Home > Pemula > Belajar PHP > Menggunakan Echo atau Print

.

10 Komentar Untuk Artikel Ini BYAdmin Ilmuwebsite

Halo, selamat datang kembali di artikel belajar php ilmuwebsite.com yang kesekian kalinya. Dengan Al-k di sini, saya akan coba bahas dua buah fungsi yang sering kita gunakan, yakni echo dan print, kadang kita dibuat pusing antara dua pilihan tersebut, menggunakan echo atau print ketika ingin menampilkan isi dari suatu variable, atau hanya sekedar menampilkan text biasa sebagai alert dari suatu proses yang telah dikerjakan. Echo atau Print? Echo atau Print? Echo atau Print? begitu seterusnya… Sedikit bingung memang. Selain echo dan print php juga menyediakan banyak alternatif untuk syntax yang lain, beda fungsi namun tugasnya masih sama, tambah pusing, tambah bingung.

Penulis sendiri cukup bingung memilih salah satu dari keduanya, echo atau print? echo atau print? namun setelah mempelajari berbagai CMS yang ada seperti joomla, drupal, wordpress, ternyata mereka para web developer cenderung menggunakan echo ketimbang print, lantas apa alasannya???

Mari kita dalami. Seorang developer bahasa php pernah melakukan pengetesan, dan hasilnya adalah echo itu 15% lebih cepat prosesnya ketimbang fungsi print (dalam milisecond). Dan sudah menjadi rahasia umum jika print itu merupakan fungsi yang mengembalikan nilai didalamnya (returning value). Dan ada alasan lain mengapa para developer kebanyakan lebih menyukai menggunakan echo ketimbang print, alasan lain adalah, efisiensi waktu, karena echo itu cuma membutuhkan 4 huruf yang harus diketik, sedangkan print itu memiliki 5 huruf untuk diketik. Tapi memang ini kenyataannya. Seorang programmer malas menulis huruf ‘t’. Dan ini sudah menjadi naluri alami seorang manusia, memilih yang lebih singkat. Toh hasilnya sama saja.

Oke, untuk efisiensi selanjutnya adalah penggunaan :
echo “$variable1 dan” . “$variable2? yang akan ditampilkan” . “diletakkan disini”;

ternyata memakan banyak resource, karena tanda titik? memiliki fungsi untuk mengadd/menambahkan isi suatu variable, bukan menyambung atau meneruskan. Beda antara menambahkan dengan meneruskan adalah seperti ini :

Menambahkan itu memiliki arti, membuka variable baru kemudian menambahkan isi kedalam variable tersebut, lalu menutup variable tersebut.
Sedangkan menyambung atau meneruskan memiliki arti, variable-nya itu sudah dibuka? tinggal meneruskan isi variablenya.
Menambahkan terdiri dari tiga proses, sedangkan menyambung atau meneruskaan cuma melakukan satu proses.

penggunaan echo yang baik adalah sebagai berikut :
echo $variable , “dan” , $variable2, “yang akan ditampilkan” , “diletakkan disini” ;

saya memisahkan setiap kata disini hanya sebagai simulasi dari kasus sesungguhnya. Echo yang baik itu bukan menggunakan tanda titik untuk menyambung setiap variable, atau menampilkan text, tapi menggunakan tanda koma. Sehingga proses lebih cepat, dan resource yang dibutuhkan semakin sedikit.

Selamat menggunakan echo. :)

DVD Video Tutorial : Kursus Web Development Komplit Bangun 5 Project Aplikasi Website - Membuat CMS Sendiri Dari Nol, Blog, Portal Berita, Ecommerce, Web Komunitas dengan CodeIgniter 3 JQuery AJAX Bootstrap

Video Tutorial Kursus Web Development Komplit Bangun 5 Project Website ini merupakan ‘penunjuk arah’ agar Anda yang sedang maupun baru akan terjun ke dalam dunia web development yang lebih mendalam memiliki peta perjalanan pembelajaran yang lebih terarah menuju web developer professional. (Disertai pembelajaran dasar HTML CSS, JQuery, PHP & MySQL, CodeIgniter) Dibuat oleh praktisi yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang web development (Pemesanan bisa SMS/WA ke 0813 1167 5785, atau bisa pesan secara online di sini)



10 Response untuk Artikel Ini

  1. Imron

    Saya sudah hampir 6 bulan ini sering membuka website ilmuwebsite.com karena saya sedang belajar php. Tetapi sayangnya ada banyak artikel tentang php yang sudah tidak bisa dibuka lagi. Artikel-artikel tersebut adalah:

    1. Membuat fungsi if – ifelse – else.
    2. PHP Looping.
    3. Redirect Halaman.
    4. Membuat login ala cpanel.
    5. Menangkap Variabel Post.
    6. Lebih dalam mengenal array.
    7. PHP dan Class Part1.
    8. PHP dan Class Part2.
    9. Lpenggunaan post dan get.
    10. PHP dan Class Part3.

    Saya harap para pengasuh website ini mau memposting ulang artikel-artikel tesebut atau mengirimkannya ke alamat email saya.
    Demikian atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.


  2. Admin

    mohon maaf, tapi artikelnya sudah di perbaiki semua mas.


  3. dr.emi

    hi al-k ganteng kasepakuda

    maju terus al-k, artikelnya bagus, jangan pernah tidur!!!! hihihi


  4. Jatrasmara

    Sip! bakal kita cb tingkatkan terus kemampuan iweb untuk menyajikan ilmu2 web :D


  5. Imron

    Mas. Ada dua lagi artikel yang tidak bisa dibuka, yaitu:
    “Belajar PHP” dan “Penjelasan | Multi Line String”.
    Saya harap Mas memperbaiki lagi artikel tersebut bisa dibuka.
    Satu lagi. saya ingin mendownload filter form seperti yang disebutkan pada artikel “Fungsi-fungsi untuk memfilter input form”. Tetapi url http://h1.ripway.com/ephii/blogspot/filter_form.zip yang terdapat pada link di blog http://e-phii.blogspot.com/2008/04/download-script-filter-form.html sudah tidak ada sehingga tida dapat didownload. Saya harap Mas mau mengirim file filter_form.zip ke email saya.
    Sekian dari saya. Semoga ilmuwebsite.com tambah maju!


  6. Admin

    oke sudah di perbaiki mas, untuk artikel belajar php itu kosong isiny mas, itu dipakai untuk title description ilmuwebsite engine yang dulu, sekarang sudah berbeda jadi sudah tidak terpakai, dan sudah di hapus. Untuk filter_form.zip segera di kirim via email. Trims.


  7. Asri

    saya baru belajar php saya ingin tahu bagaimana nge-post data yg dibuat dari form tanpa database (mksdnya langsung muncul ga pake mySql) tolong di reply ke email saya ya . ditunggu .


  8. ahmad

    terimakasih atas tutorialnya, pembuatan halaman login sangat saya butuhkan dan untungnya disini ada jadi saya bisa mempelajari dari sini


  9. itx

    terserah yg make sebenernya… hehe


  10. […] sering kita gunakan, yakni echo dan print, kadang kita dibuat pusing antara dua pilihan tersebut, menggunakan echo atau print ketika ingin menampilkan isi dari suatu variable, atau hanya sekedar menampilkan text biasa sebagai […]


eXTReMe Tracker