Home > Menengah > Seputar CMS > Review CMS > Open-School : Alternatif School Management System Yang Free dan Kaya Fitur

.

5 Komentar Untuk Artikel Ini BYAdmin Ilmuwebsite

Sebuah sekolah pastinya membutuhkan suatu sistem tersendiri, sistem yang dapat memudahkan antara interaksi siswa, orang tua, guru, dan sekolah itu sendiri. Kebutuhan-kebutuhan dari sekolah mulai dari penyediaan kalender pendidikan hingga jadwal pelajaran, aplikasi pembuatan soal yang terintegrasi secara online sehingga siswa bisa mengerjakan secara online, pemberian PR secara online, forum belajar online, penyediaan artikel-artikel yang menarik siswa untuk terus belajar, penyediaan buku yang bisa di unduh secara bebas, hingga hal-hal yang berhubungan dengan administrasi siswa. Sebetulnya ada beberapa aplikasi buatan lokal yang sudah memenuhi itu semua, bahkan hingga merambah ke bagian managemen, sampai-sampai saya sendiri berdecak kagum karena aplikasi seperti ini benar-benar memanjakan sistem managemen sekolah, orang tua, guru dan siswanya, sebagai contohnya : untuk orang tua yang ingin melihat laporan hasil belajar anaknya pun tidak perlu repot-repot untuk datang ke sekolah, cukup akses via secara online saja. Benar-benar sistem yang memudahkan dan benar-benar lengkap, yang hebatnya lagi ada aplikasi seperti ini dimana pihak dinas pendidikan bisa mengetahui seberapa baik peringkat sekolah di satu kota, ck ck ck … namun kekurangannya adalah aplikasi ini terbilang cukup mahal, wajar karena fiturnya pun benar-benar seperti menggantikan sistem managemen yang ada hingga menjadi memudahkan sekali.

Sesuatu yang komersil pasti selalu akan ada versi open sourcenya dimana anda bisa mengunduhnya secara bebas, free, dan pemakaian tanpa batas. Open School : Open Source School Management System merupakan suatu CMS open source berbasis web yang mengkhususkan dirinya sebagai School Management System yang dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan seperti saya sebutkan tadi, aplikasi ini gratis namun fiturnya tidak kalah dengan aplikasi managemen sekolah yang berbayar. Untuk mengetahui fiturnya anda bisa langsung kunjungi web officialnya, http://www.open-school.org/.

Meskipun masih alpha, tapi anda sudah bisa langsung mencicipinya. Silahkan masuk ke dalam halaman : http://www.open-school.org/download.html untuk mencobanya.

DVD Video Tutorial : Kursus Web Development Komplit Bangun 5 Project Aplikasi Website - Membuat CMS Sendiri Dari Nol, Blog, Portal Berita, Ecommerce, Web Komunitas dengan CodeIgniter 3 JQuery AJAX Bootstrap

Video Tutorial Kursus Web Development Komplit Bangun 5 Project Website ini merupakan ‘penunjuk arah’ agar Anda yang sedang maupun baru akan terjun ke dalam dunia web development yang lebih mendalam memiliki peta perjalanan pembelajaran yang lebih terarah menuju web developer professional. (Disertai pembelajaran dasar HTML CSS, JQuery, PHP & MySQL, CodeIgniter) Dibuat oleh praktisi yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang web development (Pemesanan bisa SMS/WA ke 0813 1167 5785, atau bisa pesan secara online di sini)



5 Response untuk Artikel Ini

  1. triaszt

    bagus tuh, coba Indonesia semua pake gitu, maju deh Indonesia!!


  2. Fredy

    Kok linknya nggak jalan Boss. Ada link yang lain?


  3. Farel

    Mas Dwi,

    Aku coba buka yg open-school.org itu ko gak menemukan software yang di maksud ya ? apa aku yang salah ya ? tapi aku sudah klik sesuai dengan url yang ada di artikel mas Dwi nih… tolong mohon masukannya Mas.

    Tks,
    Farel


  4. hisyam

    hai bapak.

    saya sudah install software ini, ada sedikit masalah.. kenapa ia keluar eror seperti ini ya?

    Warning: include_once(ERROR_PAGE) [function.include-once]: failed to open stream: No such file or directory in /home/upahbcom/public_html/koloh/includes/modules.php on line 87

    Warning: include_once() [function.include]: Failed opening ‘ERROR_PAGE’ for inclusion (include_path=’.:/usr/lib/php:/usr/local/lib/php’) in /home/upahbcom/public_html/koloh/includes/modules.php on line 87

    harap bapak dapat membantu, apa masalah skrip ini ya..

    terima kasih bapak.. :)


eXTReMe Tracker