Addon Domain Adalah, Fungsi dan Cara Membuatnya

Addon Domain Adalah, Fungsi dan Cara Membuatnya


Addon domain adalah salah satu fitur yang digunakan untuk menambahkan domain baru setelah akun hosting, dengan begitu akan membuka kemungkinan supaya pengguna memiliki satu hosting untuk beberapa domain sekaligus. 

Atau dengan kata lain, addon domain merupakan domain yang ditambahkan sesudah domain utama. Pada umumnya addon domain akan terletak pada folder terpisah dalam direktori suatu website di web server. Sehingga, Addon Domain terletak pada sub-direktori sesudah direktoti utama.

Mungkin Anda bertanya-tanya untuk apa addon domain tersebut? Nah, ketika Anda sudah memiliki sebuah website dan sudah sukses dengan website pertama, besar kemungkinan untuk Anda ingin membuat website baru dengan domain yang berbeda bukan?   

Misalnya website pertama Anda adalah websiteku.com dan ingin membuat domainku.com, nah menambahkannya pada Addon Domain adalah salah satu solusi yang murah. Sehingga Anda akan membuat folder baru pada public_html dengan nama domainku.com, dan susunan direktorinya akan berubah menjadi public_html/domainku.com sementara websiteku.com tetap berada di public_html.

 

Wajib Tahu ! cek domain termudah dan beli Domain Ter murah di Indonesia

 

Untuk lebih jelasnya, perhatikan informasi addon domain selengkapnya di bawah ini.

 

Perbedaan Addon Domain dan SubDomain

Karena letak direktorinya sama-sama setelah direktori utama, tidak jarang pengguna yang belum mengetahui betul apa perbedaan dari Addon Domain dan juga SubDomain. Adapun Addon Domain adalah sebuah domain baru yang ditambahkan ke hosting serta memiliki URL (Uniform Resource Locator) berbeda dengan domain utama.

Sementara subdomain merupakan domain baru yang menjadi bagian dari domain utama sehingga URL yang digunakan pada subdomain masih mengandung domain utama. Untuk lebih jelasnya perhatikan tabel perbedaan di bawah ini: 

 

Addon Domain

Subdomain

Addon domain tetap bisa diakses meskipun domain utama tidak bisa diakses.

Apabila semua domain utama mati, begitu juga dnegan subdomain tidak dapat diakses.

Akun FTP dibuat ketika menambahkan Addon domain.

Tidak memiliki akun FTP dan akun FTP sama dengan domain utama.

Tidak dapat ditambahkan pada URL yang sama pada domain utama.

Bisa ditambahkan URL sama dengan domain utama.

 

Cara Membuat Addon Domain

Untuk Anda yang ingin membuat website baru setelah memiliki website utama, maka salah satu alternatif praktis dan murahnya adalah dengan membuat Addon Domain. Lantas bagaimana cara membuat Addon Domain? Berikut tutorialnya.

 

1. Melakukan Akses ke cPanel Hosting

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan melakukan log in ke akun cPanel melalui domain utama. Jangan lupa untuk memasukkan username dan password yang sesuai ya.

 

2. Cari Fitur Addon Domains

Setelah berhasil masuk ke halaman utama cPanel, kemudian carilah fitur AddOn Domains dan klik Addon domains.

 

3. Menginput Addon Domain pada cPanel

Tunggu hingga menu Addon Domains muncul, selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah dengan memasukkan nama domain yang baru pada field New Domain Name. kemudian check list pada Create an FTP account associated with this Addon Domain untuk membuat akun FTP baru. Pastikan domain yang Anda tambahkan sudah dibeli dan dalam keadaan aktif. 

Selain itu, gunakan Generate Password guna menggunakan password yang aman.

 

4. Menyetting Addon Domain

Kini Anda sudah sukses membuat addon domain. Untuk melihat hasilnya, Anda bisa memilih menu Modify Addon Domain yang berada di bawah Addon domain. Untuk melakukan pengaturan Addon Domain, terdaoat beberapa opsi yang bisa digunakan, yaitu:

  • Addon Domain → semua Addon Domain yang sudah dibuat dapat Anda dilihat pada field ini.
  • Document Root → merupaka subfolder dari addon domian, di mana terdapat link subfolder yang akan membawa Anda ke File Manager dari cPanel.
  • Subdomain → subdomain yang terbuat secara otomatis saat menambahkan domain.
  • Redirects to → pada field ini Anda bisa melihat kemana addon domain akan diarahkan. Apabila Anda tidak melakukan redirect makan akan terliht not directed. Untuk mengaturnya Anda bisa menggunakan Manage Redirection yang berada di sebelah kanan.
  • Actions → merupakan opsi yang digunakan untuk menghapus addon domain.

 

Fungsi Addon Domain

Addon domain adalah domain baru yang ditambahkan pada hosting yang mana sudah ada domain sebelumnya. Sehingga addon domain merupakan domain kedua, ketiga, keempat dan seterusnya. Lantas apa fungsi dari addon domain itu?

  • Adapun fungsi dari Addon Domain yang bisa Anda dapatkan yaitu:
  • Ketika membuat Addon Domain maka beberp akun salah satunya FTP (File Transfer Protocol) akan dibuat secara otomatis.
  • Terbuat new folder pada public_html yang telah dibuat khusus untuk file Addon Domain website sehingga terpisah dengan domain yang utama.
  • Tidak perlu membeli hosting yang baru guna membuat website pada domain baru tersebut.

 

Addon Domain adalah domain baru yang ditambahkan pada hosting setelah adanya domain utama. Addon domain berbeda dengan domain utama, sehingga terdapat beberapa fitur yang tidak bisa dilakukan addon domain layaknya domain utama. Dengan menggunakan Addon domain maka Anda tidak perlu mengeluarkan budget lebih untuk membeli hosting. 

Artikel Terkait :