belajar membuat website

Teknik Fotografi Alam di Pagi Hari

Klik Disini, jika ada Link Rusak / Kode Tidak Jalan


teknik fotografiHalo, kembali dengan saya Yogi Wicaksono, kali ini saya masih akan mengangkat tema dasar dari teknik fotografi yaitu teknik pengambilan foto di pagi hari, khususnya ketika matahari baru saja terbit. Prakiraan waktunya adalah di kisaran pukul 6.30 sampai dengan 7.30. Dan sebenarnya jika mau memaksimalkan  Point Of Interest (POI) yang diam, saat ini adalah saat yang paling tepat, karena disana kita bisa dapat cahaya yang unik, apalagi jika kita beruntung mendapati kabut maka Ray Off Light (ROL) juga akan kita dapatkan.

Lantas bagaimana sebenarnya teknik fotografi yang baik dalam memanfaat situasi sunshine ini ? karena durasinya yang sangat singkat maka tentu saja manajemen waktu yang paling penting, jangan sampai anda berniat meng-capture situasi langsung matahari terbit maupun efek yang dihasilkan namun anda berangkat menuju lokasi jam 8 pagi. Itu ibarat bulan merindukan pungguk saja namanya. :D

Baik, selain harus tepat waktu ke lokasi pengambilan gambar berikut tips yang saya berikan.

1). Hindari pengambilan gambar di mana objek, khususnya objek macro yang membutuhkan focal length dan jara foto dekat berada di depan anda sementara anda berada tepat membelakangi matahari, lihat gambar berikut :

teknik fotografi

(Gambar 1 – Posisi fotografer diantara POI dan arah datangnya sinar matahari).

Untuk menghindari bayangan fotografer, anda bisa mencari objek yang tidak lebih rendah dari anda, atau objek yang bisa diambil dari jarak jauh, jika makro tentu saja menggunakan lensa tele makro,

atau mungkin masih bisa menggunakan tripod sementara anda bisa mengambilnya dengan cara melakukan preview terlebih dahulu kemudian merelease dengan cara menunduk atau berjongkok.

2). Hindari pengambilan gambar di mana objek berada di antara fotografer dan sinar matahari, karena akan menimbulkan efek siluet atau backlight. Kecuali jika memang anda menginginkan foto siluet.

teknik fotografi

(Gambar 2 – Posisi POI diantara Fotografer dan arah datangnya sinar matahari).

Ini tentu saja posisi yang salah ketika anda menginginkan hasil POI yang jelas, namun ini akan menarik ketika anda menginginkan hasil POI menjadi sebuah seni Siluet.

3). Posisi yang paling baik adalah anda mengambil gambar dari sudut sebelah kiri atau sebelah kanan POI atau Objek. Perhatikan gambar berikut :

image006

(Gambar 1 – Posisi fotografer di sisi sebelah kiri/kanan/serong POI dan arah datangnya sinar matahari). Dengan menggunakan posisi ini capture anda akan menghasilkan gambar yang jelas, tidak terdapat bayangan, namun akan mendapati POI anda dengan gradasi cahaya yang cantik.

Berikut beberapa gambar yang dihasilkan dengan tips teknik fotografi diatas, dan saya mengambil gambar tersebut pada pukul 7.15 dengan menggunakan kamera Android.

teknik fotografi

image009

image011

Mudah-mudahan teknik fotografi ini betul-betul bisa Anda manfaatkan. Selama bertemu di pertemuan teknik fotografi berikutnya.

Ilmuwebsite Offline (Mempelajari Dunia Web Development dan Web Design Jauh Lebih Mudah)

Ingin tau lebih jelas,cara membuat website dinamis atau cara membuat aplikasi berbasis website? Klik disini Anda akan jauh lebih mudah dan terstruktur dalam mempelajari web design dan web development, 1. HTML CSS, 2. JQUERY, 3. PHP MySQL, 4. CodeIgniter, 5. Joomla dan 6. WordPress. Materi berupa video tutorial, contoh kasus, file latihan, yang bisa mengantarkan Anda menuju web developer handal!


Masukkan Komentar di sini :

Powered by Google+ Comments

eXTReMe Tracker