Daftar 6 Browser Paling Cepat dan Aman, Firefox Kembali Merajai!

Daftar 6 Browser Paling Cepat dan Aman, Firefox Kembali Merajai!


Browser yang handal paling tidak memiliki kriteria diantaranya mampu menjaga performa ketika user berselancar di dunia maya, karena permasalahan yang ada kini semakin banyak tab atau windows yang di buka mengakibatkan semakin banyak pula memory (RAM) yang terpakai, hal ini berdampak pada lemotnya performa baik aplikasi browser maupun aplikasi lainnya yang masih dalam satu sistem operasi, dan otomatis ketika akan membuka aplikasi lain kemungkinan bisa jadi Anda harus menunggu lama, bisa ditinggal ngopi barang sejam ataupun dua jam, setelah selesai ngopi bisa ditinggal mandi, makan, jalan-jalan ke luar negeri dan lain sebagainya. Hehe... Ngga separah itu sih, tapi kurang lebih pengandaiannya seperti itu.

Tutorial Premium Mahir Web Development Membangun 5 (jenis) Project Website + Mahir Membuat Aplikasi Android (4 Project + Upload Playstore)

Dibuat oleh praktisi yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang web development (Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)


Selain performa hal yang paling penting lainnya adalah sistem keamanannya terjaga, disamping tentunya juga kemudahan kostumisasi seperti menambahkan fitur sesuai dengan kebutuhan personal si pemakai itu perlu juga diperhatikan.

Sebentar, sedikit intermezo, saya agak sedikit kesal sekaligus menyesal mengapa ketika menuliskan kata 'pemakai' atau 'pengguna' itu konotasinya langsung ke arah negatif. Konotasinya langsung ke Pengguna/pemakai narkoba, betul nggak sih apa yang saya pikirkan? Padahal yang sedang kita bicarakan masih topik pembahasan browser. Semoga kedepannya kata ini kembali ke jalur semestinya, sehingga orang tidak akan malu ketika mengucapkannya. Apa sih yang kita bicarakan? Haha...

Nah balik lagi ke topik pembahasan, barangkali saja browser yang Anda gunakan bukan browser terbaik? Mungkin siapa tau? Berikut kami list, 6 Daftar browser yang menurut survey yang ada merupakan browser-browser terbanyak penggunanya, kami urut berdasarkan rating kualitas browser menurut techradar. Simak selengkapnya ...

1. Mozilla Firefox Quantum

FIrefox kembali merajai browser populer dunia dan berhasil merebut kembali tahtanya sebagai browser terbaik dunia, hal ini didapatkan setelah melakukan banyak perubahan dan perbaikan disana-sini. Firefox baru saja melakukan pembaharuan setelah 13 tahun, dan hal ini tentunya mengesankan banyak pihak, terutama techradar sebagai vendor yang gencar melakukan review software. Dahulu kala firefox sempat merajai dunia per-browser-an, revolusi browser seperti flexibilitas browser yang memungkinkan user bisa mengkostumisasi sesuai dengan kebutuhan, namun semenjak adanya chrome yang sama-sama bisa dikostumisasi seperti menambahkan extension menjadikan user semakin berpengalaman dan membandingkan browser-browser dari sisi kecepatan, sehingga ramai-ramai user akhirnya pindah ke chrome browser. Tapi perombakan terjadi firefox kembali berada di nomor urut 1.

Disamping kecepatan dan kostumisasi Firefox juga sangat memperhatikan betul masalah privacy penggunanya, mozilla yang menaungi firefox, merupakan organisasi non profit, sehingga Anda tak perlu khawatik karena data privasi Anda tidak akan diperjualbelikan. Mozilla pun selalu melakukan update privasi secara berkala yang tentunya hal ini sangat menolong user dalam memproteksi datanya. Selain konsen di masalah privasi, firefox pun terus menerus meningkatkan sistem keamanannya, kini di dalamnya sudah ada fitur yakni ad tracker bawaan untuk memblok iklan yang mana biasanya malicious code muncul dan bercokol di dalamnya, dan yang lebih hebat lagi browser firefox ini menjadi pionir browser yang memungkinkan Anda login tanpa password (teknologi WebAuthn). Namun bukan berarti firefox cepat secara absolut, masih unggul chrome untuk beberapa hal. Paling tidak video yang dirilis oleh mozilla https://www.youtube.com/watch?v=J2b9of7Xeqc menjadikan firefox sebagai browser terbaik 2018.

2. Google Chrome

Chrome dikenal sebagai browser paling efisien. Sangat brilian dalam memanfaatkan ruang layar, sehingga monitor terasa lebih luas. Ya, chrome juga dikenal dengan kemudahannya dalam kostumisasi sesuai kebutuhan, bahkan Anda pun bisa dengan mudah membuat extensionnya. Chrome merupakan pionir browser populer yang cross platform, tersedia untuk berbagai sistem operasi. Chrome dibuat oleh perusahaan raksasa teknologi Google, terkenal sebagai browser yang cepat, ringan, juga aman.

