7 Plugin Page Builder Populer Untuk Kustomisasi Template Wordpress Lebih Maksimal, Cukup Klak Klik Drag Drop

7 Plugin Page Builder Populer Untuk Kustomisasi Template Wordpress Lebih Maksimal, Cukup Klak Klik Drag Drop


Salam, ketika CMS (Content Management System) dikenalkan pertama kalinya, diawal-awal masanya ada PHPNuke, kala itu belum begitu populer mendominasi perwebsitean khususnya di Indonesia, dimana web developer cenderung memilih koding sendiri ketimbang menggunakan CMS yang dirasa masih terbatas, untuk menambahkan fitur perlu mempelajari algoritma yang malah cenderung lebih lama ketimbang menggarap website dengan koding sendiri.


Namun hadirnya PHPNuke memiliki hikmah, yakni menjadi pemicu buat perkembangan CMS-CMS lainnya untuk ikut muncul kepermukaan seperti Wordpress, Joomla, Drupal, dan lain sebagainya. CMS-CMS ini dibuat untuk pekerjaan lebih cepat dan efisien. Alasan lainnya membuat orang-orang yang tidak memiliki skill koding namun bisa mengembangkan website nya sendiri. Hingga saat ini. Namun tetap saja untuk pengembangan saat ini user masih membutuhkan sedikit skill koding untuk bisa mengembangkan website. Pada akhirnya meskipun CMS-CMS ini di buat untuk memudahkan membuat website, tetap saja orang-orang masih menggunakan pihak ke 3 untuk membuat website sesuai dengan keinginan dari segi tampilan dan konten.

Belakangan beberapa vendor membuat pengembangan website menggunakan CMS menjadi jauh lebih mudah lagi, dan lebih fleksibel, dalam konteks fleksibel kostumisasi tampilan. Vendor-vendor tersebut memanfaatkan CMS yang saat ini sangat populer, tentunya sangat bisa diandalkan, baik untuk menghandle website skala kecil maupun besar, wordpress.

Pemanfaatan wordpress menggunakan plugin, dalam mengkostumisasi wordpress lebih maksimal, istilah lumrahnya adalah theme builder. Sebelumnya ada yola,jimdo,wix dan web builder lainnya menyediakan kostumisasi tampilan dengan cara drag drop tanpa skill koding dan live, dan kini fitur tersebut hadir juga di wordpress, dalam bentuk plugin wordpress. Dan keunggulan wordpress salah satunya adalah self hosted. Anda bisa bebas meletakkan scriptnya di hosting manapun, namun saran dari penulis, setelah sekian lama mencoba berbagai jenis hosting, akhirnya pilihan penulis jatuh kepada jasa hosting niagahoster, karena kualitasnya yang terjaga dan juga supportnya yang cepat tanggap.

Ini Dia 7 Plugin Populer Untuk Kustomisasi Template Wordpress Lebih Maksimal.

 

1. Beaver Builder

Beaver builder adalah plugin page builder paling populer digunakan di wordpress, tercatat ada lebih dari 500rb website menggunakan beaver builder di halaman webnya, dengan banyak fitur yang Anda bisa membuat layout halaman website tanpa skill koding sama sekali dan tentunya betul-betul sesuai kebutuhan Anda. Selain 500rb pengguna page builder Beaver Builder, ada sekitar 100rb orang menggunakan template berbayar yang dikeluarkan oleh beaver builder, dimana Anda bisa lebih menyesuaikan kebutuhan Anda dalam membuat web berdasarkan preset yang disediakan, sehingga pekerjaan jadi lebih cepat lagi nantinya.

Module-module yang tersediakan didalamnya sudah termasuk untuk menyisipkan HTML Tag, Text Editor, Photo, Audio video dan lain sebagainya. Anda bisa menyisipkan photo, menyetel warna background, bahkan bisa memilih video untuk dijadikan background layout website Anda. Dan tentunya semuanya sudah support mobile friendly atau yang sekarang familiar dengan istilah responsive.

Untuk fitur yang lebih lengkap Anda bisa kunjungi langsung website officialnya https://www.wpbeaverbuilder.com/

 

2. Divi Builder

Page builder di posisi lainnya ada Divi Builder. Divi builder tersedia dalam themes yang premium, theme wordpress tentunya. Namun selain di bundle begitu Anda juga bisa menggunakannya secara standalone, plugin tersendiri.

Yang istimewa dari divi builder adalah dalam hal kecepatannya, dan juga tersedia front editor. Anda bisa mengkostumisasi themes dari frontendnya. Yang lebih menariknya lagi, semuanya bisa dilakukan tanpa memerlukan skill koding/programming sama sekali.

Divi builder secara defaultnya memiliki 20 lebih layout options yang bisa Anda gunakan. Dan Anda bisa membuat layout hanya dalam hitung menit.

Tak kalah dari beaver builder, divi pun memiliki ratusan fitur, option-option yang bisa Anda manfaatkan dalam membuat layout website.

Dan lebih hebatnya lagi Divi memiliki A/B Split Testing yang digunakan untuk mengetes kecepatan akses halaman yang dibuat oleh divi yang tentunya nanti akan diberikan anjuran optimasinya. Selain A/B Testing ada juga Conversion Optimization Tools, yang memberikan Anda masukkan nantinya halaman seperti apa yang membuat tinggi conversion rate tentunya berhubungan dengan penjualan.

