belajar membuat website

Mengenal Guitar Pro

Klik Disini, jika ada Link Rusak / Kode Tidak Jalan


Halo, perkenalkan nama saya Awan. Langsung aja ke pembahasan kita, mengenal Guitar Pro. Pernahkah anda mengenal Guitar Pro? Oke, Guitar Pro adalah program musik yang memungkinkan kita untuk membuat aransemen lagu. Menyenangkan, dan cukup berguna untuk yang ingin belajar musik. Apalagi bagi pecinta musik yang gak punya komputer yang wah. Untuk versi program saya mencoba dengan Guitar Pro 5.

Disana terdapat RSE atau Realistic Sound Engine,

gunanya untuk memperdengarkan suara yang realistis. Biasanya kalo kita download trialnya, itu ada versi dengan RSE atau tidak dengan RSE. Kalo gak ada RSE-nya berarti gak bisa dengerin realistic sound, cuman midi doang.

?

Aransemen Lagu

Guitar Pro mendukung multi layer alat musik. Kita bisa memasukkan not balok alat-alat musik yang ada, seperti guitar, piano, bass, drum, dan juga alat-alat musik aneh seperti sitar, oah voice, gunshot, harmonic guitar. Pokoknya aneh dech :D Tapi yang aneh-aneh itu masih berbentuk midi. Belum sepenuhnya realistik.

?

Di program ini terdapat 3 tampilan notasi yang bisa kita pilih. Yaitu notasi not balok, tabs, dan juga keduanya. Bisa diaktifkan atau non aktifkan melalui hide standar notation dan hide tablature pada menu view. Kalo gak di aktifin salah satunya, maka tampilannya menjadi notasi standar dan dibawahnya tablatur.

1

?

Pada bagian atas program, kita bisa lihat terdapat berbagai tool yang ada. Bagi orang yang bisa musik, ini bukan merupakan hal yang membingungkan. Tapi bagi yang belum bisa musik, anda bisa belajar otodidak dari sini. Oke coba yuk kita buat aransemen sebuah lagu. Atau gini aja dech, kita coba kulik sedikit lagu yang udah ada. Contohnya lagunya nidji yang judulnya, biarlaaaaaaaaaaaaaaaah.. huehue. Temen-temen bisa denger live di situs online seperti ini.

?

Kita sedikit analisis lagu ini dulu ok. Misalnya kita berkesimpulan ?setelah sebelumnya berpikir keras dengan wajah yang garang tapi tetap imut >.< ? bahwa lagu tersebut terdiri dari 5 alat musik. Yaitu bright acoustic piano (grand piano juga boleh), lalu dua buah gitar, lalu 1 bass, dan juga 1 drum. Karena itu, kita butuh 5 layer untuk alat musik tersebut. Lalu ketukannya 4 per 4. Lalu masalah tempo, tek tek tek tek (mikirin tempo), ow ternyata lagu ini cukup cepat, kira-kira temponya 140, lalu bass and drumnya agak keras bunyinya, maka baru dech kita set semuanya.

?

Pertama kita klik icon tempo lalu set jadi 140. Kita set ketukan jadi 4 per 4. Lalu kita butuh 5 layer alat musik, layer pertama udah ada, kita edit tuch layernya, klik ganda Track 1 yang letak defaultnya ada dikiri bawah, lalu kita namain Gitar 1, colornya kita biarinin merah, klik ok. Geser volumenya jadi 8. Lalu pada instrumen, kita klik ganda terus kita pilih Overdriven Guitar.

?

?

Terus buat layer dua, klik menu track -> add, pilih instrumen, posisitionnya last, lalu ok. Kita namain Piano,? warnanya kita pilih biru. Klik ok. Kita set volume piano jadi maksimal yaitu 16. Terus kita pilih instrumennya klik dua kali dibagian instrument (di yang tulisannya 25 ? Acoustic Guitar), pilih piano > Bright Acoustic Piano.

Terus buat layer baru, kita namain Gitar 2, warnanya hijau, volumenya 12. Instrumen kita pilih Distortion Guitar.

Lalu buat layer keempat buat drum, pada bagian type, pilih percussion, klik ok, namain drum, warnanya item, ok. Kalo ada windows muncul, tutup aja bro. Lalu set volume jadi 10.

Lalu layer terakhir kita namain Bass, warna kuning, volume max. Instrumennya kita pilih Electric Bass (finger).

?

?

