.

Tidak ada komentar BYAdmin Ilmuwebsite

Alkisah 3 orang ilmuwan dari berbagai negara, Inggris, Jerman dan Indonesia berkumpul untuk membicarakan kehebatan teknologi dari negara masing-masing.

Ilmuwan Inggris : Setelah kami gali tanah di negara kami sedalam 1 meter di setiap tempat di negara kami, kamu menemukan bekas-bekas adanya pecahan RG45, kami menyimpulkan bahwa negara kami sudah menggunakan kabel UTP untuk menunjang kebutuhan lajur data antar kota selama ratusan tahun.
Karena tak mau kalah ilmuwan jerman pun maju berbicara

Ilmuwan Jerman : Kami simpulkan bahwa sudah hampir ratusan tahun negara kami menggunakan fiber optik untuk mendukung lajur data tiap-tiap rumah penduduk di negara kami untuk bisa saling berkirim email dan mengakses facebook (padahal ratusan tahun yang lalu mana ada facebook, as you know hehe)
Saking panasnya karena tidak ada angin + tidak ada hujan dan tak mau kalah pula, akhirnya Ilmuwan Indonesia pun berbicara

Terbatas hanya sampai 24 Agustus 2018 Paket Lengkap Mahir Web Development Bangun 5 (jenis) Project Website + Mahir Membuat Aplikasi Android (4 Project + Upload Playstore)

Hanya Rp 127.000 (Total 4 DVD). Dibuat oleh praktisi yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang web development (Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)


Ilmuwan Indonesia : Kami sudah menggali sedalam 1 meter, tidak menemukan apa-apa, pun sudah kami gali sedalam 5 meter di setiap tempat di berbagai dataran di negara kami, dan kami juga sudah menggali hingga 20 meter, sehingga pada akhirnya kami mengetahui bahwa nenek moyang kami sejak dahulu kala ternyata sudah menggunakan jaringan 4G LTE dan sudah mengetahui adanya teknologi LIFI (cekidot http://tekno.kompas.com/read/2015/02/16/21050097/LiFi.WiFi.Berbasis.Cahaya.Berkecepatan.100.Gbps) .

Haha… sekedar humor pagi bukan untuk meremehkan bangsa sendiri, karena kita tidak begitu, mengapa karena sudah lama sekali Bapak Onno W Purbo menginspirasi orang-orang Jerman, Ghana, Belanda untuk membebaskan Frequensi 2,4Ghz. Sehingga wajar jika ada petisi yang mengangkat Pak Onno untuk jadi menteri informasi dan teknologi.

Sejak salah satu vendor perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia yang kebetulan masih milik negara, mengenalkan ISP nya menggunakan fiber optik, sehingga menghasilkan kecepatan akses internet yang warr biazah (mengambil istilah dari salah satu vendor telekomunikasi swasta yang kerap kali promosi lewat sms pagi-pagi sekali). Ind*h*m* tuuuttt.. disensor, cepat dan relatif murah. Namun sebelumnya beredar isu-isu mitos mengenai fiber optik yang sedikit mengganggu yang mana perlu diluruskan.

Apa saja mitos-mitos mengenai kabel fiber optik itu ?

Kabel Optik Sangat Muahall?

Dahulu untuk menggunakan kabel optik biayanya sangat mahal sekali, sangat-sangat mahal sekali harganya ketimbang kabel tembaga yang biasa digunakan untuk jalur data. Namun kini karena penurunan biaya produksi dan kemudahan membuat terminasi kabel, sehingga pada akhirnya harga kabel fiber optik cenderung jauh lebih murah tidak seperti dahulu kala. Selain murah, kabel optik kini pun lebih mudah untuk dimaintain.

Kabel Optik Sangat Susah Diterminasi

Selain harganya mahal, dahulu kala juga orang mengetahui bahwa fiber optik sangat susah diterminasi. Kabel optik adalah kabel yang amat rapuh, sehingga membutuhkan kehati-hatian sekali dalam proses terminasinya. Dan kabel optik sendiri sangat berbahaya sekali sehingga Anda membutuhkan pelindung. Dengan kemajuan teknologi seperti saat ini, kabel optik bisa diterminasi dengan sangat mudah, bahkan untuk bisa melakukannya Anda cukup ditraining sebentar saja, sama ketika Anda ditraining untuk bisa membangun jaringan menggunakan kabel UTP.

Kabel Optik Mustahil Untuk Dihack

Kita tahu bahwa kabel optik digunakan untuk jaringan komputer. Isu yang paling sensitif mengenenai jaringan komputer adalah kemampuan yang dimiliki seseorang yang tak diundang untuk mengakses informasi rahasia lewat kegiatan hacking. Kabel optik menggunakan cahaya yang mana menyulitkan seorang hacker untuk mengakses data Anda. Namun bukan berarti tidak mungkin seorang hacker untuk mengakses informasi rahasia milik Anda. Sangat mungkin sekali seorang hacker layaknya berhacking ria menggunakan jaringan kabel begitu juga dengan jaringan kabel fiber optik. Sehingga sangat diwajibkan untuk mengenkripsi data sebelum mengirim data, sehingga data tetap aman.

Infrastrukturnya Berbeda dengan Kawat Tembaga

Yang kita tahu bahwa infrastruktur kabel antara kawat tembaga dengan kabel fiber optik itu sangat jauh berbeda. Padahal kebanyakan bagiannya itu mirip. Mulai dari kotak kabel, colokan kabel (patch cable), wall plates, bahkan apabila kita lihat, layout antara dua jaringan yang terkoneksi juga mirip.

Ya begitulah 4 mitos mengenai kabel fiber optik, semoga menambah wawasan kita, semoga bermanfaat. Salam.

Sumber : ezinearticles.com

No Responses

eXTReMe Tracker