Teknologi Facebook HipHop, Perkuat Posisi PHP

Teknologi Facebook HipHop, Perkuat Posisi PHP


Facebook telah mempercepat kinerja PHP dengan teknologi HIPHOP, teknologi yang saat ini baru digunakan oleh facebook. HIPHOP mentransformasi dari kode PHP, ke c++, kemudian di kompilasi menjadi kode binary dengan compiler g++. Dan efek dari digunakannya teknologi ini adalah facebook mengalami peningkatan kinerja servernya, dan mengurangi 50% persen penggunaan resource server.


David Recorden, salah satu facebook developer, mengatakan HipHop bukanlah cabang dari PHP, judstru HipHop dapat mempermudah para developer yang menggunakan PHP dalam membuat aplikasi dengan skala yang lebih besar secara efisien.

Sebetulnya HipHop sendiri bukanlah teknologi baru yang mentransformasi dari php ke c++, sebelumnya telah ada roadsend yang mengkonversi dari php ke c, phalanger yang mengkonversi php ke dalam .net,? dan quercus yang mengkonversi php ke dalam bahasa java.

HipHop bukanlah php extension, ini benar-benar berbeda, hiphop itu bekerja untuk mentranformasi kode php dan menghasilkan proses binari. Dan yang jelas teknologi hiphop ini tidak di desain untuk keperluan individu seperti membuat blog ataupun website-website skala kecil.

Di lain tempat Andi Gutsmans CEO dari Zend Corp, mengatakan, ada beberapa project yang nanti menjadikan php memiliki runtime sendiri layaknya teknologi java dan dot net, dan tentunya hal ini akan menjadikan php tetap bertahan pada posisi leader dalam web application development.

Artikel Terkait :