Home > Menengah > Web Development > Tutorial PHP > Update status Twitter menggunakan DABR dan Twitter API

.

7 Komentar Untuk Artikel Ini BYcahpekok

Pernahkan temen-temen liat status follower di Twitter yang memakai keterangan bahwa mereka update status menggunakan sarana yang berbeda-beda, misalnya : 6 minutes ago from UberTwitter, 1 minutes ago from dabr, dan lain sebagainya. Nah bisakah kita membuatnya seperti itu? BISA..!!!

Kemarin saya sudah pernah buat tutorial mengenai bagaimana update status twitter menggunakan curl sederhana. Nah kali ini saya mau share lagi tentang salah satu cara bermain-main dengan Twitter API (oAuth). Saya menggunakan aplikasi DABR sebagai salah satu media untuk berinterkasi dengan Twitter, karena DABR didalamnya sudah terdapat oAuth yang merupakan sarana yang menjembatani kita dengan Twitter. DABR sendiri merupakan sebuah aplikasi yang siap pakai yang bisa kita pergunakan untuk update status maupun melihat aktifitas twitter kita. Sebenernya konsepnya hampir sama dengan tutorial yang kemarin saya buat. Hanya saja ketika update status menggunakan aplikasi yang kemarin, kita bisa lihat ada keterangan bahwa kita update status “via API”. Nah kali ini saya mau coba mengubah keterangan update statusnya menjadi nama kita atau website kita.

  1. Yang paling penting adalah temen-temen harus punya akun Twitter, kalo belum punya silahkan register dolo :D
  2. Daftarkan aplikasi yang ingin temen-temen buat ke Twitter disini. Gunakan username dan password Twitter temen-temen untuk login. Klik link Sign In di sbelah kanan atas halaman web.
  3. Setelah login mungkin ada sedikit masalah yakni “url not found” cek url web yang “http://dev.dev.twitter.com/” ganti menjadi http://dev.twitter.com/
  4. Setelah berhasi login temen-temen akan diarahkan ke halaman ini.
  5. Pilih Your Apps untuk mendaftarkan aplikasi temen-temen.
  6. Kalo udah ntar muncul halaman jumlah aplikasi yang pernah kita buat, kalo sebelumnya belum pernah buat. Kalo belum pernah buat ya pasti kosong :D.
  7. Kalo udah, klik “Register New App” trus isi dech formnya.
  8. Keterangan ngisi formnya.
    • Application name adalah nama aplikasi yang ingin kita buat.
    • Description adalah deskripsi dari aplikasi yang ingin kita buat (kalo bisa isi dengan bahas inggris :D ).
    • Organization adalah organisasi dimana kita bergabung.
    • Aplication website adalah website kita. Contoh : kalo ada follower yang pasang status ada keterangan via UberTwitter pas link Uber Twitter kita klik maka akan diarahkan ke website ubertwitter.
    • Application type adalah tipe dari palikasi yang ingin kita buat, pilih tipe Browser.
    • Callback Url merupakan url tempat kita menginstal DABR. Kita harus punya domain dan hosting sendiri untuk menempatkan file-file DABR. Nah tempat temen-temen upload file-file DABR itulah url callback temen-temen. Misal temen-temen punya domain www.domainsaya.com trus temen-temen buat folder dengan nama twitter, n temen-temennaruh filenya disitu maka url callbacknya adalah : http://domainsaya.com/twitter
    • Default Access type adalah hak akses yang ingin kita dapatkan, kalo pilih Read-only temen-temen cuma bisa melihat status-status kita aja, kalo Read & Write maka temen-temen bisa update status dan melihat daftar status temen-temen. Disarankan untuk milihyang Read & write.
    • Application Icon adalah icon aplikaso kita, dikosongkan dulu gak papa temen-temen bisa menambahkannya nanti.
  9. Kalau udah selesai ngisi formnya klik Register application. Kalo muncul modal box, klik Accept. Kalau berhasil maka temen-temen akan diarahkan ke halaman dimana disitu ada keterangan tentan consumer_key, consumer_secret, API key dll.
    Note : consumer key dan consumer secret itu yang nanti kita gunakan untuk autorisasi ke Twitter.
  10. Kalo udah, berarti temen-temen udah selelsai mendaftarkan aplikasi ke Twiter. Sekarang pindah ke aplikasi DABR, bagi yang belum punya bisa download disini. Untuk panduan instalasinya bisa dilihat disini.
  11. Kalo udah download DABR, silahkan temen-temen upload semua file DABR ke folder dimana temen-temen telah mempersiapkannya. Dalam kasus ini saya pake http://cahsleman.com/tuat-tuit/
  12. Setelah diupload rename file config.sample.php menjadi config.php lalu edit sedikit scriptnya dibagian ini :
  13. Simpan file. Setelah itu akses file aplikasi DABRnya (file tempat instalan DABR) dalam kasus ini saya pake : http://cahsleman.com/tuat-tuit/. Kalau berhasil instalasinya maka akan tampil halaman seperti dibawah ini :
  14. Jika temen-teman login menggunakan halaman itu maka ntar kalo pas update status keterangannya akan via dabr. Nha biar untuk ngecek aplikasi kita jalan ato nggak klik link “Sign in with Twitter/OAuth”.
  15. Kalau berhasil maka akan muncul halama seperti ini :
  16. Klik Allow untuk lanjut. Klao berhasil maka akan diredirect ke halam tempat instalasi DABRnya.
    [hiks… ketahuan ane follower Tantri kotak. Ah yo ben…!! :D ]
  17. Sekarang coba Pasang status lewta form yang disediakan. Trus liat di Twitter teman-teman.
  18. Selesai… Hee..mudah kan…. Yang mau. Untuk pengembanga lebih lanjut, teman-teman bisa cari sendiri tuorial lainya :D.

