Bootstrap 5 Hadir Tanpa JQuery, Di Ganti Dengan VanillaJS ? 2

Bootstrap 5 Hadir Tanpa JQuery, Di Ganti Dengan VanillaJS ? 2


Seperti yang sudah pernah saya jelaskan sebelumnya bahwa, Bootstrap akan melakukan update besar-besaran, yang mana akan muncul di versi 5. Di versi ini Bootstrap akan hadir tanpa mengincludekan paket JQuery kedalamnya. Ya betul, tanpa Jquery. Bagi sebagian besar web designer yang biasa menggunakan JQuery dan yang mau tidak mau akan membiasakan diri tidak menggunakan JQuery tentunya sedikit banyak kecewa.

Promo Tutorial Premium Video Tutorial Mahir Web Development (Bangun 5 Project Website) + Video Tutorial Membuat Aplikasi Mobile (Bangun 4 Aplikasi Android + Upload Playstore) + Bonus Tutorial Membuat Theme Wordpress Premium - 3 Tutorial (5DVD) Hanya Rp 137.500 - Terbatas hanya sampai 30 April!

Dibuat oleh praktisi yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang web development (Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)


Kecewa itu seperti ini ...

 

Oh salah, kecewa itu begini ...

Hag hag hag ... :D

Pastinya kita semua penasaran perihal tidak lagi disertakannya JQuery ke dalam Bootstrap, tentunya ada maksud yang tersirat dan tertulis dari pihak Bootstrap sendiri. Tidak hanya Bootstrap, pihak Github sendiri malahan sudah tidak lagi menggunakan JQuery mengurusi bagian frontend nya. Nah tentunya untuk kehidupan yang lebih baik Bootstrap sudah dipastikan senada dengan Github. Di kutip dari https://hub.packtpub.com/bootstrap-5-to-replace-jquery-with-vanilla-javascript/ 

"GitHub incrementally removed jQuery from their frontend mainly because of the rapid evolution of web standards and jQuery losing its relevancy over time."

Dengan kata lain, Github sudah tidak menggunakan JQuery dengan alasan, JQuery sudah tidak lagi relevan akibat evolusi standar website yang sangat pesat perkembangannya. 

Sebetulnya penulis sendiri tidak terlalu ambil pusing mengenai terjadinya hal ini, namun tentunya ini perubahan yang cukup besar bagi sebagian yang sudah terbiasa menjadi harus membiasakan diri kembali. Dan menurut hemat saya, di dunia web development hal ini sudah biasa bukan. 

Dan bisa dibilang VanillaJS itu tidak terlalu berbeda dengan Javascript yang plain, karena VanillaJS itu memang plain javascript. Kedepannya kita akan kupas mengenai perbedaan antara Javascript dan VanillaJS beserta cara menggunakan VanillaJS.

Semoga info ini berfaedah. Tolong dishare ya. hehehe...

Loka Dwiartara Co-Founder Ilmuwebsite.com

 

Artikel Terkait :