Minggu, 29-Mar-2020

CSS Apa Itu ?

0 BYAdmin

Apa yang Anda ketahui sebelumnya mengenai CSS? Terlintas CSS itu membuat halaman HTML jadi lebih tertata dan indah, betul begitu bukan? Benar namun belum 100%. Sebelum kita lebih jauh menukik ke dalam pembahasan CSS, perlulah kita menilik sejarah CSS nya terlebih dahulu.

Pengertian dan fungsi CSS

CSS adalah kependekan dari Cascading Style Sheet. CSS merupakan salah satu kode pemrograman yang bertujuan untuk menghias dan mengatur gaya tampilan/layout halaman web supaya lebih elegan dan menarik.CSS adalah sebuah teknologi internet yang direkomendasikan oleh World Wide Web Consortium atau W3C pada tahun 1996. Awalnya, CSS dikembangkan di SGML pada tahun 1970, dan terus dikembangkan hingga saat ini. CSS telah mendukung banyak bahasa markup seperti HTML, XHTML, XML, SVG (Scalable Vector Graphics) dan Mozilla XUL (XML User Interface Language).

Sejarah CSS

Pada desember 1996, W3C memperkenalkan Level 1 spesifikasi CSS atau juga dikenal CSS1 yang mendukung format, warna font teks, dan lain-lain. Kemudian, Mei 1998, W3C menerbitkan CSS2 yang di dalamnya diatur fungsi peletakan elemen. Dan sekarang, W3C telah memperbaiki dan meningkatkan Kemampuan CSS2 ke  CSS3.

CSS digunakan oleh web programmer dan juga blogger untuk menentukan warna, tata letak font, dan semua aspek lain dari presentasi dokumen di situs mereka. Saat ini, hampir tidak ada situs web yang dibangun tanpa kode css.

Kelebihan CSS

Tujuan utama CSS dibuat sebetulnya adalah untuk membedakan konten dari dokumen dan dari tampilan dokumen, dengan itu, pembuatan ataupun pemrograman ulang web akan lebih mudah dilakukan. Maksudnya bagaimana? Sebelumnya kita telah belajar HTML untuk memberikan warna di HTML kita perlu mendefinisikan atribut, semakin banyak warna diterapkan tentunya atribut dari elemen-elemen semakin banyak dan tentunya akan berpengaruh kedalam loading time si halamannya. Nah dengan CSS kita bisa fokus ketika mengerjakan halaman HTML fokus kepada elemen HTML saja tanpa di pusingkan oleh memberikan warna dan lain sebagainya, sedangkan di CSS nantinya lah kita berikan baik warna, padding, margin semua yang berhubungan dengan tata letak dalam sebuah website. Yang termasuk dalam pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan oleh CSS adalah desain web diantaranya warna, ukuran dan formatting. Dengan kata lain adanya CSS, konten dan desain web akan mudah dibedakan, jadi memungkinkan untuk menerapkan satu desain pada banyak halaman website, sehingga nantinya akan memudahkan dalam membuat halaman web yang banyak, yang pada akhirnya dapat memangkas waktu pembuatan web.

Adapun beberapa kelebihan CSS adalah sebagai berikut:

  1. Memisahkan desain dengan konten halaman web.
  2. Mengatur desain sefisien mungkin.
  3. Jika kita ingin mengubah suatu tema halaman web, cukup modifikasi pada css saja.
  4. Menghadirkan sesuatu yang tidak dapat dilakukan oleh HTML.
  5. Lebih mudah didownload karena lebih ringan ukuran filenya.
  6. Satu CSS dapat digunakan banyak halaman web

Baiklah cukup segitu saja untuk perkenalan CSS nya. Kita akan langsung masuk ke dalam praktiknya, di bagian selanjutnya. Selamat bereksperimen.