Home > Pemula > Belajar PHP > Mengenal Library ADODB PHP

.

6 Komentar Untuk Artikel Ini BYcahpekok

Assalamu’alaikum wr wb.
Baik, kali ini saya akan coba menjelaskan tentang AdoDB. ADODB merupakan sebuah kumpulan pustaka program (Library) untuk bahasa pemrograman PHP dan Phyton yang dikembangkan berdasarkan konsep ActiveX Data Object (ADO) milik Microsoft. Dengan adanya library ADODB ini, memungkinkan para pengembang software (programer) menuliskan kode program menjadi lebih konsisten dalam berkomunikasi dengan database. Karena library ADOdb ini telah dilengkapi fitur-fitur yang instan yang dapat digunakan untuk memanipulasi data dalam database. Keuntungan utama yang diperolah dari penggunaan pustaka ADOdb adalah perubahan database pada sisi aplikasi dimungkinkan dengan minimnya perubahan kode program atau perubahan kode program hanya terjadi pada baris kode untuk koneksi ke database saja.

Untuk saat ini library ADOdb telah mensupport beberapa vendor database seperti : MySQL, PostgreSQL, Interbase, Firebird, Informix, Oracle, MS SQL, Foxpro, Access, ADO, Sybase, FrontBase, DB2, SAP DB, SQLite, Netezza, LDAP, and generic ODBC, ODBTP. The Sybase, Informix, FrontBase and PostgreSQL, Netezza, LDAP. ADOdb juga telah mensupport penuh PHP5. Library ADOdb versi terakhir yang dirilis sampai artikel ini ditulis adalah Adodb510.

Dibawah ini saya berikan contoh penggunaan library ADOdb untuk koneksi database :

Pertama, download library ADOdb kemudian ekstrak dalam sebuah folder lalu buatlah file .php dengan nama koneksi.php dan letakkan satu folder dengan folder ADOdb.

Kemudian file koneksi.php tersebut disi dengan kode seperti dibawah ini :

Beberapa method yang sering digunakan untuk memanipulasi database antara lain :

– Untuk Eksekusi query

– Mengambil data dari database yang akan dimasukan dalam sebuah array()

– Mengambil satu buah record dari database, biasanya untuk query dengan klause WHERE dan data yang akan ditampilkan satu record

– Untuk men-debug query ketika data yang dipanggil tidak muncul atau digunakan untuk mengecek kesalahan. Jika diset 1 atau TRUE maka error eksekusi query akan ditampilkan.

– Mem-parse array (fungsinya sama dengan fungsi print_r() dalam php). Hanya saja untuk adodb_pr() array() akan ditampilkan lebih rapi sehingga mudah untuk dibaca.

Bagi temen-temen yang mau download adodb. Bisa klik disini atau bisa langsung aja kunjungi website adodb.

Mungkin itu yang bisa saya share kali ini. Jika ada kesalahan mohon dimaafkan. Masih newbie..hehhee

Wassalamu’alaikum wr.wb

DVD Video Tutorial : Kursus Web Development Komplit Bangun 5 Project Aplikasi Website - Membuat CMS Sendiri Dari Nol, Blog, Portal Berita, Ecommerce, Web Komunitas dengan CodeIgniter 3 JQuery AJAX Bootstrap

Video Tutorial Kursus Web Development Komplit Bangun 5 Project Website ini merupakan ‘penunjuk arah’ agar Anda yang sedang maupun baru akan terjun ke dalam dunia web development yang lebih mendalam memiliki peta perjalanan pembelajaran yang lebih terarah menuju web developer professional. (Disertai pembelajaran dasar HTML CSS, JQuery, PHP & MySQL, CodeIgniter) Dibuat oleh praktisi yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang web development (Pemesanan bisa SMS/WA ke 0813 1167 5785, atau bisa pesan secara online di sini)



6 Response untuk Artikel Ini

  1. ARCHIEM

    aku bingung dari mana awalnya ketika mo belajar


  2. Uyuy

    Aku mau belajar tapi awalnya dari mana ya???


  3. cahpekok

    @ARCHIEM n Uyuy :
    kalian bisa belajar dari sini (ilmuwebsite.com) disini udah banyak kok tutorial2 yang mengulas tentang pemrograman php, mulai dari pengenalan php sampe tutorial2 keren…
    oke…

    soalnya dulu aku belajarnya juga disini hihihihih….
    yang penting kita sama2 belajar uke…..


  4. ald0

    thanks buat inpony kk….


  5. arief

    – di include dahulu file adodb.inc.php
    – lalu panggil class $DB = NewADOConnection(‘mysql’);
    – $DB->Connect(DBHOST,DBUSER,DBPASS,DBNAME);


  6. cahpekok

    @arief :
    oiya mas bener-bener, lupa naruh script itu hehehee
    makasih udah di ingetin…..


eXTReMe Tracker