Cara Membuat Game di Android Tanpa Programming Gratis, Keren Ada Fitur Moneytize nya

Cara Membuat Game di Android Tanpa Programming Gratis, Keren Ada Fitur Moneytize nya


Bermain game bagi banyak orang tentunya sangat menyenangkan, saking asyiknya tak jarang kegiatan ini membuat lupa waktu. Selain sebagai salah satu jenis hiburan, game kini banyak digeluti sebagai mata pencaharian, tempat mencari penghasilan yang cukup menjanjikan.

Bagi pemain game profesional, menjadi atlet olah raga esport juga menjadi pilihan yang tentunya sangat menghasilkan. Industri pembuat game pun kini semakin berjamuran, berbagai jenis game dengan beragam genrenya di telurkan.

Jenis permainan bergenre Action, Adventure, Action-Adventure, RPG, Strategy, Sport, Idle Gaming memiliki ratusan juta pemain aktif. Anda yang tidak suka dengan game-game berat biasanya mencicipi aneka game yang me-refresh pikiran Anda, game berbau fisika, atau yang sedikit bermain logika. Seperti Water Sort Puzzle misalnya ...  

 

Pada 2019 "Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki jumlah pemain aktif yang terus berkembang dalam permainan game mobile (gim seluler) di dunia," ucap Oliver Marketing Director of SEA PUBG Mobile (Dikutip dari youngster.id) Dan di 2021 "Indonesia Miliki Jumlah Pemain Aktif PUBG Mobile Terbanyak di Dunia. Dengan lebih dari 100 juta pemain di Tanah Air saat ini Bahkan, PUBG Mobile yang merupakan salah satu top mobile game di Indonesia dan pasar global akan menjadi salah satu cabang olahraga (esports) yang akan dipertandingkan di SEA Games 2021." dikutip dari balinesia.id. 

Ratusan juta pemain game di Indonesia diluar dari pro kontra tentunya merupakan pasar yang menjanjikan. Anda yang tertarik membuat game yang dalam tanda kutip "bisa merusak" bisa mencoba peruntungan dengan membuat game yang mengedukasi. Mengedukasi anak, remaja, hingga orang tua. Tak sekedar mengedukasi Anda pun bisa mendapatkan timbal balik dari game yang Anda buat dengan memasang iklan admob. Banyak yang sudah membuktikan menghasilkan. Mungkin Anda pernah mendengar kuli panggul yang menghasilkan puluhan juta perbulan dari membuat game Android ? Silahkan googling. Bahkan penulis mencoba membuktikannya dan memang terbukti, meski tak banyak karena tak diseriusi tapi pembayarannya masuk ke rekening. 

 

Bagaimana Cara Membuat Game Tanpa Programming ?

Ada beberapa cara membuat game tanpa programming, ada yang powerfull namun softwarenya berbayar seperti Gamemaker Studio, Construct 3 dan yang lainnya, ada yang gratis tapi "fitur hanya sekedarnya". Namun berbeda dengan GDevelop https://gdevelop-app.com/id/. Dalam website officialnya tercantum "Game making for everyone, Use GDevelop to build your game. It's free, fast, open-source and so easy to use that you'll never look at games the same way".

Antar muka yang simple, tutorial panduan yang memudahkan serta dokumentasi yang lengkap plus komunitas yang semakin membesar ramai membuat GDevelop bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang mau memulai dan menseriusi dalam menggarap game sendiri.

 

Fitur GDevelop Yang Tercatat di Website Resminya :

* Bisa didistribusikan ke semua jenis platform

* Ekspor sekali klik untuk Android.

* Export sekali klik untuk Facebook Instant Games, untuk dimainkan di Messenger.

* Export permainan kamu untuk web dalam sekali klik

* Export your game to iOS (with a Mac).

* Ekspor sebagai sebuah stand-alone executable game untuk Windows, macOS dan Linux - dalam satu klik!

* Publish your game on Poki, Kongregate, Itch.io and other gaming websites!

* Tampilkan iklan-iklan dan video reward pada pemainmu menggunakan AdMob.

* Dan masih banyak fitur lainnya

* Editor adegan memungkinkan Anda mengedit tingkat visual Anda secara visual

* Dukungan untuk beberapa lapisan - Tambahkan antarmuka dan membuat efek paralaks

* Buat level Anda secara dinamis dengan layout eksternal

* Rancang aset kamu dengan Piskel - sebuah editor pixel art dan sprite yang kuat

* Hasilkan efek suara menggunakan Jfxr - buat efek-efek dan sesuaikan hanya dengan beberapa klik

* Debugger - Memeriksa konten dalam permainan kamu dan membuat perubahan secara dinamis seiring pratinjau permainan kamu berjalan

* Profil kinerja - memonitor bagian-bagian yang memberatkan pada permainan kamu

* Berkomunikasi dengan situs web atau layanan eksternal menggunakan permintaan HTTP.

* Menggunakan events: loops tingkat lanjut, untuk tiap...

* Membuat function yang dapat dipakai berulang kali dengan menggunakan event, yang dapat digunakan sebagai action, condition atau expression di dalam game Anda - fitur kuat yang tidak belum pernah ditemukan sebelumnya di dalam piranti pembuatan game lainnya.

* Memanipulasi variabel dengan struktur arbitrer yang kompleks, dengan dukungan untuk membaca/menulis JSON.

* Anda dapat menggunakan JavaScript untuk mengkode bagian dari game Anda - gunakan untuk fungsi baru, untuk menulis extensi pada sebagian besar game Anda.

* Memoneytize game dengan menampilkan iklan pada game Anda melalui AdMob

* Cari dan pasang fitur baru dengan extensi, yang dibuat oleh komunitas - dapatkan fitur baru, siap pakai untuk game Anda dengan beberapa klik

 

Dengan segudang fitur yang diberikan wajar jika tim GDevelop mencantumkan akan ada kemungkinan tanpa batas ketika Anda membuat game buatan sendiri dengan GDevelop. Tertarik ? Mengapa tidak langsung mendownload dan menonton panduannya kunjungi halaman resminya https://gdevelop-app.com/id/.

 

Semoga bermanfaat

Loka Dwiartara  

 

 

Artikel Terkait :