Cara Termudah Membuat PDF dengan PHP menggunakan DOMPDF

Cara Termudah Membuat PDF dengan PHP menggunakan DOMPDF


Baiklah kali ini kita akan belajar php membuat laporan pdf dengan php. Dahulu kala membuat laporan PDF dengan PHP bagi sebagian orang itu susahnya amit-amit, karena kita harus mempelajari terlebih dahulu baik itu titik koordinat yang sesuai dengan standarisasi dari library. Tidak masalah jika developer memiliki banyak waktu untuk mempelajarinya, tapi saat ini yang dibutuhkan adalah efisiensi, kecepatan.


Dan pastinya saat ini banyak sekali instansi yang betul-betul membutuhkan PDF dalam penyajian laporannya, guru, admin, mahasiswa sekalipun, membutuhkannya. Terlebih lagi PDF merupakan format yang bisa dilihat dengan mudah dan document yang bisa langsung di print / cetak.

Dan beruntung bagi Anda programmer yang hidup di zaman ini, karena baru-baru ini bermunculan php library yang memberikan banyak kemudahan, termasuk ke dalam mudahnya pembuatan laporan PDF dari PHP. Semudah menuliskan HTML & CSS. Jauh lebih efisien ketimbang pionir-pionir sebelumnya yang menyediakan php library dalam pembuatan laporan PDF.

Adalah DOMPDF sebuah library php, yang menjadikan proses pembuatan file PDF begitu sangat mudah. Semudah mengetikkan kode HTML biasa, karena memang sebetulnya adalah hanya mengkonversi dari HTML + CSS ke PDF. Bagaimana caranya?

Baiklah dalam belajar php kali ini kita persiapkan terlebih dahulu formnya, ini digunakan untuk menginput data, kita akan coba menginput hanya dua data, yakni nama, dan alamatnya. Jadi ketika user mengisikan nama dan alamatnya, dan mengklik tombol Ambil Laporan maka user tersebut bisa langsung menerima file pdf berisi nama dan alamatnya.

Berikut adalah form htmlnya

<html>
	<head>
		<title>Membuat Laporan PDF dengan DomPDF</title>
		<style type="text/css">
			label{
				display:inline-block;
				width:100px;
			}
			
			#topdf{
				margin:0 0 0 100px;
			}
			
		</style>
	</head>
	<body>
		<h1>Form Pendaftaran Member</h1>
		<p>Silahkan masukkan nama dan alamat Anda, untuk mencetak laporan PDF menggunakan dompdf</p>
		<form action="topdf.php" method="POST">
		<label>Nama</label><input type="text" name="nama" /><br />
		<label>Alamat</label><textarea name="alamat"></textarea><br />
		<input type="submit" name="kirim" id="topdf" value="Ambil Laporan!" />
		</form>
	</body>
</html>

Dan berikut adalah script php yang didalamnya berisi dompdf untuk membuat laporan mengambil dari nama dan alamat dari user yang telah menginputkan datanya via form inputan yang tadi.

<?php

$nama = str_replace(" ", "_", strtolower($_POST['nama']));
$alamat = $_POST['alamat'];

require_once("dompdf/dompdf_config.inc.php");

$html =
  '<html><body>'.
  '<h1>Halo, '.$nama.' berikut alamat Anda : </h1>'.
  '<p>Alamat lengkap Anda adalah : '.$alamat.'</p>'.
  '</body></html>';

$dompdf = new DOMPDF();
$dompdf->load_html($html);
$dompdf->render();
$dompdf->stream('laporan_'.$nama.'.pdf');

?>

Untuk melihat demonya silahkan klik link di bawah ini.

Demo Belajar PHP 

Bagaimana? Sangat mudah sekali bukan. Anda bisa mengaplikasikannya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda, pastinya dalam membuat laporan berjenis PDF menggunakan php.

Untuk mendownload DOMPDF library Anda bisa langsung mengklik https://github.com/downloads/dompdf/dompdf/dompdf_0-6-0_beta3.zip

Selamat mencoba belajar php membuat laporan pdf dengan menggunakan php. Salam.

Artikel Terkait :