Di Negara Asalnya Facebook Tidak Lagi Jadi Situs Populer 3 Besar, Pindah Ke Reddit?

Di Negara Asalnya Facebook Tidak Lagi Jadi Situs Populer 3 Besar, Pindah Ke Reddit?


Dari salah satu website penyedia layanan social bookmark luar negeri, yakni ycombinator, melansir bahwa Facebook di negara asalnya, USA, tidak lagi masuk ke dalam 3 besar website teramai di akses. Terlihat dari statistik ALEXA https://www.alexa.com/topsites/countries/US. Facebook tergeser satu posisi dari REDDIT. Sebelumnya facebook masuk ke dalam posisi 3 besar, kemudian bergeser ke posisi 4.


Banyak orang berspekulasi perihal terjadinya pergeseran posisinya ini. Ada sebagian yang berspekulasi ini terjadi akibat dari kasus penyalahgunaan data oleh Cambridge Analytica kemarin yang sempat menyeret Mark Zuckerberg diadili oleh para Senator Amerika. Sehingga citizen Amerika merasa kehilangan privasi.

Namun salah satu warga Amerika bernick Shank ternyata berkomentar lain "Kehebatan dari Reddit, bagi saya, adalah kemampuan Reddit dalam mewadahi penyaluran hobi dan kegiatan. Di masa lalu sebelum era sosial media, jika Anda memiliki ketertarikan untuk mendapatkan info terupdate seputar game dan film maka Anda akan mengikuti komunitasnya, dan Anda mencari komunitas yang cocok dulu baru bisa mengikutinya bukan? Menemukan forum komunitas yang dikelola dengan baik itu jelas sangat sulit, karena biasanya komunitas yang ada dibuat lalu ditinggalkan, dan tidak terawat. Nah saat ini Reddit menjadi tempat yang utama untuk menangani hal tersebut.

Misalkan acara TV yang baru mulai tayang, dan Anda menyukai, dan ingin membicarakannya lebih lanjut. Nah sudah pasti di reddit ada topik yang membahas hal tersebut. Kalaupun tidak ada Anda dapat membuatnya sendiri, dimana nantinya orang-orang akan ikut nimbrung ke dalamnya.

Nah kesamaan dari setiap orang yang online adalah, setap orang ingin hal yang terpisah dari kehidupan pribadinya. Namun komunitas menyediakan kebutuhan informasi sehari-hari sesuai dengan hobi setiap orang. Namun tidak perlu mempublikasikan kehidupan pribadinya. Jadi dua hal yang berbeda, kehidupan personal dan kehidupan bersosialisasi. Di sosial media umumnya ketika ada seseorang membuat status, orang-orang yang tidak seminat, sehobi kadang ikut nimbrung, sehingga pembahasan tidak nyambung. Sebagai contohnya beginilah Anda orang yang sangat hebat dalam membuat rancangan PCB, sedangkan ingin memamerkan hasil karya atau meminta pendapat atau koreksi, sedangkan teman-teman Anda itu orang orang yang ahli masak, dan ahli kecantikan, ya pastinya tidak nyambung, dan sudah jelas tidak terlalu dihargai karena tidak mengertinya teman-teman Anda, kurang lebih seperti itu.

Bisa disimpulkan bahwa social network seperti twitter dan facebook itu terlalu personal untuk mendiskusikan sesuatu. Berbeda halnya jika Anda mengikuti layanan seperti reddit, diskusi satu arah, dan jika Anda ingin mendapatkan masukkan, maka anggota komunitas dengan senang hati memberikannya. Pembahasan fokus. Sepertinya minat warga Amerika mulai bergeser, menjadi fokus kepada komunitas ketimbang personal. Masihkan trauma dengan hilangnya privasi jika menggunakan social network?

Perlu disyukuri karena di Indonesia sejak lama sudah ada kaskus, yang menghandle kegiatan seperti REDDIT.

Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait :