Ingin Berdonasi atau Menggalang Dana Secara Online? Ini Dia 5 Website Fundraising Populer Indonesia

Ingin Berdonasi atau Menggalang Dana Secara Online? Ini Dia 5 Website Fundraising Populer Indonesia


Belum lama musibah melanda Indonesia, porak-poranda terjadi di Lombok, Palu, Donggala, Banten, Lampung, dan sejumlah wilayah lainnya. Ribuan orang menjadi korban jiwa dan luka. Belum selesai permasalahan, datang lagi musibah lainnya, asap Sumatera dan Kalimantan yang tak henti-hentinya menelan korban jiwa, kerusuhan wamena yang menyesakkan hati, memaksa warganya untuk pindah ke papua, belum selesai kerusuhan wamena, kini bencana gempa di ambon yang memaksa Ratusan ribu warga terpaksa mengungsi. Indonesia terpaksa harus menangis.


Belum lagi permasalahan lain yang ada di sekitaran, entah itu kelaparan, kerusuhan, pelecehan, penculikan, dan segudang permasalahan kemanusiaan lainnya. "Andaikan aku Superman" menjadi harapan yang mungkin pernah bersemayam di benak Anda, karena keinginan untuk menuntaskan semua permasalahan yang ada. "Tapi realitanya aku hanyalah cucu mbah Suparman". Sehingga solusi yang paling pas adalah, antara penguasa dan rakyat harus memiliki kesamaan pemikiran dan perasaan.

Dari pembuka yang dijelaskan di awal, jelas pastinya tangan Anda terasa gatal-gatal dan gemetar, ingin menolong sesama, tapi bingung caranya bagaimana. Bagaimana... bagaimana... bagaimana. Terutama dalam menghimpun dana bantuan. Istilah sekarang menggalang dana, dana bantuan. Dan jelas orang-orang berhati mulia apapun latar belakangnya, bergabung dan membentuk berbagai macam vendor fundraising yang berbagai macam warnanya. Namun diluar dari keragaman warna, tujuannya tetap satu, memudahkan masyarakat Indonesia melakukan penggalangan dana. Dana bantuan.

Ada sekitar 5 daftar website populer yang menyediakan penggalangan dana. Diantaranya : 

Kitabisa

Di awal tahun 2019 kitabisa telah mengumpulkan total donasi sekitar 600 Milyar Rupiah dari hasil penggalangan dana. Memposisikan sebagai website fundraising sekaligus crowdfunding kitabisa tercatat sebagai website penggalangan dana yang paling populer di Indonesia. 

Di kitabisa.com selain menggalang dana, Anda pun bisa melakukan donasi. Karena ke-populer-an nya, penggalangan dana nya pun uptodate. Mengikuti kebutuhan sosial masyarakat Indonesia saat ini. Untuk berdonasi atau menggalang dana, silahkan kunjungi website officialnya https://www.kitabisa.com 

SharingHappiness Rumah Zakat

Fundraising asuhan Rumah Zakat ini tercatat di websiteya telah mengumpulkan sekitar 67 Milyar rupiah, dari total keseluruhan donasi masuk. Terdapat 123rb donatur tergabung dalam SharingHappiness. Selain tempat berdonasi, sebagaimana kitabisa, SharingHappiness pun memungkinkan Anda untuk dapat melakukan penggalangan dana.

Karena diasuh oleh Rumah Zakat, sharinghappiness terbilang berpengalaman dalam mengurusi penggalangan dan penyaluran dana bantuan. Untuk melakukan penggalangan dana atau berdonasi silahkan kunjungi https://sharinghappiness.org

WakafQuran.org

Di awal tahun 2012-an penulis terlibat dalam sebuah project pembuatan sistem online wakaf, yang digagas oleh Badan Wakaf AlQuran. Antusiasme orang berdonasi online kala itu belum seramai sekarang. Namun BWA sudah memiliki wakif yang loyal, hingga saat ini. Disamping karena program yang ditawarkan membuat ketertarikan orang untuk berdonasi, BWA pun telah mampu menyalurkan wakaf secara tepat ke daerah-daerah yang betul-betul membutuhkan, pelaporan penyaluran donasi pun betul-betul tertata sangat rapi.

Meski saat ini BWA belum lagi membuka fasilitas "Penggalangan Dana" tapi Anda bisa juga mengontak adminnya mengajukan "Campaign" yang patut di galang dana bantuannya.

BWA hingga kini telah membuat pencapaian yang sangat sukses dalam mengumpulkan dan menyalurkan wakaf, diantaranya telah tersalurkan 450.101 Eksemplar PENGHIMPUNAN DAN DISTRIBUSI AL QUR'AN, 24 Lokasi WAKAF SARANA AIR BERSIH, 12 Unit MOTOR DAKWAH, 7 Unit WAKAF SARANA PEMBANGKIT LISTRIK, 3 Unit WAKAF KAPAL DAKWAH, 10 Unit KETINTING.

WeCare.ID

WeCare termasuk yang terdapat dalam menggalang dana untuk isu-isu bencana alam, dan kemanusiaan. Tercatat dalam website telah terkumpul dana 8,5 Milyar. Meski fokus ke dalam donasi untuk bantuan kesehatan, namun WeCare juga membuka penggalangan dana untuk yang lainnya seperti Aksi Peduli Wamena, Siaga Pangan Korban Bencana dan lain sebagainya.

Selain melakukan penggalangan dana untuk disalurkan sendiri, wecare pun ikut andil dalam memberikan donasi untuk ACT, RumahZakat, dan BazNas. Bagi Anda yang ingin melakukan donasi silahkan kunjungi website officialnya http://wecare.id

Act.ID

ACT merupakan lembaga yang secara resmi diluncurkan secara hukum sebagai yayasan yang bergerak di bidang sosial dan kemanusiaan. ACT mengangkat penggalangan dana terkait isu-isu kemanusiaan yang paling terkini. Saat ini ACT sedang fokus terhadap Isu kemanusiaan di Palestina, Suriah dan juga Bencana Alam Nasional. Ada sekitar 304rb Donatur, dan telah memberikan manfaat bagi 38.006.287 jiwa. Bagi Anda yang ingin melakukan donasi silahkan kunjungi website officialnya https://act.id/ 

Sekian daftar website Penggalangan Dana maupun Donasi Online yang ada di Indonesia. Bagi Anda yang memiliki info website penggalangan dana atau donasi online yang lumayan cukup aktif, silahkan di cantumkan di kolom komentar untuk penulis tambahkan ke dalam artikel ini. Semoga bermanfaat

Loka Dwiartara

 

Artikel Terkait :