Cara Mudah Belajar Linux untuk Pemula

Cara Mudah Belajar Linux untuk Pemula


Semua orang yang sedang belajar programming website pastinya akan juga berkenalan dengan Linux. Ia merupakan sistem operasi yang punya banyak keunggulan dan kemudahan, sehingga banyak programmer yang ingin menguasai dan menggunakannya untuk berbagai program dan aplikasi. 

Lantas bagaimana jika Anda merupakan pemula di bidang pembelajaran programming? Mungkin Anda akan merasa butuh untuk mempelajari Linux, sekaligus mencari jalan termudah dan terbaik dalam memahami dan mengaplikasikannya.

Jurus Terlarang : Web Task Automation Semua Pekerjaan Online Bisa Diotomatisasikan. Orang awam bisa mempraktekkan.

Cocok untuk Anda yang ingin mengotomatisasi pekerjaan harian yang dilakukan menggunakan browser. Bisa digunakan untuk tugas spesifik seperti marketing anti mainstream, atau sekedar mengumpulkan database dari dunia maya. Studi kasus membuat 5 jenis Bot. Bot kirim pesan masal di Instagram, Tokopedia, Bukalapak, OLX, Whatsapp. Lebih lengkap silahkan kunjungi di sini)


Namun sebelum mempelajari Linux lebih lanjut, ada baiknya Anda mendapatkan alasan yang tepat mengapa harus belajar linux. Uraian di bawah ini diharapkan akan memberikan sejumlah petunjuk.

Baca Juga : http://www.domainesia.com/hosting

 

Alasan Belajar Linux

Linux memang belum sefamiliar pendahulunya, yakni windows. Tapi tahukah Anda bahwa ketika Anda mempelajari Linux lebih lanjut, akan didapati sejumlah fitur keren yang hanya dimiliki Linux dan tidak dimiliki oleh windows atau sistem operasi lainnya. 

Fitur tersebut di antaranya terdapat sistem operasi yang 100 persen gratis tanpa syarat apalagi batasan. Jadi, Anda bisa menggunakannya untuk keperluan apapun, dari mulai untuk kebutuhan pribadi maupun bisnis. Selain itu, Linux juga bersifat open source. Artinya, kode program dipublikasikan secara umum sehingga bisa dikembangkan sesuai keperluan Anda. 

Keuntungan lainnya ketika Anda belajar Linux yakni dapat diaplikasikan secara dinamis di sejumlah perangkat. Ini disebabkan sifat dasar Linux yang sama seperti building block, di mana modulnya bisa disusun untuk tujuan yang spesifik. Perangkat tersebut di antaranya smartphone, mesin industri, mobil, security system dan yang lainnya. 

Jadi sebagai saran agar proses belajar lebih mudah kamu telah memiliki beberapa skill dasar yang kamu peroleh ketika belajar komputer berbasis windows diantaranya:

 

Prinsip Dasar Mempelajari Linux

Setelah mengetahui ragam keunggulan mempelajari Linux dibandingkan dengan sistem operasi lainnya, mari kita menginjak ke tahap yang lebih teknis, yakni menyoal prinsip dasar lLinux. Untuk penjelasan lebih lanjut, mari simak uraian berikut ini: 

1. Mengetahui Dasar TCP/IP

Linux merupakan sistem operasi yang terkoneksi jaringan yang membutuhkan konfigurasi TCP/IP. Makanya, memahami dasar jaringan sangat penting dan merupakan dasar pembelajaran Linux. Dengan begitu, Anda bisa melakukan perintah remot linux ke komputer Anda. Mempelajari TCP/IP juga akan membuat Anda mengerti cara mengatasi masalah yang berkaitan dengan trouble shooting terhadap Linux yang berada di jaringan. 

2. Mengetahui Tingkatan File System dan Partisi

Linux memiliki hierarki dalam file system dan partisinya. Hierarki ini agak berbeda dari windows, di mana di dalamnya terdapat jenis volume, format file system, partition table, jenis partisi pada linux, mounting dan yang lainnya. Makanya dibutuhkan pembelajaran khusus bagi Anda yang serius untuk mempelajari dan mengaplikasikan Linux lebih lanjut. 

3. Tahu Seputar Hardware Komputer

Kemampuan dasar selanjutnya yang mesti Anda miliki ketika ingin belajar Linux adalah menguasai kemampuan teknis dari hardware komputer. Di antara perangkat yang mesti Anda ketahui fungsi dan penggunaannya misalnya Processor, RAM, GPU, jenis slot dan interface, merek dan jenis chipset dan yang lainnya. Dengan mengetahui dan memahami fungsi-fungsi hardware, Anda punya kebebasan untuk mengontrol dan memanage perangkat yang terpasang pada komputer.

4. Mengetahui Proses Booting, Install, Update dan Istilah Sejenis Lainnya

Ketika Anda ingin belajar Linux, sudah seharusnya Anda juga tahu tentang teknis kerja Windows, serta mengetahui pula ragam istilah seperti install, upgrade, remove aplikasi dan istilah lainnya. Ini memang istilah yang sering muncul ketika Anda belajar windows. Pegetahuan ini akan menjadi bekal agar Anda tidak terlalu kebingungan ketika mempelajari Linux. 

Sebagai contoh, pengetahuan tentang proses booting akan sangat bermanfaat ketika Anda ingin melakukan konfigurasi linux. Pengetahuan ini juga akan terasa manfaatnya ketika Anda menghadapi trouble shooting di kemudian hari. 

5. Mengenal Segala Istilah yang Berkaitan dengan Linux

Belajar Linux bagi pemula harus dimulai dari semua hal-hal dasar, teemasuk mengetahui tentang segala istilah yang berkaitan dengan linux. Ini mungkin akan sangat membosankan karena sifatnya teoritis. Tapi Anda akan bisa mempelajari Linux secara cepat jika telah akrab dengan ragam istilah yang ada pada Linux. 

6. Mulai Menginstall Linux

Setelah Anda menyelesaikan segala hal terkait pembelajaran teoritis, mari segera melangkah ke tahap praktik, yakni menginstall Linux. Cara menginstallnya bisa menggunakan Virtual machine karena terdapat panduan langkah-langkahnya. Jangan ragu untuk bertanya apda “google” ketika menemukan istilah asing yang tak dipahami. 

Selanjutnya, selalulah iringi proses pembelajaran itu dengan beragam praktik pengoperasian. Kesabaran adalah kunci utama belajar apa saja, termasuk ketika belajar Linux. Jangan pernah merasa cukup ketika Anda sudah bisa mengoperasikan Linux. Bukalah terus pikiran dan pengetahuan Anda dengan banyak membaca beragam referensi sekaligus memperbaharui informasi tentang Linux. 

Demikianlah informasi seputar cara belajar Linux untuk pemula. Kami harap artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Artikel Terkait :