HTML, CSS, JQuery Cheat Sheet

HTML, CSS, JQuery Cheat Sheet


Dari sebagian Anda yang familiar dengan kata "cheat sheet" pasti sudah tahu kemana penulis mengarahkan pembicaraan ini. Anda bisa membypass artikel ini, dan menjelajahi ilmuwebsite.com lebih dalam. Ilmuwebsite.com memiliki beberapa ebook, dan majalah yang harus Anda unduh, yang nantinya digunakan untuk melengkapi database pengetahuan webdevelopement di memori Anda . Namun bagi Anda yang asing dengan kata "cheat sheet" ini, penulis sarankan terus membaca sampai habis, sampai titik darah penghabisan, dan berdarah-darah karenanya. :P


Sebelum masuk ke-dalam inti pembahasan, perlu diketahui bagi Anda yang serius mendalami dunia web development, yang diperlukan untuk mendalami sedalam-dalamnya adalah mengerti dasar dari logika bahasa pemrogaman baik itu client side programming (seperti HTML, CSS, JavaScript) maupun server side (seperti PHP, ASP, JSP, etc). Anda tidak perlu menghafalkan semuanya, cukup mengerti dasarnya saja, itu sudah cukup. Karena dengan seringnya latihan dilakukan, dan sering mengulang-ngulang maka secara otomatis Anda akan terbiasa, dan hafal sendiri. Bukan begitu bang?

Logika sederhananya kan seperti "pondasilah yang paling kuat menahan satu bangunan, jika pondasinya saja sudah amburadul bagaimana nasib tiang, tembok, apalagi atap?". Begitu juga contoh lain, seperti memeluk suatu keyakinan, Anda harus memiliki dasar yang kuat, pondasi yang kuat, yang tentunya memuaskan akal dan sesuai dengan logika (tentunya dengan batasan tertentu), karena jika hal ini tidak dipenuhi dalam hal ini misalkan Anda memeluk satu keyakinan hanya dengan perasaan saja maka bersiap-siaplah Anda akan mencicipi berbagai keyakinan yang ada di bumi ini hingga akal dan hati Anda terpuaskan karenanya.

Sudah dulu intronya. :P. Cheat Sheet atau daftar kode curang, sebetulnya hanyalah daftar dari syntax, atau query, atau function dari bahasa pemrogaman tertentu. Biasanya digunakan oleh programmer ketika menjalankan aksinya, karena programmer juga manusia, yang cuma bisa menampung sedikit saja dari banyak syntax, mencontek ya diperbolehkan, karena tidak ada batas waktu, sampai akhir hayat mungkin :D. Dan cheat sheet ini hanya sebatas table saja, yang tentunya Anda harus mengerti terlebih dahulu dasarnya, tapi jika belum mengerti ya harus mengerti dulu. :-). Pokoknya mah harus mengerti dulu :P.

Ada beberapa cheat sheet yang bisa Anda download :

HTML
https://www.cs50.net/lectures/8/cheatsheets/html-cheat-sheet-v1.pdf
http://www.nihilogic.dk/labs/canvas_sheet/HTML5_Canvas_Cheat_Sheet.pdf
http://lesliefranke.com/sandbox/ref/htmlcheatsheet.pdf

CSS
http://www.trupela.com/wp-content/uploads/2009/12/css-cheat-sheet-v2.pdf
http://webs.uvigo.es/redes/php/Css_cheat_sheet.pdf

Jquery
http://woorkup.com/wp-content/uploads/2011/12/jQuery-17-Visual-Cheat-Sheet1.pdf

atau Anda bisa langsung mencarinya di google dengan keyword :

filetype:pdf html cheat sheet

filetype:pdf css cheat sheet

filetype:pdf jquery cheat sheet

Anda bisa juga mencarinya untuk bahasa pemrogaman lain.
Oke? selamat ber-cheatsheet.

Artikel Terkait :