengikuti proses kelas pembelajaran online secara real time.

Namun proses seperti ini tidak efektif bagi sebagian kalangan yang terbatas waktunya, karena tidak bisa terus-menerus meluangkan waktu untuk hadir secara live mengikuti kegiatan secara daring karena kesibukan rutinitas. Dibutuhkan suatu solusi jawaban atas permasalahan seperti ini. Sebuah sistem yang bisa menyuguhkan pembelajaran online yang tersistem, tersistem disini mulai dari penyajian materi yang berkurikulum, mampu mewadahi interaksi antara peserta pembelajaran online dengan tutor/mentor/instruktur/guru atau apapun sebutannya, ujian, penilaian dan evaluasi, hingga proses administrasinya. Betul-betul harus bisa melayani kebutuhan setiap individu yang ingin melakukan pembelajaran secara online.

Tutorial : "Jurus Terlarang Website Bot Development, Cara Otomatisasi Semua Pekerjaan Online Tanpa Operator"
Studi kasus membuat 5 jenis Web Bot. 1. Bot kirim pesan masal dan autoposting di Instagram, 2. bot pencari pasukan reseller di Tokopedia, 3. pencari buyer di Bukalapak, 4. Mengumpulkan No HP di OLX, 5. Bot Kirim Pesan Masal Whatsapp . Penjualan terbatas, ditutup jika sudah mencapai kuota. Lengkapnya kunjungi store.ilmuwebsite.com)


Lalu bagaimana solusinya? Jawabannya adalah LMS atau Learning Management System. Semua permasalahan yang diatas disebutkan dijawab dalam sebuah sistem yang tertuang dalam LMS.

Singkatnya Learning management system (LMS) merupakan perangkat lunak yang dirancang untuk membuat, mendistribusikan, dan mengatur penyampaian konten pembelajaran.Sistem ini bisa membantu para guru untuk merencanakan dan membuat silabus, mengelola bahan pembelajaran, mengelola aktivitas belajar para siswa, mengelola nilai, merekapitulasi absensi para siswa, menampilkan transkrip nilai, dan mengelola tampilan e-learning. Karena berbasis aplikasi digital, selain memudahkan para guru dalam merencanakan proses belajar online, LMS juga memudahkan siswa untuk mengakses konten pembelajaran dari mana saja dan kapan saja. (dikutip dari pahamify.com)

Banyak LMS yang tersedia guna memenuhi kebutuhan dalam membuat website pembelajaran online. Namun untuk memastikan Anda memiliki platform yang aman dan tentunya memiliki komunitas yang kuat sebagai pijakan tempat bertanya jika dikemudian hari Anda menemui suatu problem, dari sekian banyak LMS berikut kami sortir 7 LMS terbaik yang bisa Anda gunakan.

 

1. Moodle

Moodle merupakan LMS Open Source yang populer, kerap di gemari bagi pengembang website pembelajaran online di tanah air, beberapa kawan saya yang juga bergelut di bidang web development terbiasa menggunakan moodle dalam menunjang pembuatan website pembelajaran online. Berikut keunggulan dari Moodle :

* Memiliki user interface yang simple

* Tersedia plugin yang bisa memenuhi kebutuhan Anda dalam membuat website pembelajaran onine

* Memiliki fitur kolaborasi

* Memiliki Fitur yang bisa mengontrol hal-hal yang administratif

* Update security dilakukan berkala

Moodle terlihat simple namun memiliki fitur yang kaya. Anda akan mendapatkan fitur-fitur esensial seperti calendar, collaborative tools, file management, text editor, progress tracker, notifications, dan banyak lagi yang lainnya. Untuk mencobanya atau sekedar ingin melihat demonya silahkan kunjungi https://moodle.com/

 

2. Learn Press

Learn Press merupakan LMS seperti halnya moodle, namun LMS satu ini tersedia dalam bentuk Plugin yang tersedia untuk CMS Wordpress. Dalam halaman officialnya Learn Press sudah di gunakan dalam 100.000 lebih, hal ini dicapai kemungkinan besar karena kemudahan dalam pembuatan website kursus atau pembelajaran online, Anda dapat dengan mudah membuat kursus yang berkurikulum, dengan fasilitas quiz di dalamnya, yang mana di klaim sangat memudahkan user. LMS gratis, dan dipastikan akan tetap gratis seterusnya, dan tetap mempertahankan kualitasnya. Untuk bisa mencoba atau melihat demo nya silahkan masuk ke https://wordpress.org/plugins/learnpress/

 

3. Forma LMS

Forma LMS merupakan LMS open source yang telah disesuaikan untuk kebutuhan pelatihan tingkat corporate. Anda dapat membuat kursu online, mengelolanya dan bahkan Anda dapat membuat versi webinar untuk membuat pembelajaran online live nya. Tersedia juga integrasi dengan ecommerce yang memudahkan Anda untuk melakukan monetisasi kursus online Anda, dan tersedia juga fitur untuk mengeluarkan sertifikatnya. Terdapat fitur plugin yang mana hal ini bisa membuat LMS menjadi lebih luas dan sesuai kebutuhan. Namun dilansir dalam official websitenya Forma dibuat untuk kebutuhan pengelolaan banyak pelatihan untuk banyak perusahaan menggunakan satu installasi. Untuk melihat demonya silahkan kunjungi https://www.formalms.org/ 

 

4. Open edX

Open edX merupakan sebuah platform yang cukup populer, di awali dari sebuah project universitas harvard di tahun 2012, kini open edX telah dipercaya oleh perusahaan multinasional seperti IBM, Microsoft, MIT, Harvard adn xutangx sebagai platform yang bisa menghandle proses edukasi secara online. Tersedia dua versi, Anda bisa mendownload untuk self hosted memanage sendiri, dan versi untuk fully managed artinya Anda menggunakan fasilitas berbayar dari openedX sehingga tidak perlu direpotkan dengan hal-hal berbau managemen server apabila kehabisan space, dan user membludak. Untuk mencoba versi self hosted yang bisa didownload silahkan kunjungi https://open.edx.org/get-started/get-started-self-managed/

 

5. ATutor

ATutor merupakan LMS open source yang memungkinan Anda membuat kelas online dalam 30 jenis bahasa. Selayaknya LMS pada umumnya ATutor memungkinkan Anda untuk membuat website pembelajaran online yang cukup lengkap dokumentasinya. Tersedia dokumentasi lengkap untuk 3 level user, untuk user yang akan melakukan pembelajaran, untuk instrukturnya dan untuk administrator. Kunjungi https://atutor.github.io/atutor/index.html untuk lebih lengkapnya

Begitulah daftar 5 LMS terbaik. Anda bisa menjajalnya satu persatu terlebih dahulu sebelum memilih mana LMS yang tepat yang bisa digunakan dalam menghandle project membuat kursus atau pembelajaran online yang lebih tersistem. Selamat mencoba.

 

Semoga bermanfaat. Silahkan dishare kepada yang membutuhkan. Terima kasih

Loka Dwiartara Ilmuwebsite.com

 

 

Artikel Terkait :