Home > Lain-lain > News Website > Mengenal Pixel Art

.

Tidak ada komentar BYtovan

Pixel art adalah seni digital yang digunakan ketika game komputer berbasis 2d pertama kali muncul. Pixel art semakin jarang digunakan ketika teknologi visualisasi 3d muncul. Sekarang, dengan adanya game mobile dan gadget-gadget atau handheld game terbaru seperti Gameboy Advance dan Nintendo DS, pixel art digunakan kembali. Dalam artikel ini, penulis akan membahas beberapa contoh pixel art yang cantik dan kemudian kita akan mempelajari beberapa teknik dalam pembuatan pixel art. Tool atau software yang kita butuhkan dimulai dari simple paint program seperti MsPaint sampai software canggih seperti Photoshop. By the way, salah satu seni dari pixel art adalah kesabaran lho :)

Ini adalah contoh dari pixel art.

*Teknik-teknik Pixel Art*

1. Garis Lurus

Mungkin bagi anda yang sudah terbiasa dengan vector, garis terasa sangat sepele. Namun, dalam pixel art, kita tidak bisa menggambar sembarang garis, karena akan terlihat ‘jaggy’ atau tidak halus. Garis yang sering kita lihat dari vector, terlihat smooth karena pada garis tersebut terdapat anti-aliasing. Dalam pixel art juga ada teknik anti-aliasing, kita akan membahasnya juga disini.

2. Garis Melengkung

Untuk pelengkungan, pixel yang digambar pada setiap lengkungan harus konsisten dan berurutan, agar hasilnya terlihat smooth. Dalam contoh dibawah, garis lengkung yang baik menggunakan formasi pixel 6 > 3 > 2 > 1, sedangkan garis lengkung yang buruk menggunakan formasi 3 > 1 > 3.

3. Dithering

Bandingkan 2 gambar diatas. Gambar yang pertama adalah hasil gradiasi menggunakan Photoshop, yang pastinya memuat lebih dari 5 warna, dan gambar yang kedua adalah hasil penggunaan dithering, yang hanya menggunakan 3 warna.

Dalam pixel art, proses membuat sebuah gradiasi, yaitu dengan menggunakan teknik dithering.

4. Anti-aliasing

Generally, you want to add your intermediary colors at the kinks, since that?s where the line breaks and looks uneven. If it still looks too uneven, add another, lighter layer of pixels. Have your intermediary layers flow in the direction of the curve.

I don?t think I can explain it any better than that without complicating things. Just look at the pictures, and I think you will understand what I mean:

Seandainya kita ingin membuat sebuah garis melengkung dan ingin agar garis tersebut terlihat sangat mulus, maka teknik anti-aliasing lah yang digunakan dalam pixel art. Seperti dijelaskan sebelumnya, kegunaan anti-aliasing yaitu untuk membuat sebuah garis menjadi smooth.
Cobalah anda buat sebuah garis melengkung di photoshop, lalu perbesarlah, maka akan terlihat formasi pixel seperti gambar di bawah ini.

Untuk menerapkan teknik anti alias ini, yaitu dengan membuat warna utama yang diiringi dengan warna yang value-nya lebih kecil dari warna utama, atau yang value-nya mendekati warna background jika kita ingin agar garis terintegrasi dengan background.

Contoh penerapan teknik anti-alias yang indah.

Sekian dulu pembahasan mengenai pixel art. Untuk artikel berikutnya, penulis akan menuliskan tutorial pembuatan pixel art, beserta jenis-jenisnya.

See ya :)

source:
http://vantasyartz.deviantart.com
http://pixeljoint.com

DVD Video Tutorial : Kursus Web Development Komplit Bangun 5 Project Aplikasi Website - Membuat CMS Sendiri Dari Nol, Blog, Portal Berita, Ecommerce, Web Komunitas dengan CodeIgniter 3 JQuery AJAX Bootstrap

Video Tutorial Kursus Web Development Komplit Bangun 5 Project Website ini merupakan ‘penunjuk arah’ agar Anda yang sedang maupun baru akan terjun ke dalam dunia web development yang lebih mendalam memiliki peta perjalanan pembelajaran yang lebih terarah menuju web developer professional. (Disertai pembelajaran dasar HTML CSS, JQuery, PHP & MySQL, CodeIgniter) Dibuat oleh praktisi yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang web development (Pemesanan bisa SMS/WA ke 0813 1167 5785, atau bisa pesan secara online di sini)



No Responses

eXTReMe Tracker