Home > Menengah > Seputar CMS > Tutorial Wordpress > Menambahkan Custom CSS Style Pada Editor WordPress

.

14 Komentar Untuk Artikel Ini BYAdmin Ilmuwebsite

Banyak hal yang istimewa dari wordpress, mulai dari ringannya database “bila dibandingkan dengan senyumanmu membuat akuuu… jatuh bangun…” halah. Mulai dari ringannya database bila dibandingkan dengan CMS lain, kemudian user friendly, search engine friendly dan banyak lagi yang lain, alasan-alasan inilah yang membuat lembaga-lembaga korporat menjadikan wordpress sebagai base engine websitenya. Kuat, begitulah wordpress.

Begitu powerfullnya wordpress hingga semuanya bisa di tangani oleh plugin apabila terdapat fitur yang kurang. Pernyataan ini bukan berarti penulis mendewakan wordpress, tapi berawal dari kekaguman akan engine wordpresslah yang membuat penulis mengatakan seperti ini.

Oke, kita melenceng dari topik bahasan intinya. Seorang web developer biasanya menyediakan style style css tertentu yang membuat entah itu post atau page memiliki tampilan yang di inginkan. WordPress menyediakan editor yang ciamik, namun tetap saja kurang karena untuk menambahkan style tertentu si pembuat artikel yang entah dia seorang yang advanced atau pemula terlebih dahulu masuk ke dalam mode HTML kemudian menambahkan style css ke dalam tag html yang di inginkan, untuk seorang advanced tidak masalah, namun bagaimana dengan seorang pemula yang tidak mengerti CSS dan HTML sama sekali? Baginya menambahkan style ke dalam tag dengan cara mengetik dalam mode HTML itu wasting time saja. Betul?

Solusinya adalah plugin Insert Link Class. Anda dapat mendownloadnya di sini http://downloads.wordpress.org/plugin/insert-link-class.zip, cukup download terlebih dahulu kemudian lakukan instalasi plugin tersebut.

Caranya adalah masuk ke dalam plugin | Install Plugins | upload setelah upload kemudian pilih activate saja.

Setelah plugin tersebut aktif siapkan terlebih dahulu classnya dengan cara menyisipkan class css style ke dalam file style.css themes yang sedang Aktif. Misalnya seperti ini themes yang Anda gunakan saat ini adlaah Twenty Ten, cari file style.css di dalam? direktori wordpress Anda/wp-content/themes/twentyten kemudian sisipkan class css style nya ke dalam file style.css. Atau Anda juga bisa menggunakan Appearance | Editor kemudian klik stylesheet di sebelah kanan, seperti gambar di bawah ini …

Kemudian tambahkan class baru, dan update.

Setelah itu masuk ke bagian Link Class Setting …

Tambahkan dengan cara mengklik button Add Class, kemudian masukkan name yang akan tampil di editor wordpress dan class yang baru saja di buat. Dan secara otomatis class tersebut akan muncul di editor wordpress Anda.

Oke Terima Kasih. Selamat Mencoba.

DVD Video Tutorial : Kursus Web Development Komplit Bangun 5 Project Aplikasi Website - Membuat CMS Sendiri Dari Nol, Blog, Portal Berita, Ecommerce, Web Komunitas dengan CodeIgniter 3 JQuery AJAX Bootstrap

Video Tutorial Kursus Web Development Komplit Bangun 5 Project Website ini merupakan ‘penunjuk arah’ agar Anda yang sedang maupun baru akan terjun ke dalam dunia web development yang lebih mendalam memiliki peta perjalanan pembelajaran yang lebih terarah menuju web developer professional. (Disertai pembelajaran dasar HTML CSS, JQuery, PHP & MySQL, CodeIgniter) Dibuat oleh praktisi yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang web development (Pemesanan bisa SMS/WA ke 0813 1167 5785, atau bisa pesan secara online di sini)



14 Response untuk Artikel Ini

  1. telpon gartis

    tutorilanya cukup jelas namun setelah saya praktekin kok g bisa ya


  2. Wandi Sukoharjo

    Tak nyoba ya gan. Ngelmu baru nih.


  3. Jasa Pembuatan Website di Bali

    thank’s gan atas infonya dengan menggunakan plugin link class akan mempermudah dalam modifikasi wordpress nantinya saya mesti pake ini biar tambah mantap blog saya….


  4. adhown

    Hallo pak,,
    Sya ingin tny bagaimana membuata dropdown pages di wordpress,,
    Terimakasih..


  5. loket ppob

    mantap tutorialnya gan sangat bagus untuk di praktekkan dan di pelajari… sekali lagi terimakasih untuk agan..salam sukses dan salam kenal


  6. Websprogramming.com

    Oke,,, ini yang ane cari, thanks ya bro


  7. Fajar

    Makasih buat infonya…


  8. togel

    bang, webblog gw koq selalu jelek banget ya, ga boleh liat orang lain punya blog, selalu mo ngikut.


  9. Amang Gayam

    Wah, ada tutorial mantap nih… langsung praktek :D


  10. diving gorontalo

    jiiahhh !! ternyata harus pakai plugin yah.. :D

    aku juga mau mencss kan sebagian gambar ke tema ku gan..
    biar mantep !!

    Terima kasih ya sob.. :D


  11. Jefry

    dengan plugin yang bisa menyisipkan kode css ke dalam css file themes wordpress jadi sangat mudah sekarang
    terima kasih ijin mendownload pluginnya


  12. Bali Website Design

    Owhhh bisa kyk gtu y gan,
    ilmu baru nie, bisa mempermudah css style dari pada manual.

    Thanks udah sharing..


  13. yOu

    Ternyata seperti itu ya…


  14. supir muslim bali

    Pas googling akhirnya mampir dimari hehe..
    Pake plugin emang sip, ga bikin puyeng.
    Terimakasih sharingnya gan..


You must be logged in to post a comment.

eXTReMe Tracker