Selasa, 09-Agu-2022

Sekilas Mengenai HTML Javascript

0 BYAdmin

Sebelumnya kita telah belajar sekilas mengenai HTML Style Sheet, giliran saatnya kita mengenal sedikit HTML Javascript. Disini kita tidak akan belajar secara keseluruhan mengenai javascriptnya. Hanya sedikit perkenalan saja, sehingga kedepannya Anda lebih tertarik lagi dalam pembelajaran javascript kedepannya.

Jika HTML dan CSS merupakan syntax yang tinggal digunakan begitu saja, dan semakin sering Anda berlatih maka akan hafal dengan sendirinya. Berbeda dengan javascript, karena javascript merupakan bahasa pemrogaman sendiri, sehingga diperlukan pengetahuan dasar-dasar dalam programming nantinya. 

Javascript membuat halaman HTML nantinya menjadi lebih interaktif. Pada pengembangannya di teknologi web development modern, javascript telah mampu berdiri sendiri sebagai server scritping yang mampu berkolaborasi dengan database. Nanti saja itu lah ya. Cakupan pembahasannya terlalu luas. Paling tidak saya akan berikan sedikit baris yang nantinya membuat Anda semakin tertarik dalam mempelajari javascript. 

Kodenya kurang lebih seperti ini. 

<html>
 
   <head>
      <meta charset="utf-8">
      <title>Ini adalah elemen title</title>
	  <script>
		function myFunction() {
			document.getElementById("demo").innerHTML = "Halo JavaScript!";
		}
	  </script>
   </head>
 
<body>
	<p id="demo">Apa bila tombol coba di klik isinya kaan berubah</p>

	<button type="button" onclick="myFunction()">Coba</button>  
</body>
 
</html> 

See the Pen Sekilas HTML Javascript by Ilmuwebsite (@ilmuwebsite) on CodePen.

 

Anda bisa mengklik tombol coba, dan lihat hasilnya apa yang terjadi? Nah kurang lebih seperti itulah sekilas penggunaan javascript dalam halaman HTML. Kita akan pelajari lebih lengkapnya nanti di pembelajaran javascript