Namun bukan berarti chrome tidak memiliki kelemahan, chrome merupakan browser yang paling rakus memakan sumber daya, terutama RAM, sehinnga chrome tidak cocok digunakan dengan komputer yang RAM nya terbatas, bisa membuat lag kinerja komputer jelas turun, sehingga jelas terasa sekali jika Anda membuka banyak tab atau windows di chrome komputer/laptop terasa sangat lambat. Meski begitu Chrome terkenal sebagai browser yang kaya fitur bagi developer, seperti sudah support Virtual Reality, dan mendukung banyak sensor. Salah satunya sensor cahaya dan sensor gerak. Mungkin Anda belum pernah mencobanya?

Ya, sebagaimana dengan firefox kini Chrome menambahkan fitur login dan password sebagaimana telah menjadi standar WebAuthn.

3. Opera

Opera diklaim sebagai browser yang sangat cocok digunakan ketika koneksi Anda tidak terlalu cepat, alias koneksi lambat. Namun sangat disayangkan opera hanya digunakan oleh 1% pengguna internet keseluruhan. Banyak keunggulan dari opera seperti User Interface yang bersih, dan opera bisa melakukan segala hal yang dilakukan pesaingnya, baik dari fitur kecepatan keamanan dan kostumisasi, namun dengan beberapa keunggulan lainnya seperti size yang lebih ringan dibandingkan yang lain.

Salah satu alasan mengapa dianjurkan menggunakan opera adalah fitur Opera Turbo, yang mana mampu merute ulang jalur data ke server Opera, sehingga meskipun Anda mengaksessnya menggunakan koneksi lambat atau sedang bermasalah tidak terlalu terasa perbedaannya, browsing tetap lancar jaya. Kerja bagus wahai Opera.

4. Microsoft Edge

Banyak orang berkeluh kesah dengan Internet Explorer, browser bawaan windows sebelum adanya Windows 10. Saya sendiri menggunakan Internet Explorer untuk pada akhirnya tidak akan menggunakannya di kemudian hari, yakni menggunakan Internet Explorer untuk mendownload browser chrome sehingga kedepannya saya berharap tidak menggunakan internet Explorer. Banyak web designer dibuat repot oleh standar nilai dari internet explorer yang sebetulnya tidak standar. Mohon maaf kekesalan yang menaun di tuangkan ke dalam satu kalimat. Hehe...

Cukup aneh mengapa Microsoft meletakkan dua browser dalam satu operasi, Microsoft Edge dan Internet Explorer keduanya ada Microsoft Windows 10. Penulis cukup dibuat heran mengapa MIcrosoft tidak memasang satu browser saja yakni Microsoft Edge namun dikembangkan secara maksimal. Tapi jelas Microsoft Edge jauh jauh jauh lebih hebat ketimbang kakaknya terdahulu, Edge mampu berkomunikasi dengan Cortana, apabila Anda belum mengetahui lebih lanjut Cortana, Cortana itu seperti Siri di Mac, merupakan asisten virtual, banyak hal yang bisa dilakukan seperti memberikan informasi cuaca, jadwal/agenda harian pengguna, menunjukkan jalan, menunjukkan catatan, mengatur alarm, menjelaskan berapa umur leonardo dicaprio dan banyak lagi. Menjalankan kesemua muanya dengan perintah suara. Yang jelas dengan Cortana Microsoft Edge akan menjadi browser yang powerfull, layaknya Jarvis atau Friday di film Ironman.

Dari sisi kecepatan Microsoft Edge bisa di andalkan, dan Microsoft mengklaim Edge betul-betul tidak culangung seperti kakaknya yakni Internet Explorer, betul-betul memikirkan permasalahan privasi.

5. Vivaldi

Vivaldi di buat dari Chromium, yang artinya fitur-fitur Chrome tentu ada di dalam vivaldi termasuk mengambil extension dari Chrome Web Store. Perbedaan yang paling kentara adalah Vivaldi menginginkan user itu merasakan pengalaman yang berbeda dan tentunya lebih pribadi.

Seluruhnya baik style, dan antarmuka bisa Anda kostumisasi sepenuhnya, terserah keinginan dan kebutuhan Anda. Fitur inovatifnya adalah mengelompokkan tab-tab. Anda bisa mencobanya langsung di https://vivaldi.com/

6. Tor Browser

Tor diklaim bukan sekedar website, karena didalamnya terdapat kumpulan tools security. Oleh karenanya Tor dianggap sebagai Browser dunia kegelapan, deep web. Anda bisa mengakses website-website yang tidak terdaftar domainnya, dan mungkin bisa jadi Anda bisa mengakses website yang mungkin tidak ada di dalam google. Menariknya Tor, tidak ada yang disimpan sama sekali, tidak ada cache tidak ada history, tidak ada bookmark. Tor browser memang digunakan untuk keperluan yang berbeda, disarankan Anda untuk tidak login ke situs apapun menggunakannya, karena memang bukan itu peruntukkannya. Untuk mencobanya Anda bisa mendownload di https://www.torproject.org/projects/torbrowser.html.en

 

Artikel Terkait :