Makasih. Mohon maaf jika ada salah.

DVD Video Tutorial : Kursus Web Development Komplit Bangun 5 Project Aplikasi Website - Membuat CMS Sendiri Dari Nol, Blog, Portal Berita, Ecommerce, Web Komunitas dengan CodeIgniter 3 JQuery AJAX Bootstrap

Video Tutorial Kursus Web Development Komplit Bangun 5 Project Website ini merupakan ‘penunjuk arah’ agar Anda yang sedang maupun baru akan terjun ke dalam dunia web development yang lebih mendalam memiliki peta perjalanan pembelajaran yang lebih terarah menuju web developer professional. (Disertai pembelajaran dasar HTML CSS, JQuery, PHP & MySQL, CodeIgniter) Dibuat oleh praktisi yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang web development (Pemesanan bisa SMS/WA ke 0813 1167 5785, atau bisa pesan secara online di sini)



7 Response untuk Artikel Ini

  1. Jatrasmara

    Tutorial nya bagus kk, Tq.


  2. nasrul

    mas, izin langganan feednya di http://www.indotwit.com/kpi


  3. mekz

    gan.. hostingan apa ya yg kira2 bisa callback itu API.
    saya coba pke hostingan yg gretongan malah error. sepertinya hosting yg ada / gretongan ga bsa callback API nya -.-”

    mohon pencerahan gan, saya mw cobacoba dlu pke hosting yg gretongan soal nya gan. :D

    reply pls. makasih banyak gan. :semangat:


  4. cahpekok

    @meks : kayaknya semua hostingan bisa, hosting gratisan pun oke-oke aja, yang penting kita bisa naruh file2 dabr tu dah bisa dijadiin url callback, asal url calbacknya sama dengan tempat instalan dabrnya…


  5. mekz

    @cahpekok ohh gtu gan.. sek brb ane coba dlu :) makasi pencerahan nya gan :D


  6. H4x0r-x0x

    klw nggak salah tuh file kgk lengkap ya?
    file
    setting/
    retwitt/
    follower/
    upload/
    photo/
    logout/
    dll…
    dimana tuh bs dapetinya?


  7. cahpekok

    @H4x0r-x0x :
    loh itu file apa…??
    setauku di file dabr-nya gak sebanyak itu..
    di file hasil extrak dabr-nya tu cuma ada 3 folder (browser, common, images) trus ada kurang lebih 5 file (php, txt , html n htaccess)..
    ente salah download kali gan….

    ni ane kasih linknya aja dech :

    http://code.google.com/p/dabr/downloads/list
    silahkan ke TKP gan
    :ngacir2

    :ngakak


eXTReMe Tracker