Untuk fitur yang lebih lengkap Anda bisa kunjungi langsung website officialnya https://www.elegantthemes.com/plugins/divi-builder/

 

3. Elementor

Page builder lainnya ada elementor. elementor termasuk baru dikelas plugin page builder. Meskipun baru tetap memiliki kehandalan-kehandalan yang bisa di andalkan.

Dengan elementor Anda bisa melakukan kostumisasi tinggi dan lebar dari sections (tag HTML) bisa meresize column yang ada dalam template, dan juga membuat perataan column, ingin diletakkan di tengah kah, atas, atau di bawah, ini adalah fitur yang tidak dimiliki page builder yang lainnya.

Elementor juga menyediakan template-template dasar yang bisa Anda otak-atik, Anda bisa mensave layoutnya, ada operasi export dan import untuk layout yang telah Anda buat. Dan kerennya elementor adalah mampu berintegrasi dengan plugin pihak ke tiga, plugin pihak ke tiga ini bisa di masukkan ke dalam widget yang dibuat oleh elementor. Dan dengan elementor Anda bisa memberikan style widget nya. Elementor hadir dengan 400+ icon dan 800+ google fonts.

Untuk fitur yang lebih lengkap Anda bisa kunjungi langsung website officialnya https://elementor.com/

 

4. WP Bakery Page Builder

Jika Anda pernah bertransaksi di themeforest, envato atau codeCanyon, Anda pasti familiar dengan plugin WP Bakery Page Builder. PLugin ini dijual di marketplace produk digital milik envato yakni CodeCanyon. The plugin features include an intuitive inline frontend editor, custom post type support, custom CSS support, social plugin support, and many others. It is 100% WooCommerce compatible and compatible with the Yoast SEO plugin as well.

Plugin WP Bakery Page Builder ini memiliki fitur inline frontend editor, support custom post type, custom CSS support, social plugin support, dan banyak lagi yang lainnya. Dan kerennya jika Anda membuat toko online WooCommerce sangat kompatible dengan page builder ini, dan juga plugin Yoast SEO jalan dengan baik di plugin page builder ini.

WP Bakery Page memiliki pustaka template, dan ya tentu Anda bisa mensave layout yang sudah Anda buat menggunakan WP Bakery Page Builder.

Kelebihan yang lainnya apabila di sandingkan dengan plugin kompetitornya harga plugin WP Bakery Page Builder itu jauh lebih murah.

Untuk fitur yang lebih lengkap Anda bisa kunjungi langsung website officialnya https://wpbakery.com/

 

5. Themify Builder

Themify Builder tersedia dalam 40 lebih template profesional (berbayar), Anda bisa membuat landing page yang Indah dalam hitungan menit menggunakan Themify Builder.

Page Builder Themify ini memiliki editor yang tersedia di backend juga frontend. Cukup keren karena memiliki 60 jenis efek animasi, yang bisa di terapkan kepada layout yang dibuat menggunakan themify builder. Anda juga memberikan style layout yang Anda buat menggunakan Google Fonts.

Untuk fitur yang lebih lengkap Anda bisa kunjungi langsung website officialnya https://themify.me/builder

 

6. WP Page Builder

Page Builder lainnya yang cukup terkenal adalah WP Page BUilder, Page Builder ini fokus fiturnya dibagian Frontend, ini artinya untuk melakukan perubahan Anda cukup masuk saja ke bagian depan wordpress yang live, dan Anda lakukan perubahan disitu.

Sama dengan page builder lainnya operasi seperti copy paste, undo redo tersedia dalam page builder ini, dan Anda bisa melakukan save, export dan import layout yang telah Anda buat menggunakan page builder ini.

Yang menarik lainnya dari page builder ini Adalah, Anda bisa menyimpan pekerjaan Anda dan hal itu bisa digunakan untuk template yang lainnya tanpa mengulang dari awal. Jelas ini fitur yang sangat mantap.

WP Page Builder memiliki banyak block Addon yang bisa di drag dan drop untuk diterapkan dalam layout website Anda. Yang sangat menarik lagi adalah WP Page Builder itu tersedia gratisan.

Untuk fitur yang lebih lengkap Anda bisa kunjungi langsung website officialnya https://wordpress.org/plugins/wp-pagebuilder/

 

7. Visual Composer

Visual Composer merupakan website builder, hadir dengan tujuan membantu user untuk membuat layout website dengan sangat cepat. Mirip dengan Beaver dan Divi, memiliki Real Time Frontend editor yang memungkinkan Anda untuk membuat layout di bagian frontend website Anda, artinya tak perlu pergi ke dashboard untuk membuat layout website.

Visual Composer memungkinkan Anda untuk mengedit Header, Logo, Background , sidebar footer dan lain sebagaianya.

Plugin ini sangat powerfull, memiliki pilihan untuk bisa mengedit berbagai element dari halaman website Anda. Tersedia pilihan untuk memberikan background yang lebih stylish, seperti paralax background, gradient, carousel, zoom in zoom out, video background dan lain sebagainya. Dan visual composer menyediakan block-block baris dan kolom yang flexibel sehingga Anda bisa melakukan editing layout dengan sangat flexible.

Untuk fitur yang lebih lengkap Anda bisa kunjungi langsung website officialnya https://visualcomposer.com/

 

Sekian pembahasan mengenai page builder untuk CMS Wordpress, selamat bereksplorasi, semoga bermanfaat, jangan lupa untuk share artikel ini jika dirasa bermanfaat.

Terima Kasih

Loka Dwiartara
Co-founder Ilmuwebsite.com

 

Artikel Terkait :