Oke alat-alat udah standby, kita udah siap aransemen, baik, kembali kelapangan upacara. Laksanakan!!!

?

Pertama perhatikan dulu drumnya. Kalo saya perhatikan kombinasinya seperti ini. Duk duk tek duk ces.. tek.. duk duk tek duk ces.. tek.. di iringi juga dengan open hi hat. Are you feeling me? :D

?

Ok yu kita pilih layer drum dengan mengklik drum dengan mouse, lalu masukkan not ?eight note?, lalu ketikkan 36, lalu klik tombol atas, lalu masukkan 57, klik tombol kanan keyboard, lalu masukkan 36, klik tombol kanan lagi masukkan 40 lalu 46 diatasnya.

?

36, 40, 46 itu apa sich? Angka tersebut adalah kode-kode untuk item not. Dalam hal ini adalah item drum. Bisa dilihat dulu dengan mengaktifkan tombol percussion. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini. Klik gambarnya aja untuk memperbesar ok.

?

?

Lalu buat layer Piano, layer Guitar 1, layer Guitar 2, layer Bass. Coba klik ini buat donlod file guitar pro sampel lagu yang saya maksud.

?

Dan lalu.. silakan temen-temen lanjutkan ya. Asik kan. Kalo gak asik, udah jangan diterusin :D

?

Belajar Musik dari Musik Orang Lain

Nah nah nah, ini nich nich nich yang paling saya suka ka ka, kita bisa belajar musik atau memperhebat skill kita dengan belajar musik orang lain. Contohnya kita pengen bisa ngegitar gila-gilaan, maenin melodi gitar sampe buat orang tercengang-cengang huehue, kita cari aja lagu-lagu high skill kayak Dreamtheater, atau Avenged Seven Fold, kita bisa ngegunain program ini untuk itu. Coz di internet, ada banyak banget format Guitar Pro yang dengan bebas bisa didownload. Situs yang paling ganteng menurut siganteng ini adalah http://ultimate-guitar.com. Situs ini menyediakan hampir semua yang saya butuhkan untuk mencari file-file GP band favorite saya. Mulai dari Dreamtheater, bonjovi, Sevenfold, de el el. Yang indo juga ada. Kayak Nidji, Naif, Gigi, de el el.

?

Oke misalnya kita mau cari lagu tadi, yaitu lagu biarlahnya nidji. Cara tercepat saya adalah, saya buka http://google.com lalu ketik site:ultimate-guitar.com nidji tabs, lalu enter. Akan tampil di google yang namanya Nidji Tabs, klik aja itu, terus cari lagu biarlah. Tapi harus di ingat!! Carinya yang sebelah kanannya tertulis Guitar Pro ya. Itu artinya format yang downloadablenya Guitar Pro.

?

?

Terus, kita buka dech file itu Guitar Pro.

?

Nah nah nah (lagi).. bagi yang belum lancar maen musik atau yang masih belajar, sohib sohib bisa mengecilkan temponya jadi setengah, atau seperempat. Klik aja temponya jadi 75% atau lebih kecil lagi, maka lagu pun akan menjadi lambat sehingga kita bisa membaca note dengan lebih mudah.

?

Oke segitu aja pembahasan mengenai Guitar Pro. Saya kira cukup. Dari temen-temen sekalian sudah bisa merantau ke berbagai lagu dan musik dengan guitar pro. Semoga bermanfaat. Saya minta maaf jika terdapat banyak sekali kekurangan dari segi isi materi atau cara penulisannya. Jika ada yang kurang jelas, silahkan layangkan pertanyaan anda via YM dengan jalanroda, atau melalui email jalanroda@yahoo.com, saya dengan senang akan mendiskusikannya dengan anda.

?

Wassalam.


Ilmuwebsite Offline (Mempelajari Dunia Web Development dan Web Design Jauh Lebih Mudah)

Ingin tau lebih jelas,cara membuat website dinamis atau cara membuat aplikasi berbasis website? Klik disini Anda akan jauh lebih mudah dan terstruktur dalam mempelajari web design dan web development, 1. HTML CSS, 2. JQUERY, 3. PHP MySQL, 4. CodeIgniter, 5. Joomla dan 6. WordPress. Materi berupa video tutorial, contoh kasus, file latihan, yang bisa mengantarkan Anda menuju web developer handal!


Masukkan Komentar di sini :

Powered by Google+ Comments

eXTReMe Tracker