Membuat Domain Mobile Gratis di Mofusepremium

Membuat Domain Mobile Gratis di Mofusepremium


Kali ini aku akan membahas soal bagaimana kita dapat membuat blog kita menjadi bisa di buka di ponsel atau hp kita. Biasanya para blogger yang ngeblog pakek wordpress self hosting ato berbayar, menggunakan wp-mobile atau mobile press.


Kali ini aku akan memberi tahu kepada sampeyan-sampeyan tanpa menggunakan plugin2 tersebut, melainkan menggunakan jasa dari web penyedia web mobile yaitu MoFuse. Dengan menggunakan jasa web itu kita bisa mengcostum alamat web mobile dengan m.domainsampeyan.com dan lainnya. *Lho, mub koq bisa...??? biasanya kan gk bisa bgitu...???, trus mub msog kita klo diponsel harus ngetik m.domainaku.com gk bisa langsung gini domainaku.com...??? :bingung . Oke, prend saya jelaskna dulu cara2nya... Tolong diperhatikan yah...!!!

  1. Bukalah alamat www.mofusepremium.com. Trus scroll ke bawah terus sampai kebawah mentog dan ketemu MoFuse for Blogs (free) klik button bawahnya atau klik link <<--ini-->>
  2. Muncul kotak join, yang hanya berisi dengan alamat e-mail anda dan password. Isi sesuai dengan e-mail dan password yang anda inginkan. Langsung klik Join!
  3. Setelah anda klik Join! anda langsung ditujukan kepada halaman setting untuk blog mobile anda.
  4. Klik Launch a Mobile Site.
  5. Langsung muncul halaman setting Launch a New Mobile Site. Isi dari halaman itu antara lain :

Step 1. (essential site information)

  • Site Name : Isi dengan nama blog anda.
  • Site ID (URL) : Bisa anda isi dengan nama blog anda seperti "joker"
  • Category : Pilih kategory yang sesuai dengan blog sampeyan.

Step 2. (add an rss feed)

  • RSS Feed Title : Isi dengan judul atau nama Feed anda seperti "joker Feed"
  • RSS Feed URL : Isi dengan alamat Feed anda seperti "http://domainanda.com/feed"
  • Tidak usah beri tanda centang pada "Skip adding an RSS feed right now or bypass feed validation"

Step 3. (the boring stuff)

  • Make this site public? (You can change this later) : beri tanda centang.
  • You've read and agree to our Revenue Sharing Policy : beri tanda centang juga.

6. Klik Launch Your Mobile Site.

Setelah itu anda akan di bawa ke halaman awal lagi. Klik gambar pensil tepatnya pada Your Mobile Sites. Setelah sampeyan klik nanti muncul halaman yang ada tulisan Costum Domain pada sidebar kanan. Klik Costum Domain, ketikkan domain kostum yang akan anda gunakan seperti "m.joker.com". Terakhir klik save.

Ok, beres untuk settingan di MoFuse, skrang kita DNS lewat cpanel sampeyan masing-masing. Oh, iya hampir lupa aq, perhatikan kolom Custom Domain Help di situ ada tulisan antara lain:

  • In order to use a custom domain with your MoFuse mobile site you will need to be able to add a CNAME entry into your DNS.
  • Make a CNAME entry in your DNS and point it to: "nama anda".mofuse.mobi. (ini isinya sama dengan yang sampeyan isikan di Site ID (URL))
  • You must already own the domain you are trying to use.
  • Note: It make take up to 48 hours for your DNS to make the changes.

Ok, sekarang kita masuk pada cpanel masing-masing blog kita. Masuk ke namadomain.com/cpanel. Setelah itu ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Cari menu Domains
  2. Klik Simple DNS Zone Editor
  3. Setelah itu kita akan di hadapkan dengan dua pilihan yaitu Add an A Record dan Add an CNAME Record. Kita akan fokus ke Add an CNAME Record karena ini yang akan kita gunakan.
  4. Pada Add an CNAME Record kita dihadapkan dengan dua kotak yaitu :
  • Name : kolom ini anda isi dengan alamat yang anda inginkan jika anda menginginkan alamat "m.namadomain.com" maka isi dengan "m"
  • CNAME : Isi dengan alamat DNS dari MoFuse kita contohnya "nama anda".mofuse.mobi.

5. Ok, sudah beres klik Add CNAME Record, silahkan keluar dari cpanel sekarang masuk pada admin anda. Jika anda menggunakan wordpress maka ketikkan http://domainanda.com/wp-admin.

6. Masuk pada editor tema anda dan pilih bagian hesder.php

7. Kembali pada akun Mofuse anda, klik Auomatic Redirect pada sidebra kiri. Masukkan kode PHP pada header.php blog sampeyan. Klik Simpan ato Update file

Akhirnya langkah-langkah tadi selesai juga, untuk sampeyan yang menginginkan mengedit warna pada tema mobile anda. Sampeyan bisa mengeditnya lewat akun MoFuse sampeyan.

Ok, demikian yang bisa saya sampaikan, mungkin banyak kekurangan yang saya sampaikan disini. Jadi saya mohon maaf sebesar-besarnya. Untuk sampeyan yang menginginkan melihat contohnya silahkan akses m.mubaroki.com bisa lewat PC ataupun HP anda. Trim.


Artikel Terkait :